Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Yuk, Cari Tahu Lebih Lanjut Tentang Search Engine Marketing

Selain search engine optimization, saat ini search engine marketing juga mulai banyak digunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang search engine marketing, manfaatnya, dan cara memilih kata kunci yang tepat.

Search engine marketing (SEM) adalah cara yang digunakan meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur seperti Google. Search engine marketing juga merupakan salah satu bentuk digital marketing.

Apa perbedaan SEM dan SEO?

Berbeda dengan Search engine optimization (SEO) yang hanya mengandalkan non organic atau tidak berbayar, SEM memerlukan biaya untuk meningkatkan visibilitas website, sehingga website bisa dengan mudah ditemukan pengguna Google.

Media yang biasanya digunakan dalam SEM sama seperti SEO, yaitu blog atau website. Namun, bedanya artikel atau bentuk promosi yang dilakukan dengan search engine marketing berada di urutan paling atas halaman pertama Google, sedangkan konten SEO berada di bawah SEM.

Selain itu, website yang menggunakan search engine marketing biasanya memiliki tulisan “Ad” di atas judul.

Bentuk konten yang bisa dimaksimalkan menggunakan SEM adalah artikel atau kampanye produk atau jasa tertentu yang ada di website dan blog.

Manfaat search engine marketing

Sebelum menggunakan search engine marketing untuk meningkatkan penjualan atau jasa, simak dulu yuk beberapa manfaat search engine marketing di bawah ini:

1. Meningkatkan penjualan secara cepat

Fungsi utama search engine marketing adalah meningkatkan penjualan secara cepat. Karena pelanggan bisa mengetahui informasi suatu produk hanya melalui internet, sehingga pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar produk tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

2. Jangkauan pasar lebih luas

Saat menggunakan search engine marketing berarti kamu bisa dengan mudah menjangkau pasar yang lebih luas. Bahkan jangkauan pasar kamu tidak hanya terbatas pada pelanggan di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Selain itu, saat menggunakan search engine marketing kamu juga bisa menentukan sendiri target usia, jenis gadget yang digunakan, dan jenis kelamin pengguna.

3. Hemat waktu dan tenaga

Tidak bisa dipungkiri memang, kadang salah satu tantangan terbesar dalam pemasaran adalah banyaknya waktu dan tenaga yang terbuang. Namun, dengan search engine marketing kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga.

Karena dengan search engine marketing kamu tidak perlu memasarkan produk atau jasa dengan cara memberikan brosur atau memasang baliho.

4. Evaluasi bisa dilakukan dengan mudah

Melakukan evaluasi secara rutin merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan seorang pengusaha. Karena hal ini akan sangat memudahkan kamu untuk menentukan strategi guna meningkatkan penjualan produk atau jasa.

Saat menggunakan search engine marketing kamu bisa dengan mudah melakukan evaluasi secara rutin, bahkan jika kamu ingin melakukan evaluasi setiap dua minggu sekali. Karena saat ini ada tools yang bisa kamu gunakan untuk menganalisis atau mengevaluasi hasil search engine marketing, yaitu Google Analytics.

Menariknya lagi Google Analytics juga sekaligus digunakan bersamaan untuk menganalisis search engine optimization.

Jenis kata kunci (Keyword) di SEM

Kata kunci SEM adalah istilah dan frasa yang kamu gunakan untuk memaksimalkan konten yang dibuat agar bisa berada di urutan pertama halaman pencarian Google. Saat pengguna menelusuri kata kunci tersebut maka mereka bisa dengan mudah melihat kampanye atau konten yang kamu buat.

Misalnya jika target kamu adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pelatihan kerja. Maka gunakan kata kunci “pelatihan kerja” dalam konten yang kamu buat agar website kamu buat bisa muncul saat pengguna menelusuri frasa tersebut.

Untuk memaksimalkan penggunaan kata kunci, ada beberapa jenis kata kunci yang wajib kamu perhatikan, yaitu:

 

1. Broadmatch keyword

Broadmatch keyword adalah kata kunci dasar, atau sinonim dari istilah yang ditargetkan. Misalnya, saat menargetkan “pelatihan kerja”. Kamu juga bisa memasukkan atau persamaan kata dari rangkaian tersebut dalam konten yang dibuat, yaitu “pelatihan kerja online”, atau “pelatihan bersertifikasi”. Untuk mencari kata kunci yang paling banyak dicari orang, kamu bisa menggunakan beberapa tools seperti Ubbersuggest, wordtracker, atau Ahrefs.

2. Phrase match keyword

Kata kunci ini ditulis dengan menambahkan kata yang lebih spesifik dari kata kunci dasar. Misalnya saat menargetkan “pelatihan kerja”, kata kunci yang bisa kamu gunakan adalah “pelatihan kerja terbaik”, “jasa pelatihan kerja”, atau “pelatihan kerja terpercaya”.

Menggunakan kata kunci jenis ini juga akan semakin meningkatkan kemungkinan konten yang kamu buat berada di halaman pertama Google.

3. Exact Match Keyword

Exact Match Keyword adalah bentuk kata kunci yang lebih spesifik lagi dibandingkan Phrase match keyword . Misalnya saja jika Phrase match keyword kamu adalah “pelatihan kerja terpercaya”, maka kamu bisa menambahkan detail lokasi, misalnya “pelatihan kerja terpercaya di Jakarta”, atau “pelatihan kerja terpercaya untuk fresh graduates”.

4. Negative keyword

Negative keyword adalah kata kunci yang seharusnya kamu hindari karena hanya akan membuat visibilitas website berkurang. Jenis kata kunci ini tidak ada berhubungan atau bertentangan dengan kata kunci yang kamu gunakan. Misalnya saja jika kata kunci utama kamu adalah “pelatihan kerja” maka hindari kata kunci “cara memberikan pelatihan kerja” atau “cara membuka pelatihan kerja”. Karena target utama kamu tenaga kerja yang sedang mencari pelatihan bukan seseorang yang ingin memberikan pelatihan kerja.

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai search engine marketing.Untuk menerapkan search engine marketing kamu bisa menggunakan tools Google ads. Sistem pembayaran di Google ads adalah pay per click. Hal ini berarti kamu hanya perlu membayar biaya sesuai dengan jumlah orang yang membuka website kamu. Semakin banyak orang yang membuka website kamu maka akan semakin besar juga biaya yang harus dibayarkan.


Referensi

https://blog.alexa.com/what-is-sem/

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved