Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Blog

| Content Writer

Yuk Terapkan 4 Nilai Agile Principle dalam Manajemen Produk

Kamu ingin melakukan manajemen produk dengan cara yang mudah? Kalau iya, yuk coba terapkan empat nilai Agile principle di bawah ini.

Product management atau manajemen produk adalah salah satu profesi dalam tim pengembangan produk yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengembangkan suatu produk, hingga produk tersebut sukses dan bisa diterima banyak orang. Agar tanggung jawab tersebut bisa terlaksana dengan baik, biasanya seorang product manager akan melakukan beberapa hal di bawah ini:

· Mempromosikan dan memposisikan ide-ide baru untuk pengembangan produk dan fitur

· Bekerja dengan tim teknik dan desain untuk menghidupkan produk

· Memastikan bahwa setiap produk memenuhi kebutuhan pengguna atau pelanggan

Umumnya, untuk membuat tugas utama bisa berjalan dengan lancar dan sukses, seorang product manager akan menerapkan nilai-nilai penting manajemen produk, salah satu nilai yang biasanya digunakan adalah empat nilai Agile principle.

Apa itu Agile principle?

Agile principle adalah dasar dari metodologi manajemen produk yang paling modern. Product manager bisa menggunakan nilai dari manajemen ini untuk menghasilkan produk yang luar biasa dengan nilai dan kualitas, sambil tetap berada dalam batasan proyek yang diberikan.

Dokumen aktual yang terdiri dari nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendekatan Agile pada awalnya dikembangkan pada tahun 2001 oleh 17 insinyur perangkat lunak di sebuah resor ski di Utah, Amerika Serikat.

Agile principle yang merupakan bagian dari Agile Alliance diciptakan untuk menantang status quo dan mengubah pendekatan penciptaan produk agar bisa bermanfaat untuk memecahkan masalah saat pembuatan produk. Selain itu, pada dasarnya Agile principle dilakukan untuk memudahkan melakukan manajemen suatu produk.

Manfaat menerapkan empat nilai Agile principle

Pada dasarnya empat nilai Agile principle memiliki beberapa manfaat yang sayang banget untuk kamu lewatkan, yaitu:

· Menghasilkan produk dengan kualitas unggul

· Mendapatkan kepuasaan pelanggan

· Bisa mengontrol produk dengan lebih baik

· Meningkatkan prediktabilitas produk

· Mengurangi risiko gagalnya suatu produk

· Tim lebih terorganisir

· Perbaikan bisa dilakukan secara terus-menerus

 

Empat nilai agile principle untuk melakukan product management

Umumnya ada empat prinsip Agile principle untuk melakukan product management atau manajemen produk yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Individuals and interactions over processes and tools atau interaksi individu melalui alat

Nilai manifesto Agile ini berfokus pada pentingnya komunikasi dengan klien. Ada beberapa hal yang mungkin ingin ditanyakan oleh klien. Hal ini merupakan tanggung jawab anggota tim untuk memastikan bahwa semua pertanyaan dan saran klien ditangani dengan secepat mungkin. Nilai ini bermanfaat agar tim produk nantinya bisa menciptakan produk yang benar-benar sesuai dengan keinginan pelanggan.

2. Working product over comprehensive documentation atau perangkat lunak yang bekerja lebih dari dokumentasi yang komprehensif

Di masa lalu anggota tim biasanya lebih fokus pada dokumentasi yang tepat dari setiap aspek produk, sehingga hasil akhir suatu produk tidak sesuai dengan keinginan pelanggan. Sebaliknya salah satu nilai Agile ini menetapkan bahwa tugas pertama dan terpenting yang perlu dilakukan tim produk adalah menyelesaikan hasil akhir seperti yang diinginkan oleh pelanggan.

Jadi, jangan sampai kamu menciptakan produk yang justru tidak diinginkan dan tidak sesuai dengan keinginan pelanggan. Karena hal ini akan membuang-buang waktu dan tenaga kamu saja.

3. Customer collaboration over contract negotiation atau kolaborasi pelanggan atas negosiasi kontrak

Agile principle mengharuskan pelanggan untuk terlibat dalam semua fase penciptaan dan pengembangan produk. Sedangkan pendekatan Waterfall atau metodologi tradisional hanya memungkinkan pelanggan untuk bernegosiasi sebelum dan sesudah produk selesai saja. Hal ini tentunya akan menghasilkan pemborosan waktu dan sumber daya.

Namun sebaliknya, jika pelanggan tetap dalam lingkaran selama proses pengembangan produk, anggota tim dapat memastikan bahwa produk akhir memenuhi semua persyaratan klien. Hal inilah yang akan membuat anggota tim bisa menghemat waktu dan biaya.

4. Responding to change over following a plan atau menanggapi perubahan mengikuti rencana

Berlawanan dengan metodologi manajemen di masa lalu, nilai-nilai Agile menentang penggunaan rencana yang rumit sebelum dimulainya proyek dan terus berpegang teguh pada rencana tersebut, apapun yang terjadi. Keadaan berubah dan terkadang pelanggan menuntut fitur tambahan dalam produk akhir yang dapat mengubah ruang lingkup proyek.

Dalam kasus ini, product manager dan tim harus bisa beradaptasi dengan cepat untuk memberikan produk yang berkualitas dan memastikan kepuasan pelanggan tercapai hingga 100%.

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan empat nilai Agile principle dalam melakukan manajemen produk. Menerapkan hal di atas memang tidak semudah yang dibayangkan, namun tidak ada salahnya jika kamu mulai melakukan beberapa langkah sederhana.

Selain beberapa hal di atas, ingat juga bahwa salah satu kunci keberhasilan manajemen suatu produk adalah kerjasama tim yang baik. Oleh karena itu, dalam menerapkan empat nilai Agile principle di atas, jangan lupa juga untuk selalu menjaga Kerjasama yang baik dengan semua anggota tim ya.

Yuk belajar lebih jauh tentang tentang manajemen produk

Kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang manajemen produk, yuk ikut kelas “Belajar Manajemen Pengembangan Produk Digital dan Penerapan Cara Kerja SCRUM Untuk Menjadi Calon Manajer Produk”. Karena di kelas ini kamu akan belajar lebih jauh tentang produk manajemen, product life cycle, menjadi product manager, Agile development, scrum fundamental, hingga product development in scrum.

Selain itu, di pelatihan ini, kamu akan diajarkan langsung oleh ahlinya, yaitu Syifa Nafiah. Syifa Nafiah merupakan seorang product manager di salah satu perusahaan di bidang pembelajaran online dan juga telah berpengalaman sebagai manajemen produk digital di berbagai startup lain sejak 2018.

Menariknya lagi, pelatihan ini memiliki metode pembelajaran materi dari video dan bahan bacaan dalam format PDF. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk melakukan pelatihan. Selain itu, pelatihan ini bisa dilakukan melalui handphone dengan mengunduh aplikasi Pijar Mahir di Google play store terlebih dahulu.

Referensi

https://theproductmanager.com/topics/what-is-product-management/

https://kissflow.com/project/agile/values-and-principles-of-agile-manifesto/

https://www.productplan.com/glossary/agile-principles/
 

Artikel Lainnya

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved