Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Yuk, 4 Cara Belajar Desain Logo Trend 2022

Belajar Desain Logo

Tren desain grafis lebih dari sekadar mode yang bisa dilupakan. Sama seperti waktu, tren desain grafis dan logo berganti begitu cepat. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku kreatif untuk selalu ter-update dengan trend desain logo saat ini sehingga bisa belajar desain logo yang terbaru.


Biasanya tren desain logo akan terlihat di akhir atau awal tahun. Tapi sebenarnya tren desain logo ini bisa ditemukan dengan pengamatan di sekitar. Terlebih kamu yang memang bekerja di bidang desain.



Baca juga: Cek 5 Cara Belajar Desain Grafis Berikut Ini



Trend Desain Logo 2022


Tren logo tahun 2022 ini bisa dibilang kembali ke tahun-tahun 80 hingga 90-an. Tahun 2022 ini gaya logo retro dan klasik mulai kembali digemari, selain itu logo dengan desain sederhana minimalis juga menjadi favorit banyak orang. Lalu, memangnya apa saja sih, tren desain logo di 2022? 


1. Logo Dengan Sketsa Sederhana


Logo biasanya di desain dengan baik agar hasil akhirnya rapi. Lain halnya dengan trend desain logo 2022 yang satu ini. Sketsa kasar dan tidak simetris dipilih menjadi logo brand. Meski terlihat seperti goresan pada umumnya, tapi tampilannya tetaplah profesional. Logo sketsa justru terlihat simpel, namun tetap unik.


2. Logo Retro Tahun 90-an


Desain di tahun 90-an sepertinya akan mengalami tren lagi di tahun 2022. Ciri-ciri utama dari desain tahun 90-an adalah warna yang mencolok, menggunakan font gothic serif dan penggunaan pattern dot.


3. Minimalis 


Logo sederhana yang terbuat dari bentuk geometris dasar seperti garis, persegi, kuadrat, lingkaran, titik, dan lekuk kan tetap akan disukai pada tahun 2022 karena memberikan kesan minimalis jika dipadukan dengan warna yang tidak terlalu berlebihan cocok untuk memberikan kesan mahal.


4. Artistik


Di zaman serba online seperti sekarang ini, kita tidak bisa selalu mengandalkan kata-kata untuk menyampaikan sebuah makna. Pada tahun 2022 ini, muncul tren artistik huruf yang mendorong batas keterbacaan menjadi lebih mudah, serta menciptakan bentuk yang ekspresif.


Tips Belajar Desain Logo 


Itulah tadi beberapa contoh trend desain logo di tahun 2022. Nah, bagi kamu yang menggeluti bidang kreatif ataupun sedang ingin belajar desain logo demi keperluan usaha, simak tips berikut ini, yuk!


1. Pahami Kebutuhan dan Karakter Usaha


Cara belajar desain logo yang pertama adalah dengan memahami kebutuhan serta karakter dari usahamu. Bentuk logo bisa dibuat berupa rangkaian gambar atau huruf, maupun gabungan keduanya. Pembuatan logo juga memperhatikan warna. 


Ada yang satu warna dan ada yang beberapa warna. Sebaiknya, bentuk dan warna tersebut memiliki filosofi tersendiri yang dapat mengungkapkan nilai suatu brand. Sebab filosofi dalam logo memberikan makna yang mendalam sehingga lebih berkesan karena ternyata logonya dibuat penuh arti.


2. Rajin Berdiskusi


Setiap bisnis tentunya memiliki latar belakang. Untuk memudahkan proses desain logo keperluan usaha, kamu harus memahami visi dan misi bisnis tersebut, memahami keunikan, serta karakteristiknya. Dengan demikian, desain logo yang kamu buat bisa menunjukkan identitas brand dengan tepat.


3. Cari Referensi Agar Tetap Relevan


Berikutnya, cara belajar desain logo yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari referensi logo sebanyak-banyaknya. Mencari referensi logo bukan untuk menjiplak, melainkan untuk mendapatkan inspirasi. 

Dengan melihat referensi desain logo orang lain dan mempelajari sejarah pembuatannya, kamu akan memiliki perbandingan dan mendapatkan ide menarik untuk membuat logo yang berbeda dan tidak mirip dengan yang lain.


4. Lakukan Analisa Kompetitor


Cara belajar desain logo untuk usaha yang berikutnya adalah menganalisa poin-poin perbedaan dengan kompetitor. Pada tahap ini, kamu dapat mulai mengevaluasi secara tepat pendekatan yang bisa kamu gunakan untuk desain logo usaha.


Itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar tren dan cara belajar desain logo. Jika kamu ingin mengikuti kelas pelatihan untuk belajar desain logo, kamu bisa mengunjungi Pijar Mahir. Pada dasarnya, Pijar Mahir menyediakan berbagai pelatihan yang akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan Kamu di satu bidang tertentu.


Khusus untuk penerima manfaat kartu Prakerja, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Yuk, jadi lebih mahir di bidang pilihanmu!



Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved