Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

6 Tips Sukses Pindah Jalur Karier

Tips Sukses Pindah Jalur Karier

Kamu ingin pindah jalur karier dan menekuni bidang yang selama ini belum pernah dijalani? Kalau iya, yuk simak tips sukses pindah jalur karier di bawah ini.


Kadang ada kalanya setelah beberapa tahun menjalani karier di suatu bidang, kamu ingin pindah menekuni bidang karier yang lain. Misalnya sebelumnya kamu berprofesi sebagai editor video, tapi ingin pindah karier sebagai  content writer atau copywriter. Pindah jalur karier biasanya dilakukan oleh seseorang yang tergolong dalam usia dewasa muda (berusia dibawah 30 tahun). 


Menariknya alasan pindah jalur karier bagi setiap orang bisa beragam, seperti merasa jenuh dengan karier yang sedang dijalani, ingin mendapatkan jenjang karier yang lebih menjanjikan, atau bahkan ingin bekerja sesuai passion.


Manfaat pindah jalur karier


Untuk beberapa orang memiliki keinginan untuk pindah jalur karier mungkin bisa menimbulkan rasa bersalah pada diri sendiri. Namun, tahukah kamu pada dasarnya pindah jalur karier ternyata bisa membawa beberapa dampak positif untuk diri sendiri lho, yaitu:

  • Meningkatkan kemampuan diri
  • Meningkatkan kemungkinan menambah penghasilan 
  • Mencegah stres, terlebih jika kamu bekerja di bidang yang kamu sukai
  • Memperluas jaringan pertemanan


Berbagai tips pindah jalur karier


Agar kamu bisa sukses dalam pindah jalur karier dan tidak menyesal di kemudian hari, yuk simak beberapa tips pindah jalur karier di bawah ini:


1.Cari tahu alasan utama kamu ingin pindah jalur karier


Coba ingat lagi alasan utama apa yang sebenarnya membuatmu ingin segera pindah jalur karier? Apakah karena kamu memang merasa sudah tidak bisa mengembangkan karier, bosan dengan pekerjaan yang dijalani, atau justru ingin ikut-ikutan teman.


Pindah jalur karier yang didasari oleh perasaan emosional biasanya akan menimbulkan penyesalan yang begitu mendalam. Oleh karena itu, sebelum pindah jalur karier pikirkan secara matang terlebih dahulu baik dan buruknya. Bila perlu, kamu bisa mengambil cuti satu hari sebelum resign dan memutuskan untuk pindah jalur karier.


2. Kenali kemampuan diri sendiri


Hal lain yang tidak kalah penting yang perlu kamu lakukan sebelum pindah jalur karier adalah dengan mencari tahu kemampuan diri sendiri diluar pekerjaan yang memang sudah biasa dilakukan. Misalnya sebelumnya kamu berprofesi sebagai penulis, tapi ternyata tanpa disadari ada kemampuan lain yang kamu juga kuasai (seperti kemampuan mendesain foto, atau membuat aplikasi).


Jika kamu ingin menekuni bidang karier yang baru dengan baik, ada baiknya kamu pindah jalur karier ke bidang yang kemampuan dasarnya sudah kamu kenali atau kuasai. Selain itu, cari tahu juga kelemahan diri sendiri. Misalnya saja jika kamu ternyata lemah dalam hal yang berhubungan dengan matematika, maka jangan pilih bidang karier yang ada matematikanya. Karena hal ini akan membuatmu cepat bosan saat menjalani karier yang baru. 


3. Ikut seminar


Kamu sudah menemukan karier yang sekiranya ingin ditekuni? Kalau iya, gak usah buru-buru pindah jalur karier, ada baiknya kamu ikut seminar di bidang yang akan kamu tekuni. Karena hal ini benar-benar bermanfaat untuk membuatmu mengenali karier yang akan ditekuni dengan baik.


Mengikuti seminar juga bisa membuatmu menjadi lebih paham tentang skill atau kemampuan apa saja yang diperlukan, tugas utama apa yang secara garis besar akan kamu lakukan, dan banyak informasi penting lainnya.


Selain itu, mengikuti seminar juga bisa membuatmu berkesempatan untuk bertukar pikiran langsung dengan orang-orang yang memang sudah sangat ahli di bidangnya. Jadi, kamu bisa benar-benar paham secara mendalam tentang karier yang akan ditekuni.


4. Ikut pelatihan


Saat ini ada banyak pelatihan di suatu bidang karier yang bisa kamu tekuni, misalnya berbagai pelatihan yang ada di Pijar Mahir. Mengikuti pelatihan bisa bermanfaat untuk membuatmu menambah skill yang diperlukan dan membuatmu bisa lebih mengenal lebih jauh tentang bidang karier yang akan ditekuni.

Karena dengan mengikuti pelatihan kamu akan langsung belajar dari ahlinya yang sudah bertahun-tahun menekuni suatu bidang. 


Menariknya lagi, saat ini beberapa pelatihan bisa dilakukan secara online menggunakan gadget dan waktunya juga fleksibel. Jadi, kamu bisa menambah pengetahuan tanpa perlu berhenti dari karier yang sedang kamu jalani saat ini.

 

5. Coba freelance atau pekerjaan sampingan


Sebelum langsung pindah jalur karier, ada baiknya kamu ambil dulu pekerjaan sampingan atau freelance. Gak perlu ambil freelance dengan durasi kontrak yang lama, kamu cukup mengambil pekerjaan freelance dengan durasi kontra satu-dua bulan. Setelah menjalani freelance, kamu bisa bertanya lagi pada diri sendiri “Apakah bidang ini yang benar-benar ingin aku tekuni?”, kalau ternyata jawabannya iya, tidak ada salahnya jika kamu secara perlahan pindah jalur karier.


6. Jangan buru-buru resign


Setelah menemukan bidang karier yang benar-benar ingin kamu tekuni, jangan buru-buru resign dari pekerjaan yang lama. Sebaliknya, ada baiknya kamu mencari dulu pekerjaan di bidang karier yang akan ditekuni. Jika, kamu sudah mendapatkan pekerjaan di bidang yang ingin kamu tekuni, baru kamu bisa resign dari pekerjaan yang lama. Karena resign dari pekerjaan tanpa memiliki pekerjaan baru bisa menimbulkan rasa cemas tersendiri untuk beberapa orang.


7. Terus belajar


Kalau kamu sudah pindah jalur karier dan berhasil menekuni bidang yang mungkin selama ini kamu inginkan, jangan pernah berhenti untuk terus belajar ya. Karena bagaimanapun juga ilmu pengetahuan dan bidang pekerjaan terus berkembang setiap saat. Terus belajar bermanfaat untuk membuatmu untuk tetap bisa menjalani karier yang ditekuni saat ini dengan sangat baik.


Pindah jalur karier memang tidak semudah yang dibayangkan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Karena kalau salah pindah jalur karier, alih-alih mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan, kamu malah menjadi stres dan segera ingin kembali ke karier yang lama. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menerapkan tips sukses pindah jalur karier seperti di atas.


Referensi



https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/change-career-path

https://www.careershifters.org/expert-advice/how-to-change-career-when-youve-no-idea-what-to-do-next

https://www.wsj.com/articles/how-to-change-careers-find-what-to-pursue-next-11605824886


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved