Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

5 Tips Jitu Pemasaran Makanan Melalui Media Sosial

Tips Jitu Pemasaran Makanan

Kamu sedang bingung menentukan cara yang tepat untuk memasarkan produk makanan di media sosial? Kalau iya, udah gak usah bingung karena di bawah ini ada beberapa tips jitu memasarkan makanan melalui media sosial yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Ssst, selain meningkatkan penjualan, beberapa tips di bawah ini juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness lho.


Bisa dibilang bisnis makanan merupakan bisnis yang sangat menjanjikan dan kemungkinan akan selalu bertahan lama. Karena semua orang selalu membutuhkan makan dan mencari makanan dengan ragam variasi unik untuk memuaskan diri. Namun, di sisi lain hal ini juga bisa menjadi tantangan tersendiri untuk pengusaha makanan. Karena untuk bisa bertahan dan mendapatkan banyak konsumen, produk yang kamu buat harus terlihat lebih ‘menonjol’ dibandingkan produk yang lain.


Tips Jitu Pemasaran Makanan Melalui Media Sosial


Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat makanan yang kamu jual bisa menarik banyak konsumen adalah dengan memasarkan produk melalui media sosial, terlebih jika target pasar kamu adalah anak muda yang memang sering menggunakan media sosial.


Nah, kalau kamu ingin tahu tips yang tepat untuk memasarkan makanan di media sosial, simak beberapa tips di bawah ini ya:


1.Manfaatkan fitur yang tersedia di media sosial


Setiap media sosial memiliki fiturnya masing-masing membantu pengusaha menjual makanan. Misalnya saja di Tiktok ada fitur “Tik Tok Shop” yang memungkinkan pengusaha untuk memasukkan semua produk yang ditawarkan kepada konsumen.


Sedangkan di Instagram ada fitur khusus yang memungkinkan pembeli untuk bisa langsung memilih produk yang diinginkan, yaitu fitur “Shop”. Untuk pengusaha sendiri, Instagram menyediakan Instagram bisnis yaitu fitur yang memungkinkan pengusaha untuk menuliskan alamat, website, dan jenis barang atau jasa yang ditawarkan di profil. Kalau kamu ingin tahu informasi yang lebih lengkap tentang cara meningkatkan penjualan di Instagram, silakan klik Instagram Bisnis Kamu Sepi? Coba Cara Ini Yuk!.

 

 

2. Gunakan hashtag


Hashtag atau tanda pagar tidak hanya bisa digunakan saat kamu berjualan di Instagram saja lho, tetapi juga di Facebook atau Twitter. Menggunakan hashtag bisa meningkatkan kemungkinan produk kamu di lihat oleh banyak calon konsumen. Jadi, hal ini secara tidak langsung bisa bermanfaat untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness produk kamu.


Beberapa contoh hashtag yang bisa kamu gunakan yaitu #kuejakarta, #kuekering, #kueenak, atau #Tokokuetangerang. Intinya pastikan hashtag yang kamu buat berhubungan erat dan ‘mewakili’ yang ditawarkan ya.  


Sebenarnya tidak ada batasan jumlah hashtag yang wajib digunakan. Namun, jangan sampai hashtag yang kamu gunakan terlalu banyak atau berjumlah lebih dari 20 hashtag. Karena hal ini tentu akan sangat mengganggu kenyamanan calon konsumen sehingga membuatnya enggan membeli makanan yang kamu tawarkan.


3. Ikuti tren


Mengikuti tren merupakan salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan produk makanan. Karena konsumen biasanya akan senang membeli makanan yang berhubungan dengan tren yang sedang berlaku di media sosial.


Misalnya saja saat ini di media sosial topik yang sedang trending adalah perayaan menyambut hari pahlawan. Maka kamu bisa membuat makanan yang berhubungan dengan  hari pahlawan, seperti makanan khas kota pahlawan (Surabaya), makanan dengan gambar pahlawan Indonesia, ataupun makanan dengan nuansa merah putih.


