Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

4 Tips Meningkatkan Networking Skill

 Tips Meningkatkan Networking Skill

Kamu ingin meningkatkan karier dengan cara yang menyenangkan sambil memperluas jaringan pertemanan? Kalau iya kamu wajib menguasai  networking skill. Cari tahu informasi tentang pengertian dan cara meningkatkan networking skill di bawah ini ya.


Networking skill adalah kemampuan untuk menjalin dan mempertahankan hubungan dengan orang-orang yang bergerak di suatu bidang. Saat memiliki networking skill dan memiliki jaringan pertemanan yang luas, maka kamu bisa berkesempatan untuk bertemu para ahli di bidang yang sedang kamu tekuni.


Hal inilah yang secara tidak langsung bisa bermanfaat untuk membantumu meningkatkan karier. Karena para ahli di bidangnya biasanya akan dengan senang hati menawarkan posisi kerja dengan jabatan yang tinggi kepada rekan kerja atau orang yang dikenalnya dengan baik.


Keahlian yang perlu dikuasai sebelum meningkatkan networking skill


Pada dasarnya untuk beberapa orang networking skill merupakan salah satu kemampuan yang cukup sulit untuk dikuasai. Oleh karena itu sebelum menguasai atau meningkatkan networking skill, ada beberapa keahlian yang perlu kamu kuasai terlebih dahulu, yaitu:


1. Komunikasi


Komunikasi adalah tindakan bertukar informasi dari satu orang ke orang lain. Hal ini biasanya bisa dilakukan dengan berbicara secara langsung. Saat melakukan networking, komunikasi sangat penting dilakukan untuk mengembangkan dan memelihara hubungan dengan orang lain.


2. Mendengarkan secara aktif


Kemampuan lainnya yang perlu kamu kuasai adalah mendengarkan secara aktif. Untuk membuat orang tertarik dengan bisnis dan apa yang  yang kamu tawarkan, kamu perlu mendengarkan secara aktif guna memahami kebutuhan mereka.


Beberapa cara mudah untuk menunjukkan bahwa kamu mendengarkan secara aktif adalah dengan menatap mata lawan bicara, menganggukkan kepala untuk menunjukkan bahwa memahami apa yang orang lain katakan, dan merespons dengan tepat.


3. Keterampilan berbicara di depan umum


Keterampilan berbicara di depan umum dapat membantu kamu menjadi lebih nyaman jika harus berbicara dengan banyak orang. Selain itu, ketika kamu berbicara dengan satu orang, keterampilan berbicara di depan umum dapat membantu kamu untuk mengucapkan kalimat dengan baik dan membuat orang yang diajak berbicara bisa paham dengan apa yang disampaikan.


4. Empati


Empati mengacu pada kemampuan untuk merasakan apa yang orang lain rasakan. Keterampilan empati penting dimiliki saat kamu akan membangun networking skill. Karena dengan memiliki kemampuan empati, maka kamu bisa membuat orang lain nyaman dan bisa berbicara banyak hal denganmu, khususnya pembicaraan tentang karier.

 

5. Sikap positif


Meskipun terlihat sederhana, faktanya menunjukkan sikap positif merupakan salah satu keterampilan jaringan penting lainnya yang perlu kamu kuasai lho. Karena bersikap dan selalu berpikir positif dalam berbagai hal akan membuat banyak orang menjadi nyaman dan ingin berbagi banyak cerita denganmu.  


6. Selera humor yang baik


Melansir dari Indeed, memiliki selera humor yang baik juga merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikuasai. Hal ini karena memiliki selera humor yang baik bisa bermanfaat untuk membuat orang lain ingin menjalani hubungan yang akrab denganmu dan menghilangkan ketegangan. Karena pada dasarnya seseorang dengan selera humor yang baik biasanya cenderung lebih mudah didekati.


7. Fokus


Fokus juga merupakan keterampilan yang perlu dimiliki kalau kamu ingin meningkatkan networking skill, karena fokus memungkinkanmu untuk memberikan perhatian penuh kepada lawan bicara. Hal ini bisa membantu kamu menjadi pendengar yang aktif dan memungkinkanmu menjalin hubungan yang tulus dengan lebih baik.


Tips meningkatkan kemampuan networking skill


Menguasai networking skill memang tidak semudah yang dibayangkan. Kadang kamu butuh waktu hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun hingga akhirnya bisa menguasai kemampuan networking skill. Namun, jangan pernah lelah untuk berusaha dan terus meningkatkan kemampuan networking skill dengan beberapa tips di bawah ini:


1. Praktikkan kebiasaan komunikasi yang baik


Tips pertama yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan networking skill adalah dengan mempraktikkan kebiasaan komunikasi yang baik. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menunjukkan postur tubuh yang baik saat berbicara dan ajukan pertanyaan untuk membuat pembicaraan terasa semakin menyenangkan.

 

 

2. Menghadiri acara networking


Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan networking skill adalah dengan melatihnya secara teratur, misalnya dengan menghadiri acara networking. Saat menghadiri acara networking fokuslah untuk membangun hubungan dengan orang-orang yang memang sudah kamu kenal atau belum dikenal sebelumnya.


Caranya dengan mengajukan pertanyaan yang menunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik untuk mengenal lawan bicara dan dengarkan baik-baik jawabannya sambil mempertahankan kontak mata. 

Selain itu, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan yang relevan untuk menunjukkan bahwa kamu mendengarkannya dengan baik. Beberapa acara networking yang tepat dan bisa kamu hadiri adalah seminar dan acara makan-makan.

 

3. Bertanya tentang topik yang tidak berhubungan dengan pekerjaan


Sesekali tidak ada salahnya juga jika kamu bertanya mengenai hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan kepada rekan kerja atau orang-orang yang memang ahli di bidangnya. Karena tidak bisa dipungkiri memang kadang bertanya mengenai hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan bisa bermanfaat untuk membuat suasana menjadi lebih santai dan tidak tegang.


Beberapa topik yang bisa kamu tanyakan saat membangun jejaring adalah hobi atau  minat. Selain itu, pastikan untuk tetap menggunakan kata yang sopan saat bertanya ya.


4. Mintalah masukan pada teman atau mentor


Bila kamu memiliki mentor atau teman yang memang memiliki kemampuan networking skill yang baik, tidak ada salahnya jika kamu meminta masukan kepada mereka tentang kemampuan apa yang perlu ditingkatkan. Karena bagaimanapun kamu perlu orang lain untuk bisa menilai kemampuanmu secara objektif.

 

Nah, itu tadi beberapa cara meningkatkannya. Seperti yang telah disebutkan di atas, membangun dan meningkatkan networking skill memang tidak semudah yang dibayangkan. 


Namun, jangan lupa untuk selalu berusaha melatih meningkatkan networking skill ya. Karena tidak bisa dipungkiri, kadang ada kalanya kemampuan networking skill yang justru bisa bermanfaat untuk memudahkanmu meningkatkan karier di masa depan. 


Referensi


https://www.kadonetworks.com/blog/the-secrets-of-successful-networking-revealed 

https://careerprotocol.com/5-easy-ways-to-improve-your-professional-networking-skills/ 

https://www.linkedin.com/pulse/5-ways-improve-your-networking-skills-janine-garner 

https://www.indeed.com/career-advice/resumes-cover-letters/networking-skills-on-resume

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved