Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Kamu Wajib Tahu 6 Tips Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik

 Tips Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik

Tahukah kamu membangun komunikasi dalam bisnis dengan baik ternyata bisa bermanfaat untuk memudahkanmu menjalankan bisnis dan bisa meningkatkan kemungkinan bisnis yang kamu jalankan sukses besar lho. Oleh karena itu, yuk cari tahu tips membangun komunikasi bisnis yang baik di bawah ini.


Komunikasi dalam bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, baik secara verbal maupun nonverbal untuk mencapai suatu tujuan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini komunikasi dalam bisnis juga bisa dilakukan secara online (menggunakan aplikasi atau platform) atau secara tatap muka langsung.


Manfaat membangun komunikasi bisnis yang baik


Pada dasarnya membangun komunikasi bisnis yang baik memiliki beberapa manfaat yang sayang banget untuk dilewatkan, beberapa diantaranya, yaitu:

·         Membangun tim yang lebih baik

·         Mencegah kesalahpahaman dan konflik

·         Meningkatkan layanan pelanggan

·         Membantu memenuhi tujuan dan meraih kesuksesan

··        Membangun kekompakan tim dalam bekerja


Ragam tips membangun komunikasi bisnis yang baik


Komunikasi dalam bisnis yang baik tidak hanya harus dilakukan secara internal dalam suatu perusahaan  antar karyawan saja, tapi juga komunikasi yang baik dalam menjalin hubungan dengan klien dan pengguna jasa atau barang yang kamu tawarkan. Beberapa tips membangun komunikasi bisnis yang baik dan bisa kamu terapkan dengan mudah, yaitu:


1.Sederhanakan hal yang ingin disampaikan


Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk membangun komunikasi dalam bisnis adalah menyederhanakan hal yang ingin kamu sampaikan. Karena hal ini akan memudahkan lawan bicaramu untuk memahami hal yang ingin disampaikan. Selain itu, berikan kesempatan kepada lawan bicara untuk bertanya mengenai hal yang mungkin belum dipahami.

 

2. Mendengarkan secara aktif


Mendengarkan secara aktif dan berlatih untuk sepenuhnya fokus mendengarkan pada apa yang dikatakan lawan bicara juga merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Karena hal ini akan membuat lawan bicara merasa lebih dihargai.


Jika kamu mungkin belum mengerti dengan apa yang disampaikan lawan bicara, ringkas kalimat yang kamu dengar, dan ucapkan kembali kepada lawan bicara untuk memastikan benar atau tidaknya kalimat tersebut. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk menunjukkan bahwa kamu menyimak dan mendengarkan secara aktif mengenai hal yang disampaikan lawan bicara.


Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan komunikasi nonverbal, seperti, ekspresi wajah dan gerak tubuh untuk menunjukkan kepada lawan bicara bahwa kamu antusias mendengarkan pembicaraan.


3. Coba ingat nama dan wajah lawan bicara


Mampu mengingat nama orang lain dapat membantu kamu untuk bisa berkomunikasi lebih baik dengan rekan kerja, klien, dan pengguna setia produk atau jasa yang kamu tawarkan.  Jangan lupa juga untuk mengingat beberapa informasi penting tentang lawan bicara, seperti tempat tinggal atau makanan favorit. Karena hal ini akan membuat lawan pembicara merasa lebih dihargai, sehingga akhirnya bisa lebih nyaman dan mau berbicara banyak hal denganmu.

 

4. Manfaatkan teknologi


Kemajuan teknologi saat ini membuat komunikasi menjadi lebih cepat dan efektif. Oleh karena itu, mulailah pertimbangkan untuk menggunakan beberapa platform dalam berkomunikasi yang memungkinkan kamu bisa berkomunikasi dengan cepat dan efisien, seperti Zoom, Slack, atau Skype. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan platform yang dapat membuat karyawan mengetahui kemajuan pekerjaan satu sama lain, seperti Trello.


5. Selesaikan masalah secepat mungkin


Jika ada masalah yang mungkin sedang dihadapi, baik di dalam internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan dengan klien atau pelanggan, jangan ragu untuk segera menyelesaikan masalahnya secepat mungkin ya. Karena masalah yang tidak diselesaikan secara cepat dan tepat justru akan sangat menghambat berjalannya komunikasi yang baik, hingga akhirnya mengganggu kinerja bisnis yang sedang kamu jalankan.


6. Selalu bersikap jujur


Kejujuran dalam komunikasi bisnis merupakan prinsip yang perlu kamu lakukan. Karena jika kamu tetap jujur ​​saat berkomunikasi, maka kamu bisa mendapatkan kepercayaan yang baik dari klien, vendor, karyawan, ataupun pelanggan setia. Salah satu cara paling mudah untuk selalu jujur saat berkomunikasi adalah dengan selalu memberi tahu lawan bicara jika ada hal yang mungkin tidak kamu pahami. Hal ini bermanfaat untuk mencegah adanya kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

 

6. Usahakan untuk berkomunikasi dengan tatap muka secara langsung


Meskipun saat ini komunikasi bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi atau platform, melakukan komunikasi dengan tatap muka secara langsung merupakan hal yang tetap wajib dilakukan. Karena komunikasi tatap muka secara langsung, akan membuat hubungan kamu dengan karyawan, klien, atau pelanggan menjadi lebih erat.


Selain itu, saat berkomunikasi secara tatap langsung jangan hanya membicarakan tentang hal yang berhubungan dengan bisnis saja, tapi juga hal-hal yang cukup pribadi, misalnya hobi atau minat. Karena hal ini akan membuat lawan bicara merasa lebih nyaman, sehingga hubungan bisnis yang dijalan bisa berjalan dengan lebih lancar dan tanpa hambatan.


Bila perlu, sesekali kamu juga bisa mengadakan pertemuan dengan karyawan, klien, atau pelanggan setia di tempat yang relatif santai, seperti kedai kopi atau taman kota. Karena hal ini akan membuat lawan bicara semakin nyaman dengan dirimu dan akhirnya mau memberikan kontribusi lebih atau akan bekerja sama denganmu untuk membuat bisnis yang dijalankan berjalan dengan lancar.


Membangun komunikasi bisnis yang baik memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, jangan lupa secara perlahan menerapkan tips membangun komunikasi bisnis yang baik seperti di atas ya.


Yuk, ikut pelatihan Cara Komunikasi Profesional untuk Bisnis Sukses


Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang membangun komunikasi profesional untuk bisnis, yuk ikut kelas “ Cara Komunikasi Profesional untuk Bisnis Sukses”. Di pelatihan ini, kamu akan belajar lebih dalam tentang tips membangun komunikasi dalam bisnis secara profesional. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang etika komunikasi melalui telepon, aplikasi whatsapp, dan aplikasi komunikasi lainnya.


Menariknya lagi, di kelas ini kamu akan belajar langsung dengan pengajar yang profesional, yaitu Roosnelly Wahyuning Setiotirin, S.Ikom.,M.Ikom. Roosnelly Wahyuning Setiotirin, S.Ikom.,M.Ikom yang telah berpengalaman menjadi Communication Expert (PT Telkom Indonesia) selama 10 tahun lebih. Selain itu, Roosnelly Wahyuning Setiotirin, S.Ikom.,M.Ikom juga menjadi Trainer dan Professional coach selama 2 tahun serta pernah menjadi Dosen Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University Selama 2 tahun.


Menarik banget kan. Kamu semakin gak sabar untuk ikut kelas ini? Kalau iya, yuk segera daftar kelasnya di website Pijar Mahir atau download aplikasi pijar mahir di Google Playstore. Sssst, kelas ini juga merupakan kelas dengan metode pembelajaran mandiri dengan video lho. Jadi, kamu bisa memilih sendiri kapan waktu yang tepat untuk belajar.


Referensi


https://firsthand.co/blogs/workplace-issues/6-ways-to-build-business-relationships-through-communication

https://broadvision.com/blog/6-tips-for-improving-your-business-communication-skills/

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/importance-of-business-communication


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved