Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

6 Tips Menjadi Freelancer Profesional

Tips menjadi freelancer profesional

Kamu ingin memulai karier sebagai freelancer profesional yang bisa mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya? Kalau iya, yuk simak tips menjadi freelancer profesional di bawah ini.


Freelance atau pekerja lepas adalah pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjang. Sedangkan freelancer merupakan sebutan untuk seseorang yang berprofesi sebagai pekerja lepas. Seorang freelancer biasanya memiliki waktu bekerja yang sangat fleksibel. Karena hal yang paling penting adalah seorang freelancer bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai dengan permintaan klien.


Tips menjadi seorang freelancer profesional


Sebelum membahas lebih jauh tentang tips menjadi seorang freelancer profesional, ada baiknya kamu ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan menjadi seorang freelancer. Beberapa kelebihan menjadi seorang freelancer adalah jam kerja fleksibel, bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat, dan tidak perlu menghadiri rapat rutin yang kadang menyita waktu kerja.


Sedangkan beberapa kekurangan menjadi seorang freelancer adalah  tidak bisa mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya, kadang harus siap bekerja lebih dari 9 jam dalam satu hari, dan tidak memiliki rekan kerja yang bisa diajak berdiskusi.


Jika setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan menjadi seorang freelancer di atas dan kamu ingin mulai karier untuk menjadi seorang freelancer, simak tips menjadi freelancer profesional di bawah ini ya:


1. Tentukan layanan yang akan akan ditawarkan


Menentukan layanan yang akan diberikan adalah langkah paling penting yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang freelancer. Saat menentukan layanan yang akan diberikan, pastikan kamu menawarkan layanan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang sudah kamu kuasai dengan baik ya.


Misalnya jika kamu berprofesi content writer, maka kamu bisa menawarkan layanan menulis atau mengedit artikel. Selain itu, kamu juga bisa menentukan secara spesifik, bidang dan jenis tulisan apa yang bisa kamu kerjakan dengan sebaik mungkin.  Misalnya saja, kamu bisa menulis artikel SEO dengan sangat baik di bidang kesehatan dan karier.


2. Tentukan target klien


Setelah memiliki layanan untuk ditawarkan, sekarang saatnya kamu menentukan target klien, misalnya target klien kamu adalah perusahaan rintisan atau startup, perusahaan periklanan, atau website kesehatan. Menentukan target klien akan sangat memudahkanmu untuk menentukan tempat kamu menawarkan layanan dan caranya. Misalnya kamu akan mencari lowongan pekerjaan di situs penyedia lowongan kerja atau langsung mengirimkan email ke perusahaan untuk menawarkan pekerjaan.


3. Buat portofolio


Hal lain yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang freelancer profesional adalah dengan membuat portofolio. Portofolio adalah hasil kumpulan pekerjaan yang pernah dikerjakan. Hasil kumpulan karya ini bisa dikumpulkan menjadi satu dalam bentuk dokumen, blog, gambar, ataupun postingan di media sosial. Kalau kamu ingin tahu cara menentukan cara membuat portofolio yang baik, baca artikel ini ya “6 Tips Membuat Portofolio yang Menarik

 

4. Tentukan harga layanan


Menentukan harga layanan juga merupakan hal yang tidak boleh terlupakan. Sebelum menentukan harga layanan, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu standar harga yang ada di pasaran. Misalnya jika kamu berprofesi sebagai content writer, cari tahu harga standar satu artikel yang ditawarkan oleh freelancer lain. Jangan sampai kamu menawarkan harga layanan yang jauh lebih besar dari harga layanan pada umumnya.


Selain itu, sebelum menentukan harga layanan ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu jumlah pengalaman kerja (baik saat kerja full time maupun pekerjaan lepas), banyaknya proyek yang telah kamu kerjakan, dan tingkat kesulitan proyek yang akan dikerjakan.

 

5. Cari pekerjaan di situs lowongan kerja


Sama halnya seperti pekerjaan full time, saat ini ada banyak situs lowongan kerja untuk freelance yang tersedia, seperti Upwork, sribulancer, atau Projects. Selain itu, sebagian besar situs ini memiliki kebijakan yang bermanfaat untuk melindungi data pelamar kerja. Jadi, kamu gak perlu takut kalau akhirnya kamu mendapatkan pekerjaan palsu atau data pribadimu tersebar. Karena pada beberapa situs lowongan kerja freelance, ada surat kontrak mini yang harus disetujui oleh freelancer dan pemberi pekerjaan.


Selain itu, kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan freelance di Linkedin dan bahkan media sosial lain (seperti Facebook, Instagram, atau twitter). Ketika kamu memutuskan untuk melamar pekerjaan di media sosial pastikan kamu perusahaannya terpercaya ya. Jangan sampai kamu mendapatkan kerugian karena melamar ke perusahaan yang ternyata tidak memiliki kredibilitas baik.

 

6. Selalu jaga hubungan baik dengan klien


Menjaga hubungan baik dengan klien adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan saat menjadi seorang freelancer. Hal ini karena menjaga hubungan baik dengan klien bisa meningkatkan kemungkinan kamu mendapatkan banyak tawaran kerja, terlebih jika hasil kerjamu sangat sesuai dengan kebutuhan klien.

Pada beberapa platform lowongan kerja freelance, menjaga hubungan baik dengan klien juga bisa menunjukkan bahwa kamu memiliki reputasi yang baik. Reputasi yang baik ini akan sangat memudahkanmu untuk mendapatkan klien baru.


Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan klien adalah selalu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang sudah diberikan, selalu bekerja dengan sebaik mungkin, dan rajin bertanya kepada klien mengenai pekerjaan yang mungkin perlu di edit.  


Pada dasarnya menjadi seorang freelancer profesional memang tidak semudah yang dibayangkan. Kadang, ada banyak tantangan yang harus kamu hadapi sebelum akhirnya bisa menjadi seorang freelancer profesional yang bisa mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai menerapkan beberapa tips di atas.


Yuk, ikut pelatihan 13 Langkah Jadi Freelancer


Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang cara menjadi freelancer, yuk ikut kelas “ 13 Langkah Jadi Freelancer”. Di pelatihan ini, kamu akan belajar lebih dalam tentang langkah praktis agar dapat menjadi seorang freelancer yang profesional.


Menariknya lagi, di kelas ini kamu akan belajar langsung dengan pengajar yang profesional, yaitu Roosnelly Wahyuning Setiotirin, S.Ikom.,M.Ikom. Roosnelly Wahyuning Setiotirin, S.Ikom.,M.Ikom yang telah berpengalaman menjadi Communication Expert (PT Telkom Indonesia) selama 10 tahun lebih.


Selain itu, Roosnelly Wahyuning Setiotirin, S.Ikom.,M.Ikom juga menjadi Trainer dan Professional coach selama 2 tahun serta pernah menjadi Dosen Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University Selama 2 tahun.

Menarik banget kan. Kamu semakin gak sabar untuk ikut kelas ini? Kalau iya, yuk segera daftar kelasnya di website Pijar Mahir atau download aplikasi pijar mahir di Google Playstore.



Referensi

https://www.business.com/articles/advice-on-becoming-a-freelancer/

https://www.upwork.com/resources/how-to-become-a-freelancer


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved