Belajar Menjadi Pengelola di Bidang Kedai Minuman Kopi Susu Kekinian

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Belajar Menjadi Pengelola di Bidang Kedai Minuman Kopi Susu Kekinian

Oleh: The Bencoolen Coffee

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(3)
16 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Kamu bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa kamu akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail

Deskripsi Pelatihan
Minat yang tinggi terhadap minunman kopi terbukti dari menjamurnya kedai-kedai kopi di Indonesia saat ini. Hal itu menunjukkan adanya peluang dan potensi usaha yang dapat dikembangkan di bidang kedai minuman kopi susu kekinian.
The Bencoolen Coffee memberikan pelatihan belajar wirausaha kedai kopi susu kekinian modal minim. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengetahuan, keterampilan, sikap dan jiwa sebagai wirausaha kedai kopi kekinian atau kedai minuman. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta mampu membuat laporan keuangan dengan standar operasional prosedur (SOP) cafe minimal satu laporan laba dan rugi menggunakan aplikasi Microsoft excel.
Pelatihan ini dapat diikuti oleh yang peserta yang telah lulus sekolah lanjutan tingkat atas (SMA, SMK, MA) dan memiliki minat untuk memulai usaha di bidang minuman kopi kekinian. Tingkat kesulitan pelatihan ini adalah tingkat pemula/tingkat dasar.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu menbuat rancangan modal usaha kopi minimal paket barang dan peralatan, mampu membuat seragam bagi karyawan minimal penempatan logo dan kualitas bahan, mampu membersihkan dan merapihkan minimal area bar dan perlengkapan bar, mampu mengoprasikan peralatan kopi minimal kopi tubruk dan V60, mampu membuat dalam merancang menu untuk kebutuhan pasar minimal latte art dan membuat capucino, mampu melaksanakan prosedur kesehatan keselamatan keamanan minimal perlengkapan dan peralatan kesehatan keselamatan keamanan kerja, mampu menangani situasi konflik minimal cara menanggapi komplain pelanggan, mampu membuat laporan keuangan minimal laporan laba rugi.

Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Memahami dalam merencanakan dan mengoperasikan coffee shop meliputi: pengetahuanjenis-jenis kopiinfo kebutuhan kopi nasional dan kebutuhan modal dengan contoh paket barang dan peralatan.
2. Memahami dalam merencanakan kebutuhan seragam karyawan meliputi: warna dan karakter, penempatan logo dan identitas, menentukan model, kualitas bahan dan jasa konveksi seragam.
3. Membersihkan dan merapikan area bar meliputi: membersihkan area bar dan membersihkan perlengkapan bar.
4. Mengoperasikan bar meliputi: menyajikan minuman kopi tubruk, menyajikan minuman kopi tubruk susu, menyajikan minuman kopi dengan alat french press, menyajikan minuman kopi alat V60, menyajikan minuman kopi alat espresso dengan mokapot, menyajikan minuman kopi americano dan menyajikan minuman kopi es kopi susu kekinian.
5. Membuat dalam merancang menu untuk memenuhi kebutuhan pasar meliputi: pengantar latte art, sejarah latte art dan macam-macam latte art, teknik pembuatan latte art dan teknik membuat capucino.
6. Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja meliputi: pengertian kesehatan dan keselamatan kerja, dasar hukum kesehatan, sasaran keselamatan kerja
keadaan darurat, pencegahan kecelakaan kerja, perlengkapan & peralatan keselamatan kerja, menangani situasi darurat dan standart presentasi personal.
7. Menaati prosedur menangani situasi konflik meliputi: cara menanggapi komplain pelanggan dan cara meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
8. Mempersiapkan laporan keuangan meliputi: pengertian menurut PSAK no 1 tahun 2015 dan langkah membuat laporan keuangan bagi pemula, membuat laporan keuangan dan laporan laba rugi.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Memahami dalam merencanakan dan mengoperasikan coffee shop (mengacu pada: modul pengetahuan dan jenis-jenis kopi), memahami dalam merencanakan kebutuhan seragam karyawan (mengacu pada modul: menentukan model).

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Membersihkan dan merapikan area bar, (mengacu pada modul: membersihkan area kerja), mengoperasikan bar, (mengacu pada modul: menyajikan minuman kopi tubruk dan menyajikan minuman kopi alat V60), membuat dalam merancangkan menu untuk memenuhi kebutuhan pasar (mengacu pada modul: teknik pembuatan latte art dan teknik membuat capucino), mempersiapkan laporan keuangan (mengacu pada modul: membuat laporan keuangan dan laporan rugi laba).

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja (mengacu pada modul: pencegahan kecelakaan kerja dan menangani situasi darurat), menaati prosedur menangani situasi konflik (mengacu pada modul: cara menanggapi komplain pelanggan).

Kelompok Sasaran
1. Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang telah lulus sekolah lanjutan tingkat atas (SMA, SMK, MA)
2. Memiliki gawai (gadget) dan mampu menggunakan komputer dan telepon cerdas (smartphone). 
3. Memiliki pengetahuan tentang aplikasi Microsoft Office.
4. Tingkat kesulitan pelatihan ini adalah tingkat pemula/tingkat dasar.

Durasi Per Sesi
1. Merencanakan  dan Mengoperasikan Coffee Shop : 81 Menit
2. Merencanakan Kebutuhan Seragam Karyawan : 21 Menit
3. Membersihkan dan Merapikan Area Bar : 31 Menit
4. Mengoperasikan Bar : 84 menit
5. Merancang Menu Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar : 75 Menit
6. Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja : 31 Menit
7. Menangani Situasi Konflik : 35 Menit
8. Mempersiapkan Laporan Keuangan : 39 Menit

Total Durasi
397 Menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Profil Pengajar
Ade Hilman Susanto
Sebagai Manager Operasional the Bencoolen Coffee, memiliki banyak pengalaman dalam melakukan pengawasan atau kontrol terhadap kinerja di kedai kopi pusat maupun cabang kedai kopi the Bencoolen Coffee dan pernah mempunyai pengalaman sebagai Barista dan Bartender dengan pengalaman lebih dari delapan tahun, antara lain membagikan pengetahuan melalui kelas, juri lomba dan pelatihan untuk barista cabang kedai kopi the Bencoolen Coffee.

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Kamis (Pukul 11.00 – 12.00)

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Kontak Lembaga Pelatihan
Email : cs.bencoolencoffee@gmail.com
WhatsApp : 089630751495

Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(3 Rating)

0

0

0

0

0

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo pijarmahir

©2020-2021 Pijar Mahir. All Right Reserved