Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Yuk, Latih Kemampuan Fast Learning dengan 7 Cara Ini

Saat ini fast learning merupakan salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh semua pekerja. Karena soft skill ini akan sangat memudahkan pekerja untuk bisa beradaptasi dan mengembangkan karir. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai cara melatih kemampuan fast learning di bawah ini.

Fast learning adalah kemampuan mempelajari hal baru dengan cepat. Saat ini banyak HRD yang menyukai calon karyawan dengan kemampuan fast learning. Di beberapa perusahaan bahkan kemampuan mempelajari hal baru dengan cepat merupakan salah satu syarat diterimanya seorang karyawan.

Karena seorang karyawan yang memiliki kemampuan belajar hal baru dengan cepat biasanya bisa beradaptasi dan mengenal banyak hal baru dengan mudah, sehingga perusahaan tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu, tenaga, dan sumber daya untuk melatih mereka.

Manfaat fast learning

Fast learning pada umumnya tidak hanya perlu di praktikkan untuk lulusan baru atau fresh graduate saja, tetapi juga untuk kamu yang sudah lama bekerja, karena fast learning memiliki beberapa manfaat yang sayang banget untuk dilewatkan, yaitu:

1. Kesempatan mengembangkan karir lebih luas

Setiap karyawan pasti memiliki keinginan untuk mengembangkan karir dan naik jabatan. Kedua hal ini bisa dengan mudah kamu raih dengan menjadi orang yang mudah mempelajari hal baru atau fast learner, karena hal ini akan memperbesar kemungkinan kamu diberikan kesempatan untuk terus mengerjakan pekerjaan yang belum dilakukan sebelumnya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu bisa naik jabatan dengan mudah dalam jangka waktu kurang dari dua tahun.

2. Memiliki banyak keahlian

Tidak bisa dipungkiri memang salah satu keuntungan memiliki kemampuan cepat mempelajari hal baru adalah memiliki banyak keahlian dan memiliki banyak pengalaman. Karena seseorang yang memiliki kemampuan untuk cepat mempelajari hal baru biasanya akan terus berusaha menambah kemampuan dengan mengikuti berbagai macam pelatihan.

3. Memudahkan kamu untuk pindah jalur karir

Selain itu, memiliki kemampuan fast learning juga akan sangat memudahkanmu untuk pindah jalur karir. Misalnya saja jika selama ini kamu berprofesi sebagai designer website dan ingin sekali pindah jalur karier sebagai copywriter.

Cara melatih kemampuan fast learning

Pada dasarnya beberapa kemampuan yang harus dilakukan dengan metode fast learning adalah kemampuan beradaptasi dan kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan yang belum pernah atau jarang dikerjakan sebelumnya. 

Untuk kamu yang ingin mulai melatih kemampuan fast learning, yuk simak beberapa tips di bawah ini:

1. Fokus

Hal paling utama yang wajib kamu terapkan untuk melatih kemampuan fast learning adalah fokus. Karena fokus saat belajar akan sangat memudahkanmu untuk bisa menyerap ilmu dengan lebih baik dan menyeluruh.

2. Tentukan gaya belajar

Setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing. Ada yang gaya belajarnya sambil mendengarkan musik, mencoret-coret buku, atau ada juga yang gaya belajarnya dengan ngobrol dengan teman. Menentukan gaya belajar akan sangat memudahkanmu untuk bisa mempelajari hal baru dengan cepat. Jangan ragu juga untuk menggabungkan beberapa gaya belajar agar kamu tidak mudah jenuh.

3. Banyak mencatat dan membaca

Untuk membuatmu semakin mudah mempelajari hal baru, jangan lupa juga untuk rutin mencatat dan membaca ya. Karena kedua hal ini juga akan sangat membantumu untuk meningkatkan dan memahami hal baru yang dipelajari dengan lebih baik.

Bila perlu, kamu bisa membuat catatan di kertas kecil yang kamu tempel di beberapa tempat yang sering dilihat, misalnya meja kerja, laptop, atau pintu kamar. Jadi kapanpun dan dimanapun kamu beraktivitas, sesekali kamu bisa sambil mempelajari hal baru tersebut.

4. Jangan malu untuk bertanya

Saat kamu sedang berusaha untuk mempelajari hal baru, jangan ragu juga untuk bertanya mentor atau rekan kerja jika ada hal baru yang belum dimengerti. Karena dengan bertanya kamu akan mendapatkan perspektif baru mengenai hal yang sedang dipelajari.

5. Banyak minum air putih

Minum air putih memang bisa bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan membuat kulit tetap lembap. Namun, mencukupi kebutuhan air dengan mengonsumsi 2,5 liter air putih setiap hari ternyata juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir, sehingga kamu bisa dengan lebih mudah belajar dan mengingat hal baru.

6. Belajar hal baru setiap hari

Semakin sering belajar hal baru maka otak akan terbiasa untuk menyerap informasi dengan lebih cepat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menyisihkan waktu untuk belajar di tengah padatnya aktivitas. Gak perlu waktu yang lama kok, belajar 10-15 menit setiap hari juga sudah bisa bermanfaat untuk membantumu mengasah kemampuan fast learning.

7. Istirahat yang cukup

Sepadat-padatnya aktivitas yang kamu lakukan setiap hari, jangan lupa untuk istirahat yang cukup ya. Karena dengan istirahat yang cukup maka pikiran bisa menjadi lebih segar sehingga bisa maksimal menerima semua materi yang dipelajari. Idealnya setiap harinya seorang tenaga kerja tidur selama 6-8 jam.

 

Bagaimana cara menunjukkan kemampuan fast learning di CV?

Kamu juga bisa dengan mudah menunjukkan kemampuan fast learning di CV lho, yaitu dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Tuliskan kemampuan fast learning

Fast learning juga bisa menjadi salah satu kemampuan yang kamu tuliskan di bagian soft skill. Hal ini tentunya akan menjadi nilai plus tersendiri untuk HRD.

2. Masukan sertifikat dari pelatihan yang pernah kamu ikuti

Salah satu bukti nyata seseorang memiliki kemampuan fast learning adalah sering mempelajari hal baru. Hal ini bisa kamu tunjukkan dengan memasukkan semua daftar pelatihan yang pernah kamu lakukan.

Kalau kamu ingin mendapatkan pelatihan berkualitas dan bersertifikasi, jangan lupa untuk menggunakan Pijar Mahir ya.

3. Masukkan pengalaman kerja

Kamu termasuk orang yang cukup sering pindah bidang pekerjaan atau pindah bagian kerja? Kalau iya, ini kesempatan baik untuk kamu menunjukkan kemampuan fast learning. Karena orang yang mudah mempelajari hal baru, biasanya cenderung akan senang berpindah-pindah pekerjaan atau pindah bagian di pekerjaan.

Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan ini dengan menuliskan semua hal yang pernah kamu kerjakan di perusahaan sebelumnya.

Melatih kemampuan fast learning memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai melatihnya sekarang juga.

 

Referensi

https://www.glassdoor.com/blog/guide/fast-learner/

https://www.indeed.com/career-advice/resumes-cover-letters/emphasize-being-a-fast-learner-on-a-resume

https://www.lifehack.org/288263/10-effective-ways-make-you-faster-learner
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved