Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Yuk, Cari Tahu Cara Memaksimalkan Media Sosial untuk Menjual Produk atau Jasa

Kamu ingin meningkatkan penjualan produk atau jasa dengan cara yang mudah di media sosial? Kalau iya, yuk cari tahu cara memaksimalkan media sosial untuk menjual produk atau jasa di bawah ini.

Saat ini media sosial memang tidak bisa hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan teman atau berbagi cerita saja tapi juga untuk menjual produk atau jasa. Hal ini karena saat ini sebagian besar orang, khususnya remaja dan dewasa muda lebih sering menghabiskan waktu di media sosial untuk mencari produk atau jasa, dibandingkan mencari informasi tersebut di website.

Media sosial yang saat ini banyak digunakan untuk memasarkan produk dan jasa adalah Facebook dan Instagram. Namun, tidak menutup kemungkinan media sosial lain, seperti Twitter dan Tik Tok juga bisa digunakan untuk menjual produk.

Manfaat menjual produk atau jasa di media sosial

Pada dasarnya menawarkan produk atau jasa di media sosial memiliki beberapa manfaat yang sayang banget untuk kamu lewatkan, yaitu:

1. Meningkatkan penjualan secara cepat

Fungsi utama menjual produk atau jasa di media sosial adalah meningkatkan penjualan secara cepat. Karena pelanggan bisa mengetahui informasi suatu produk hanya dengan membuka media sosial, sehingga pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar produk tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

2. Mengenalkan produk dengan lebih baik

Media sosial memudahkan kamu untuk bisa mengenalkan produk dengan lebih baik dan efektif. Terlebih jika produk yang kamu jual adalah produk baru yang belum pernah ada sebelumnya.

3. Lebih tepat sasaran mengenai target pasar

Misalnya saja jika kamu menggunakan Instagram ads, kamu bisa menuliskan target usia dan jenis kelamin konsumen yang akan melihat produk kamu. Jadi, produk yang kamu tawarkan lebih tepat sasaran.

 

Berbagai cara memaksimalkan media sosial untuk menjual produk atau jasa

Nah, setelah mengetahui ragam manfaat media sosial untuk menjual produk atau jasa, sekarang saatnya kamu mengetahui cara memaksimalkan media sosial di bawah ini:

1. Manfaatkan fitur yang disediakan

Setiap media sosial memiliki fiturnya masing-masing untuk membantu pengusaha untuk menjual produk. Misalnya saja di Facebook ada fitur “Group” yang memungkinkan pengusaha untuk memasukkan semua produk dan jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.

Sedangkan di Instagram ada fitur khusus yang memungkinkan pembeli untuk bisa langsung memilih produk atau jasa yang diinginkan, yaitu fitur “Shop”.

Untuk pengusaha sendiri, Instagram menyediakan fitur Instagram bisnis yaitu fitur yang memungkinkan pengusaha untuk menuliskan alamat, website, dan jenis barang atau jasa yang ditawarkan di profil. Kamu wajib banget memanfaatkan semua fitur yang tersedia ini.

Kalau kamu ingin tahu informasi yang lebih lengkap tentang cara meningkatkan penjualan di Instagram, silakan klik Instagram Bisnis Kamu Sepi? Coba Cara Ini Yuk!.

 

2. Gunakan hashtag

Hashtag atau tanda pagar tidak hanya bisa digunakan saat kamu berjualan di Instagram saja lho, tetapi juga di Facebook atau Twitter. Menggunakan hashtag yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan akan meningkatkan kemungkinan bisnis yang kamu jalankan ditemukan oleh calon konsumen.

Beberapa contoh hashtag yang bisa kamu gunakan yaitu #Pelatihankerja, #Bajubagus. #Bajujakarta, #Tokokuejakarta. Intinya pastikan hashtag yang kamu buat berhubungan erat dan menunjukkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Sebenarnya tidak ada batasan jumlah hashtag yang wajib digunakan. Namun, jangan sampai hashtag yang kamu gunakan terlalu banyak ya. Karena hal ini tentu akan sangat mengganggu kenyamanan calon konsumen sehingga membuat calon konsumen enggan menggunakan atau membeli jasa atau produk yang kamu tawarkan.

3. Ikut tren

Mengikuti tren merupakan salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan produk atau jasa. Misalnya saja sebulan yang lalu ada drama Korea (drakor) Hometown Cha Cha Cha yang sedang banyak dibicarakan orang di internet, maka kamu bisa membuat konten yang masih berhubungan dengan drama Korea tersebut.

Contohnya jika bisnis yang kamu buat adalah pakaian, kamu bisa membuat pakaian yang bentuknya serupa dengan yang digunakan aktris di drakor tersebut. Setelah itu, kamu bisa memasarkan baju tersebut di media sosial sambil memasukkan foto pemeran utamanya.

Lalu jangan lupa juga untuk tetap menggunakan hashtag #HometownChaChaCha agar semua orang yang sedang mencari berita tentang drakor tersebut juga bisa menemukan barang yang kamu tawarkan.

4. Pasang iklan

Tidak bisa dipungkiri memang salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan produk dan jasa di media sosial adalah dengan memasang iklan. Memasang iklan akan memungkinkan produk atau jasa yang kamu tawarkan menjangkau lebih banyak calon konsumen yang sesuai dengan target pasar kamu.

Menariknya lagi, untuk memasang iklan di media sosial kamu tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang lho. Bahkan dengan Rp.100.000 saja kamu sudah bisa memasang iklan yang bisa dilihat banyak orang. Kamu juga bisa memilih dimana iklan yang kamu gunakan akan ditampilkan, misalnya saja di feed atau story (Facebook story, Instastory, atau Twitter story).

5. Gunakan foto dan caption yang menarik

Salah satu kunci utama keberhasilan penjualan produk atau jasa di media sosial adalah menggunakan foto yang dan caption yang menarik. Karena foto adalah hal pertama yang akan dilihat oleh calon konsumen. Sedangkan caption yang akan menentukan calon konsumen ingin membeli produk yang kamu tawarkan atau tidak. Saat menulis caption, pastikan isinya singkat, padat, dan jelas ya.

Jangan lupa juga untuk menggunakan tulisan copywriting di caption yang kamu buat agar bisa menarik lebih banyak calon konsumen.

6. Promosikan produk di jam prime time

Prime time atau jam tayang utama adalah waktu-waktu tertentu ketika orang sedang membuka media social. Untuk memaksimalkan penjualan di media sosial, kamu wajib banget menawarkan produk di jam tersebut. Rata-rata prime time untuk media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter adalah 11.00-12.00, 15.00-16.00, dan jam 20.00-21.00.

Saat memasarkan produk di media sosial kunci utama yang perlu kamu lakukan adalah konsisten dan usahakan untuk rutin mempromosikan produk minimal 3 hari sekali. Karena hal ini akan membuat calon konsumen selalu mengingat produk yang kamu tawarkan.

Belajar Lebih Jauh Tentang Mengoptimalkan Pemasaran Digital dan Media Sosial Untuk Menjual Produk Di Internet

Kalau kamu ingin belajar lebih lanjut tentang cara meningkatkan produk dan jasa di media sosial, yuk ikut kelas “Belajar Mengoptimalkan Pemasaran Digital dan Media Sosial Untuk Menjual Produk Di Internet”.

Karena di kelas ini kamu akan belajar bagaimana membuat kampanye marketing dan dapat mengelola media sosial untuk kepentingan pemasaran langsung dari ahlinya. Dua mentor hebat yang akan memimpin kelas ini adalah Mohamad Dimas Dwiputra yang merupakan Senior Brand Strategist di salah satu startup Unicorn di Jakarta dan Anggraini Hapsari yang merupakan Senior Social Media Specialist di Kompas Gramedia Group.

Referensi

https://sproutsocial.com/insights/brand-awareness/

https://www.blendb2b.com/blog/10-tips-for-increasing-brand-awareness-with-social-media-marketing

https://adoric.com/blog/brand-awareness-social-media/

 

 
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved