Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| iProspect

Yuk, Intip 5 Tips Belajar UI UX untuk Pemula

belajar ui ix

Profesi di bidang UI dan UX pastinya saat ini sudah cukup terdengar familiar. Di tahun 2018 saja kebutuhan UI UX designer mencapai angka 6.800 dan kebutuhannya terus bertambah setiap tahunnya. Menjadi UI UX designer juga sangat diminati oleh para generasi minimal, salah satu alasannya karena jenjang karir yang lebih jelas dan gaji lebih tinggi. Tercatat di tahun 2021 seorang UI UX designer bisa mendapatkan gaji kisaran 8 juta hingga 16 juta rupiah


Tersedianya banyak lowongan di bidang UI dan UX tentunya membuat banyak orang yang tertarik belajar bidang tersebut. Menariknya, pekerjaan ini sering kali tidak mengharuskan seseorang untuk mempelajari suatu jenis pendidikan tertentu.


5 Tips Belajar UI UX untuk Pemula 


Sebelum mulai mempelajari UI UX ada hal dasar yang perlu kamu pahami yaitu apa itu UI dan UX. UI adalah kepanjangan user interface yang artinya tampilan keseluruhan visual desain sebuah sistem yang bertujuan memperindah sebuah aplikasi atau website yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan.


Sedangkan UX adalah user experince yang merupakan sebuah proses mendesain suatu produk sesuai dengan keinginan atau kebutuhan dari para pengguna. Perbedaan UI dan UX yang paling mendasar adalah tujuan dari design.  


Ilmu yang dibutuhkan untuk mempelajari bidang UI dan UX bisa dipelajari sendiri asalkan kamu ada niatan dan mau terus belajar. Nah, jika penasaran dengan bidang ini dan ingin mencoba memiliki karier di bidang UI atau UX, berikut ini tips belajar UI UX yang perlu kamu ketahui:


Kenali Prinsip UI UX Terlebih Dahulu


Hal yang menjadi cakupan dari user interface atau UI adalah seluruh aspek visual yang ditampilkan di website. Jadi, tips belajar UI UX yang pertama adalah dengan lebih mengenal apa saja prinsip dari UI UX itu sendiri.


Ada beberapa prinsip dari UI dan UX design yang perlu diketahui. Pertama adalah warna. Pelajari dasar-dasar warna dan psikologi warna. Setelah itu, prinsip lain yang harus diketahui adalah balance atau keseimbangan, contrast hingga typography.


Seorang UI dan UX designer harus mampu membuat desain yang seimbang dengan memperhatikan kontras dan tentunya memilih font huruf yang mudah dibaca. Terakhir adalah konsistensi. Prinsip ini paling penting karena dengan konsisten kamu bisa menciptakan design yang lebih baik.


Ketahui Proses Kreatif UI UX


Setelah mengetahui prinsip di atas, tips belajar UI UX yang berikutnya adalah dengan memahami proses kreatifnya. Proses kreatif yang pertama adalah discover. Discover adalah awal dimulainya setiap proyek. Di proses, ini setiap designer harus mulai melakukan riset, mencari inspirasi, dan mengumpulkan ide.


Selanjutnya adalah tahap define di mana designer harus sudah bisa mendefinisikan ide yang telah dimiliki. Proses kreatif selanjutnya adalah develop atau pengembangan saat designer mulai membuat konsep dan mengujinya hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.


Dalam proses ini, designer harus bisa selalu meningkatkan dan menyempurnakan ide agar hasilnya lebih maksimal. Terakhir adalah delivery yang mengharuskan designer untuk memproduksi dan menyelesaikan proyeknya.


Perbanyak Referensi


Salah satu tips belajar UI UX design yang cukup penting yaitu dengan selalu menambah pengetahuan dengan mencari referensi. kamu harus sudah bisa membedakan seperti apa desain yang baik dan buruk serta mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari suatu design. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memperbanyak referensi.


Selain dengan melihat hasil desain dari designer  lain, kamu juga bisa menambah referensi dengan membaca artikel. Carilah artikel seputar UI UX design untuk menambah pengetahuan. Banyak membaca artikel juga bisa membuatmu lebih tahu mengenai tren terbaru yang sedang dibicarakan yang mungkin akan dibutuhkan dalam proyekmu nanti.


Pelajari Software yang Dibutuhkan 


Tidak hanya memperbanyak referensi, kamu juga harus mulai belajar menggunakan tools atau software yang diperlukan bagi seorang UI UX designer. Beberapa contoh tools atau software yang digunakan pada bidang UI dan UX adalah Sketch, InVision Studio, Marvel, dan juga AdobeXD.


Ikut Kelas Pelatihan Online


Tips belajar UI UX design yang berikutnya adalah dengan mengikuti kelas pelatihan online khusus. Mengikuti kelas pelatihan online memberikan kesempatan bagi kamu untuk tumbuh dan berkembang sebagai designer UI UX yang profesional. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengikuti kelas pelatihan online di Mahir Digital. Di Mahir Digital yang disediakan oleh pijarmahir.id, semua materi dan proses pengajaran akan dipandu langsung oleh para pakar dan praktisi UI UX ternama.


Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk merasakan semangat dan antusiasme di dunia desain UI dan UX. Pasalnya, dalam kelas online tersebut, kamu bisa mendapatkan insight baru dari materi yang disampaikan oleh para profesional di bidang UI UX 


Menarik bukan? Yuk, daftar dan belajar UI UX di Pijar Mahir sekarang juga!


Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved