Belajar Teknik Penyeduhan Kopi Menjadi Barista Pemula

Pembelajaran Mandiri

Belajar Teknik Penyeduhan Kopi Menjadi Barista Pemula

Oleh: The Bencoolen Coffee

Pelatihan di Pijar Mahir

0

4.7(3)
8 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Kamu bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa kamu akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail

Deskripsi Pelatihan
Wawasan seorang barista harus luas berkaitan dengan biji kopi dan alat seduh kopi. Disamping membuat secangkir kopi yang nikmat barista harus menguasai banyak hal tentang kopi, sehingga diperlukan keterampilan dan ilmu tersendiri dalam membuatnya.
The Bencoolen Coffee memberikan pelatihan belajar menjadi barista pemula. Bencoolen telah berpengalaman dalam mengembangkan dan mengelola kopi dari hulu ke hilir dan akan mencetak peracik kopi terampil era saat ini. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu menyeduh kopi dengan dua metode yaitu membuat minuman kopi dengan V60 dan kopi tubruk.
Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang telah lulus sekolah lanjutan tingkat atas (SMA, SMK, MA) dan tertarik dan ingin menguasai teknik penyeduhan kopi. Tingkat kesulitan pelatihan ini adalah tingkat pemula/tingkat dasar.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu menyeduh minuman kopi manual brew, dengan minimal mampu menggunakan lima metode berikut ini: metode immersion, metode inverted, metode vietnam drip, metode moka pot, dan metode seduh kopi tubruk, dengan kualitas pemberian layanan sesuai dengan standar barista yang berlaku global.

Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Memahami grooming dan attitude barista meliputi: pengertian groomingcontoh penampilan diri yang baik untuk baristajenis grooming (grooming statis & grooming dinamis) dan peran penting attitude dalam dunia kerja (attitude mengalahkan hardskill & attitude memungkinkan pekerjaan lebih kompak dan membantu mengatasi berbagi masalah).
2. Memahami dalam mengelola bahan baku meliputi: sejarah kopi, jenis - jenis kopi di indonesia (arabika, robusta, liberika, exselsa, stenophylla), proses pasca panen (dry proses, honey proses, wet proses), perbedaan antara kopi robusta dan arabica dan menyimpan bahan baku dengan benar.
3. Mengelola peralatan dan perlengkapan meliptui: mempersiapkan area kerjamenyiapkan peralatan & perlengkapanmemeriksa peralatan & perlengkapan dan memelihara peralatan & perlengkapan.
4. Mengoperasikan peralatan meliputi: manual brew, mengenal alat & tehnik pembuatan, jenis-jenis espresso (ristretto, espresso, lungo), dose bean atau ukuran gilingan, pengertian latte art dan macam-macam latte art, penggunan jenis susu untuk pembuatan latte, froating milk dan teknik pouring, flushing mesin setelah penggunaan dan contoh mesin yang jarang dibersihkan, membuat minuman kopi dengan metode v60, membuat minuman kopi dengan metode tubruk dan merasakan aroma kopi dan mencicipi, membuat minuman kopi dengan metode immersionmembuat minuman kopi dengan metode moka pot, membuat minuman kopi dengan metode vietnam drip, membuat minuman kopi dengan metode aeropress, membuat minimunan kopi dengan teknik manual dengan metode moka pot dan pembuatan latte art dan membuat minuman kopi dengan espresso dengan metode kompresor dan pembuatan latte art.
5. Menaati prosedur menangani pelanggan meliputi: menentukan standar pelayanankonsep pelayanan secara umum.
6. Menaati prosedur menangani situasi konflik meliputi: cara analisis ketidak puasan pelanggan dan cara menanggapi komplain pelanggan.
7. Memahami dalam mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan ditempat kerja meliputi: pengertian kesehatan, keselamatan dan keamanan (k3) di tempat kerja.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Memahami grooming dan attitude barista (mengacu pada: modul pengertian grooming dan contoh penampilan diri yang baik untuk barista), memahami dalam mengelola bahan baku (mengacu pada: modul sejarah kopi, jenis - jenis kopi di indonesia arabika, robusta, liberika, exselsa, stenophylla), Memahami dalam mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan ditempat kerja (mengacu pada: modul pengertian kesehatan, keselamatan dan keamanan K3 di tempat kerja).

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Mengelola peralatan dan perlengkapan (mengacu pada: modul mempersiapkan area kerjamenyiapkan peralatan & perlengkapan), mengoperasikan peralatan (mengacu pada: modul manual brew, mengenal alat dan tehnik pembuatan), mengembangkan produk (mengacu pada: modul membuat minuman kopi dengan espresso dengan metode kompresor dan pembuatan latte art).

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Menaati prosedur menangani pelanggan (mengacu pada: modul menentukan standar pelayanan), menaati prosedur menangani situasi konflik (mengacu pada: modul cara analisis ketidak puasan pelanggan).

Kelompok Sasaran
1. Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang telah lulus sekolah lanjutan tingkat atas (SMA, SMK, MA)
2. Memiliki gawai (gadget) dan mampu menggunakan komputer dan telepon cerdas (smartphone). 
3. Memiliki pengetahuan tentang aplikasi Microsoft Office.
4. Tingkat kesulitan pelatihan ini adalah tingkat pemula/tingkat dasar.
5. Peserta harus memiliki scale, bubuk kopi dan kettle.

Durasi Per Sesi
1. Grooming dan Attitude Barista : 29 Menit 
2. Mengelola Bahan Baku : 87 Menit
3. Mengelola Peralatan dan Perlengkapan : 41 Menit
4. Mengoperasikan Peralatan : 190 menit
5. Menangani Pelanggan : 9 menit
6. Menangani Situasi Konflik : 16 menit
7. Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Ditempat Kerja : 7 Menit

Total Durasi
379 Menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Profil Pengajar
Simon Petrus Bane
Sebagai Head Barista Bencoolen Coffee, mempunyai pengalaman dibidang mengajar Barista dan Bartender dengan pengalaman lebih dari delapan tahun, antara lain membagikan pengetahuan melalui kelas, juri lomba dan pelatihan untuk karyawan-karyawan perusahaan yang ingin meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan pengetahuan.

Jadwal Mingguan 
Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Setiap Kamis pukul 10.00-11.00 WIB

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Kontak Lembaga Pelatihan
Email : cs.bencoolencoffee@gmail.com
WhatsApp : 089630751495

Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(3 Rating)

0

0

0

0

0

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo pijarmahir

©2020-2021 Pijar Mahir. All Right Reserved