Webinar
•Aktivitas Administrasi untuk Staf Administrasi Kantor
Oleh: Satu Edukasi Cerdas
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan - Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
Pada pelatihan daring aktivitas administrasi untuk staf administrasi kantor ini, peserta akan mempelajari pengertian aktivitas administrasi, cara menerima dan mengirim dokumen, cara memproduksi dokumen, teknik komunikasi melalui telepon, berkomunikasi dengan kolega dan cara menggunakan aplikasi komputer untuk membuat dokumen.
Peserta akan mengimplementasikan materi yang telah dipelajari melalui tugas mandiri dan uji keterampilan seperti mengirim email ke klien, memproduksi dokumen referensi, menerapkan teknik komunikasi melalui telepon, menerapkan teknik komunikasi dengan kolega dan membuat dokumen company profile.
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat melakukan aktivitas penerimaan dan pengiriman dokumen, memproduksi dokumen, melakukan teknik komunikasi melalui telepon, menerapkan teknik komunikasi lisan dengan kolega dan menggunakan aplikasi komputer untuk memproduksi dokumen sehingga dapat menjadi bekal bagi peserta untuk menjadi seorang staf administrasi kantor yang kompeten.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu menyusun struktur dan elemen dokumen (B) untuk memproduksi dokumen dengan komputer (C) dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri (D).
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
1. Peserta mampu melakukan aktivitas penerimaan dan pengiriman dokumen
2. Peserta mampu memproduksi dokumen
3. Peserta mampu melakukan teknik komunikasi melalui telepon
4. Peserta mampu melakukan teknik komunikasi lisan dengan kolega
5. Peserta mampu menggunakan aplikasi komputer untuk memproduksi dokumen
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Pengertian aktivitas administrasi
Tujuan Aktivitas Administrasi dalam Perusahaan
Jenis Aktivitas Administrasi
Pengertian Menerima dan Mengirim Dokumen
Tujuan Menerima dan Mengirim Dokumen dengan Baik
Elemen dalam Proses Penerimaan dan Pengiriman Dokumen
Langkah Menerima dan Mengirim Dokumen
Jenis Media Mengirim Dokumen
Pengertian Memproduksi Dokumen
Fungsi Dari Memproduksi Dokumen
Jenis-Jenis Dokumen
Elemen Dalam Memproduksi Dokumen
Teknik Memproduksi Dokumen
Cara Yang Benar Dalam Memproduksi Dokumen
Pengertian Komunikasi Melalui Telepon
Fungsi Komunikasi Melalui Telepon
Tujuan Komunikasi Melalui Telepon
Elemen Dalam Komunikasi Melalui Telepon
Cara Yang Benar Dalam Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
Teknik Dalam Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
Pengertian Komunikasi Lisan Dengan Kolega/ Pelanggan
Fungsi Komunikasi Lisan Dengan Kolega/ Pelanggan
Teknik Komunikasi Lisan
Pengertian Memproduksi Dokumen dengan Komputer
Tujuan Memproduksi Dokumen dengan Komputer
Komponen Memproduksi Dokumen dengan Komputer
Contoh Aplikasi untuk Memproduksi Dokumen
Tahapan Memproduksi Dokumen dengan Komputer
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Melakukan administrasi pengiriman dan penerimaan dokumen dengan tepat
Memproduksi dokumen
Melakukan penyelesaian dari permasalahan yang disajikan
Mengimplementasikan teknik komunikasi dengan kolega
Mendemonstrasikan teknik komunikasi melalui telepon
Menerapkan cara dan teknik penggunaan aplikasi komputer untuk membuat dokumen
Menganalisa permasalahan yang disajikan dengan argumen yang jelas dan analitis
Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Detail dalam memproduksi dokumen
Percaya diri dalam berkomunikasi dengan kolega
Tepat dalam menerapkan teknik komunikasi melalui telepon
Memiliki sikap antusias saat berkomunikasi dengan kolega
Cermat dalam menggunakan aplikasi komputer untuk membuat dokumen
Teliti dalam mengerjakan administrasi penerimaan dan pengiriman dokumen.
Bersikap informatif saat melakukan aktivitas administrasi dengan kolega
Mengadopsi sikap analitis dalam mengerjakan proses pembuatan dokumen
Tepat menyampaikan pesan saat berkomunikasi dengan kolega
Kelompok Sasaran
1. Peserta memiliki latar belakang SD atau setara.
2. Minat peserta tertuju pada pengelolaan dan administrasi payroll
3. Peserta dilengkapi dengan smartphone, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet secara memadai.
4. Peserta diharapkan memiliki akun Zoom atau Google Meet untuk mengikuti sesi pelatihan.
Durasi Per Sesi
1. Pengertian Aktivitas Administrasi dan Langkah Menerima dan Mengirim Dokumen: 180 menit
2. Langkah Memproduksi Dokumen: 180 menit
3. Melakukan Komunikasi Melalui Telepon: 180 menit
4. Melakukan Komunikasi Lisan dengan Kolega: 180 menit
5. Dasar Memproduksi Dokumen di Komputer: 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
150 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Peserta akan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dengan memproduksi dengan komputer sebuah dokumen company profile sebuah perusahaan teknologi di Indonesia yang memiliki struktur dan elemen dokumen yang tepat.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat :
- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.
- Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Profil Pengajar
Paska Maria adalah seorang profesional yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang administrasi, sekretariat dan operasional di perusahaan nasional dan multinasional terbesar di Indonesia seperti Japfa, BCA dan ACA.
Tata cara reedem code untuk peserta Prakerja :
1. Peserta wajib melakukan redeem code untuk mengikuti pelatihan dan mendapat insentif Prakerja.
2. Redeem code bisa dilakukan paling cepat 1 jam sebelum pelatihan berjalan, dan paling lambat 1 jam setelah pelatihan jadwal hari ke 1 berjalan
Cara redeem Pelatihan Daring/Online di Pijar Mahir :
- Klik Kursus Saya
- Klik Kursus online
- Kemudian pilih kursus yang kode redeemnya akan diredeem
- Kemudian klik "mulai kursus", lalu masukan kode redeem prakerja dan klik "redeem kursus
Kontak Lembaga Pelatihan
+62 813-9436-0363
Email: satuedukasi.cerdas@gmail.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.5
/5
(4 Rating)
0
0
0
0
0