4. Gunakan foto dan caption yang menarik


Salah satu kunci utama keberhasilan penjualan produk makanan di media sosial adalah menggunakan foto yang dan caption yang menarik. Karena foto adalah hal pertama yang akan dilihat oleh calon konsumen. Sedangkan caption yang akan menentukan calon konsumen ingin membeli produk yang kamu tawarkan atau tidak.  Saat menulis caption, pastikan isinya singkat, padat, dan jelas ya.


Jangan lupa juga untuk menggunakan tulisan copywriting di caption yang kamu buat, agar bisa menarik lebih banyak calon konsumen.  Bila perlu, sesekali kamu juga bisa membuat caption yang berisi kuis interaktif atau tips sederhana tentang cara mengolah makanan. Karena hal ini akan membuat konsumen seolah merasa ‘bergantung’ dengan media sosial produk makanan yang kamu jual. Hal inilah yang secara tidak langsung bermanfaat untuk meningkatkan jumlah penjualan dan brand awareness.


5. Promosikan produk pada prime time


Prime time atau jam tayang utama adalah waktu-waktu tertentu ketika orang sedang membuka media sosial. Untuk memaksimalkan penjualan di media sosial, kamu wajib banget menawarkan produk di jam tersebut. Rata-rata prime time untuk media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter adalah 11.00-12.00, 15.00-16.00, dan jam 20.00-21.00.


Saat memasarkan produk di media sosial, kunci utama yang perlu kamu lakukan adalah konsisten dan usahakan untuk rutin mempromosikan produk minimal 1 hari sekali. Karena hal ini akan membuat calon konsumen selalu ingat dengan produk yang kamu tawarkan.


Membuat media sosial produk makanan yang bisa selalu tampak lebih ‘hidup’ dan bisa menarik banyak konsumen untuk makanan yang dijual memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika kamu menerapkan tips jitu pemasaran makanan melalui media sosial. 


Karena bagaimanapun juga, di tengah pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang, media sosial merupakan wadah pemasaran yang tepat untuk digunakan dalam meningkatkan penjualan suatu produk, khususnya makanan.


Yuk ikut kelas “Menjadi Spesialis Media Sosial untuk Pemasaran Produk”


 Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang  foto produk makanan, yuk ikut kelas “ Menjadi Spesialis Media Sosial untuk Pemasaran Produk”. Karena di kelas ini kamu akan belajar  tentang  cara merancang strategi pemasaran lewat media sosial, membuat konten yang efektif sesuai dengan perkembangan tren pemasaran.

 

Seru banget kan! Menariknya lagi di kelas ini kamu akan diajarkan oleh praktisi konten kreator di bidang videografi, animasi, fotografi jurnalistik, produsen iklan TV, dan agensi pemasaran, yaitu Dinar Nur Rahmawan, S.I.Kom. Dia sudah 8 tahun mendalami bidang ini serta seringkali mengisi workshop untuk SMK dan mahasiswa.

 

 

Selain Itu, menariknya lagi pelatihan ini merupakan pelatihan mandiri atau dengan kata lain kamu bisa menentukan sendiri kapan waktu yang diinginkan untuk mengikuti pelatihan. Karena dengan metode pembelajaran mandiri, kamu bisa mengikuti pelatihan dengan belajar dari video yang bahkan bisa dilakukan melalui handphone

 

Kamu semakin gak sabar untuk ikut kelas ini? Kalau iya, yuk segera daftar kelasnya di website Pijar Mahir atau download aplikasi Pijar Mahir di Google Playstore. Jadi, tunggu apa lagi, yuk daftar kelasnya sekarang juga.

 

Referensi


https://recurpost.com/blog/food-marketing-strategy/

https://brand24.com/blog/restaurant-social-media-marketing/



Artikel Lainnya

logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2023 Pijar Mahir. All Right Reserved