Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menjadi Tenaga Perkantoran Umum

Pembelajaran Mandiri

Menjadi Tenaga Perkantoran Umum

Oleh: STUDiLMU -

Pelatihan di STUDiLMU -

0

4.9(634)
686 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Tenaga perkantoran umum yang membantu administrasi merupakan salah satu profesi yang paling banyak dicari di Indonesia. Dilansir oleh Prakerja.go.id, pada Januari 2021, kategori pekerjaan administrasi masuk ke dalam 10 besar pekerjaan yang dicari di Indonesia.
Peran tenaga perkantoran umum sangatlah penting untuk mendukung kelancaran dan efisiensi perusahaan. Tanpa tenaga perkantoran umum, perusahaan bisa jadi kehilangan banyak waktu karena terlalu sibuk mengurus pekerjaan administratif dan tidak sempat mengerjakan pekerjaan yang lebih strategis.
Dalam course ini, Anda akan belajar pengetahuan, sikap kerja, dan keterampilan yang perlu dimiliki oleh seorang tenaga perkantoran umum yang handal dan dibutuhkan oleh perusahaan, di antaranya: tanggung jawab dan deskripsi kerja, sikap kerja yang perlu dikembangkan, keterampilan administrasi, keterampilan korespondensi, hingga keterampilan komputer yang diperlukan oleh tenaga perkantoran umum.

Tujuan Umum Pelatihan 
Tujuan umum dari course ini adalah peserta mampu melakukan berbagai tugas administrasi sesuai prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan sebagai karyawan tenaga perkantoran umum.

Tujuan Khusus Pelatihan
• Menyebutkan tanggung jawab tenaga perkantoran umum
• Menyebutkan sikap kerja yang perlu dikembangkan oleh tenaga perkantoran umum
• Menjelaskan rencana pengembangan sikap kerja yang dibutuhkan dalam pekerjaan
• Menjelaskan teknik menyortir dan mengarsipkan dokumen secara sistematis
• Menjelaskan teknik membuat catatan atau notulensi rapat yang efektif
• Menjelaskan teknik memfotokopi dan mengefax dokumen
• Menjelaskan teknik menyortir surat/email yang masuk dengan tekun secara rutin
• Menjelaskan teknik membalas/mengirimkan email secara profesional
• Menjelaskan komponen dalam pembuatan surat resmi
• Membuat surat resmi 
• Menjelaskan teknik mencatat masalah sarana perkantoran
• Menjelaskan teknik menjaga dan merawat sarana perkantoran dengan efektif
• Menjawab telepon secara profesional
• Melakukan transfer telepon kepada orang yang tepat
• Melakukan pengecekan dokumen dengan teliti  
• Menjelaskan teknik menyiapkan faktur transaksi keuangan dengan teliti
• Menjelaskan teknik mencatat dan mengumpulkan bukti transaksi keuangan yang dilakukan
• Menjelaskan teknik menyalin informasi atau data dan memperbaiki salinan ke komputer menggunakan Microsoft Word
• Menjelaskan teknik menyalin informasi atau data ke komputer atau mengoreksinya dengan rumus menggunakan Microsoft Excel
• Menggunakan functions untuk mengolah dan mengoreksi data teks pada Microsoft Excel
• Membuat dan mengoreksi data numerik dengan menggunakan rumus di Microsoft Excel

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
• Tanggung jawab tenaga perkantoran umum (materi “tanggung jawab tenaga perkantoran umum”)

• Sikap kerja yang perlu dikembangkan oleh tenaga perkantoran umum (materi “sikap kerja tenaga perkantoran yang dibutuhkan perusahaan”)
• Rencana pengembangan sikap kerja yang dibutuhkan dalam pekerjaan(materi “sikap kerja tenaga perkantoran yang dibutuhkan perusahaan”)

• Teknik menyortir dan mengarsipkan dokumen secara sistematis (materi “keterampilan mengelola data”)
• Teknik membuat catatan atau notulensi rapat yang efektif (materi “keterampilan mengingat dan mencatat”)
• Teknik memfotokopi dan mengefax dokumen (materi “keterampilan memeriksa dokumen”)
• Teknik menyortir surat/email yang masuk dengan tekun secara rutin (materi “keterampilan membuat surat resmi”)
• Teknik membalas/mengirimkan email secara profesional (materi “keterampilan membuat surat resmi”)
• Komponen dalam pembuatan surat resmi (materi “keterampilan membuat surat resmi”)
• Teknik mencatat masalah sarana perkantoran (materi “keterampilan mengelola sarana perkantoran”)
• Teknik menjaga dan merawat sarana perkantoran dengan efektif (materi “keterampilan mengelola sarana perkantoran”)
• Teknik menyiapkan faktur transaksi keuangan dengan teliti (materi “keterampilan memeriksa dokumen”)
• Teknik mencatat dan mengumpulkan bukti transaksi keuangan yang dilakukan (materi “keterampilan memeriksa dokumen”)
• Teknik menyalin informasi atau data dan memperbaiki salinan ke komputer menggunakan Microsoft Word (materi “keterampilan menggunakan komputer (Microsoft word))
• Teknik menyalin informasi atau data ke komputer atau mengoreksinya dengan rumus menggunakan Microsoft Excel (materi “keterampilan menggunakan komputer (Microsoft excel))

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
• Pembuatan surat resmi (materi “keterampilan membuat surat resmi”)
• Menjawab telepon secara profesional (materi “ keterampilan berkomunikasi melalui telepon”)
• Melakukan transfer telepon kepada orang yang tepat (materi “keterampilan berkomunikasi melalui telepon”)
• Pengecekan dokumen dengan teliti (materi “keterampilan memeriksa dokumen”)
• Pembuatan functions untuk mengolah dan mengoreksi data teks pada Microsoft Excel (materi “keterampilan menggunakan komputer (Microsoft excel))

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
• Teliti (materi "mmembuat dan mengeoreksi data numerik dengan menggunakan rumus di microsoft excel")
• Tekun (materi "menjelaskan teknik menjaga dan merawat sarana perkantoran dengan efektif")

Kelompok Sasaran

• Tenaga perkantoran umum dari berbagai kalangan industri
• Setiap orang yang ingin mengembangkan keterampilan administratifnya
• Tingkat Pendidikan: minimal SMA/SMK/yang setara


Durasi Per Sesi
Section 1: Mengenal Profesi Tenaga Perkantoran Umum : 65 menit
Section 2: Memilah dan Mengarsip Informasi serta Mengoreksi dan Memperbaiki Catatan : 23 menit
Section 3: Menyortir, Menyusun, dan Mengirimkan Surat/Email : 76 menit
Section 4: Mencatat Masalah Sarana Perkantoran : 156 menit
Section 5: Menjawab Telepon dan Meneruskan Telepon ke Orang yang Tepat : 26 menit
Section 6: Memeriksa Angka, Menyiapkan Faktur, dan Mencatat Rincian Transaksi Keuangan : 49 menit
Section 7: Menyalin Informasi/Data ke Komputer (Microsoft Word) : 182 menit
Section 8: Menyalin Informasi/Data ke Komputer (Microsoft Excel) : 203 menit


Total Durasi
378 menit

Kapasitas Peserta
Unlimited


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Rabu, 17.00 - 18.00


Profil Pengajar
Alberto Christopher, S.T.
Dengan latar belakang pendidikan chemical engineer dari  Universitas Indonesia ini, Berto adalah sosok yang aktif dan senang berkomunikasi. Semasa studi pun, Berto sudah aktif berbagi ilmu yang dimilikinya bersama para dosen di kampusnya. Tidak hanya itu, Berto juga sering membawakan  acara pada beberapa event team building. Pengalamannya mengajar di depan kelas dan memimpin berbagai event team  building membawa Berto untuk berkecimpung di bidang training and people development. Mengawali karirnya sebelum bergabung di Studilmu BusinessGrowth, Berto merupakan seorang leader pada lini produksi di PT CS2 Pola  Sehat (Orang Tua Group). Tidak hanya berkutat dengan data dan laporan, pengalamannya sebagai leader pada lini  produksi membuat Berto terbiasa untuk berkomunikasi dengan berbagai macam karyawan dan cukup familiar  dengan kondisi lapangan. Semasa kerjanya pun Berto telah mengikuti berbagai macam pembelajaran leadership. Sebagai fasilitator Studilmu BusinessGrowth, Berto telah berpengalaman melayani berbagai kelas dengan  perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Berto dikenal  sebagai fasilitator yang energik dan lugas dalam  memfasilitasi pembelajaran peserta di kelas melalui  pengalaman-pengalaman yang pernah beliau jalani.

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Penukaran Kode Voucher
1. Silakan Download Aplikasi STUDiLMU di Play Store https://bit.ly/STUDiLMU-Android atau App Store https://bit.ly/STUDiLMU-iOS  dan dapat juga  Kunjungi website https://pelatihanprakerja.studilmu.com
2. Pilih Program "Prakerja" lalu “Masuk” apabila sebelumnya sudah mendaftar akun STUDiLMU atau pilih “Daftar” jika sebelumnya Anda belum pernah mendaftar akun STUDiLMU
3. Kemudian silakan Anda isi formulir pendaftaran tersebut dengan data Anda. Setelah data berhasil di lengkapi, Silakan klik "Kirim Pendaftaran"
4. Setelah penukaran berhasil, kursus Anda berada di halaman depan atau klik "Kursus Saya" untuk memulai pelatihan
5. Voucher berlaku sampai 31 Desember 2021

Syarat dan Ketentuan
1. Tidak ada batas maksimal jumlah pembelian voucher.
2. Voucher dapat ditukarkan di Aplikasi dengan cara  download Aplikasi STUDiLMU di Play Store https://bit.ly/STUDiLMU-Android  atau App Store https://bit.ly/STUDiLMU-iOS
3. Atau dapat juga kunjungi website https://pelatihanprakerja.studilmu.com/voucher (untuk pendaftaran awal) dan https://pelatihanprakerja.studilmu.com (untuk login selanjutnya menonton pelatihan online)
4. Voucher berlaku sampai 31 Desember 2021
5. Kode voucher hanya dapat di redeem 1 (satu) kali. Ketika voucher telah di redeem maka video tersebut dapat dibuka kembali apabila diperlukan untuk menonton sampai dengan 1 (satu) tahun dari tanggal redeem.
6. Dengan menggunakan voucher dan mendaftar di STUDiLMU, pelanggan menyetujui Syarat dan Ketentuan Layanan yang berlaku pada STUDiLMU Online Course.
7. Voucher yang belum di redeem dapat dipindahtangankan kepada pihak lain untuk digunakan, namun kode voucher tidak dapat diuangkan.
8. Apabila terdapat kendala atau kesulitan dalam menggunakan voucher, silakan menghubungi Customer Service STUDiLMU melalui SMS/WhatsApp Center di 081338387750 dapat juga melalui email ke cs.prakerja@studilmu.com . Layanan tersedia di hari Senin-Jumat, pukul 08.00-17.00 WIB.

Kontak Lembaga Pelatihan
WA: 081338387750
E-Mail: cs.prakerja@studilmu.com


Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.9

/5

(634 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp700.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved