Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Inspiratif Ini 5 Tokoh Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan

 Tokoh Wirausahawan Sukses

Untuk menjadi wirausahawan kerajinan yang handal, ada kalanya kita perlu belajar dari orang lain. Mempelajari kisah inspiratif wirausahawan sukses di bidang kerajinan, kita bisa mengambil hal yang bermanfaat untuk diterapkan pada usaha kita.



Baca juga: Cara Membuat UMKM Online



Di Indonesia sendiri sudah banyak contoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses berkat belajar dari pengalaman baik pengalaman pribadi atau dari pengalaman wirausahawan lainnya. Jadi, tidak salah kalau kamu mencari sosok wirausahawan sukses di bidang kerajinan. 


5 Tokoh Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan


Wirausahawan di bidang kerajinan memang tidak seterkenal pemilik bisnis fashion. Walaupun begitu banyak wirausahawan lokal di bidang kerajinan yang sudah terkenal di dunia internasional lho. Untuk kamu yang sedang merintis bisnis di bidang kerajinan ini dia lima tokoh yang bisa kamu jadikan inspirasi:


1. Diah Rahmalita


Diah Rahmalita adalah salah satu wirausahawan sukses di bidang kerajinan yang berfokus pada produk kerajinan berupa lukisan yang dibuat dari bahan yang didaur ulang. Ia membuka usaha ini sudah cukup lama, yaitu dari tahun 2007 dan masih eksis hingga sekarang karena keunikan produk yang dijualnya.


Diah Rahmalita menyiapkan modal sebesar 1 juta rupiah untuk membeli alat-alat penunjang kreativitasnya seperti gelas, piring, dan botol bekas yang menjadi medium lukisan.


Tapi jangan salah, hasil karyanya sangat menarik! Medium-medium itu bertransformasi menjadi hiasan cantik yang seperti baru dibeli. Produknya ini pun disukai dan berhasil menggaet banyak pembeli. Pemerintah setempat pun mendukung usahanya ini karena berhasil membangun inovasi menjadikan limbah sebagai bentuk baru yang mempunyai manfaat.


2. Dewi Tanjung Sari


Dewi Tanjung Sari memiliki cara yang unik untuk membangun bisnis kerajinan miliknya. Ia membuat kerajinan yang berasal dari sampah daun, yaitu daun-daun yang sudah berserakan di jalanan. Sebagai salah satu wirausahawan sukses di bidang kerajinan, Dewi Tanjung Sari telah memulai bisnisnya di tahun 2003, ketika masih berkuliah dan menekuninya secara serius hingga sukses seperti sekarang.


Berkat kreativitasnya, ia berhasil membuat berbagai suvenir dari sampah daun. Bentuk suvenirnya pun unik-unik mulai dari bingkai foto, undangan pernikahan, dan lainnya. Dewi Tanjung Sari rajin mempromosikan karyanya ini ke berbagai pameran hingga akhirnya diminati oleh orang luar. Di tahun 2005, Dewi Tanjung Sari berani mengekspor hasil karyanya ke Hong Kong, Jerman, Australia, dan Malaysia.


3. Titik Winarti


Wirausahawan sukses di bidang kerajinan ini berhasil sebagai perwakilan Indonesia di forum resmi yang diadakan oleh PBB. Titik Winarti bahkan diundang atas keberhasilannya mempekerjakan komunitas difabel di usaha kerajinan tangan yang dijalankannya. 


Sejak kecil, Titik Winarti sudah tertarik dengan dunia kerajinan tangan. Sampai ketika selesai melanjutkan pendidikannya, ia pun mulai berani berbisnis kerajinan tangan. Produk yang dibuatnya ada berbagai macam, yaitu tas, berbagai macam souvenir, dan lainnya. Usahanya ini dinamai Tiara Handycraft. 


4. Komang Adi 


Berikutnya, wirausahawan sukses di bidang kerajinan yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah Komang Adi. Beliau fokus menjual produk kerajinan berupa lukisan karyanya sendiri. Komang Adi sudah melukis sejak kecil, kemudian melanjutkan pendidikan di sekolah seni rupa yang hadir di Bali. Setelah lulus, iKomang Adi mulai mencoba untuk memulai bisnis lukisan ini.


Komang Adi memanfaatkan banyaknya wisatawan yang hadir di Bali untuk mempromosikan karyanya itu. Namun, untuk mengembangkan usaha kerajinan ini untuk pertama kali tidak mudah. Pada saat itu wisatawan hanya minat untuk liburan.


Namun, Komang Adi tidak menyerah dan terus melahirkan karya lukis yang autentik. Sampai akhirnya ia punya galeri sendiri, kemudian lukisannya pun berhasil terjual hingga ke Perancis, Amerika Serikat, Australia, dan Jerman.


5. Made Sutayama


Made Sutamaya adalah salah satu wirausahawan sukses di bidang kerajinan yang merintis bisnis kerajinannya dari nol. Ia dulu pernah bekerja di galeri seni, dari sanalah ia berinisiatif untuk membangun usaha sendiri. Ia mempelajari dunia furniture, hingga akhirnya memutuskan untuk mendirikan usaha furniture yang punya desain cantik. 


Ia memulai bisnisnya dari menemukan kayu bekas yang tidak dipakai lagi di dekat pantai. Dari sana, Made Sutayama mengubah kayu bekas itu jadi furniture yang lebih bernilai.


Karyanya ini pun menarik perhatian wisatawan asing, hingga akhirnya semakin berkembang. Ia berinisiatif mempekerjakan ibu-ibu yang membutuhkan bantuan di sekitar lokasi usaha. Produk usahanya ini pun sudah dijual hingga ke Eropa.


Itulah beberapa tokoh wirausahawan sukses di bidang kerajinan dalam negeri yang bisa kamu jadikan inspirasi. Semoga dengan mempelajari pengalaman mereka, kamu bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat yang bisa kamu terapkan pada usaha yang tengah kamu miliki.


Tak hanya inspirasi, tentu kamu juga memerlukan berbagai skill untuk menunjang bisnis yang ingin kamu jalani. Untuk itu, kamu bisa mengikuti berbagai kelas pelatihan yang disediakan oleh Pijar Mahir. Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan kamu di satu bidang tertentu.


Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!



Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved