Webinar
Bahasa Inggris Bagi Sekretaris Bisnis
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda Daring
Judul Pelatihan: Bahasa Inggris Bagi Sekretaris Bisnis
Rujukan Okupasi: No. 27 KBJI 4120 Secretary (General) Pada Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020:
Gambaran Pelatihan
Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Sekretaris Bisnis memiliki tujuan mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dasar mengenai memberi salam dan perkenalan, menjelaskan profil institusi, menerima dan melakukan panggilan telepon, menyambut tamu, menangani keluhan serta membekali peserta dengan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris yang diperlukan dalam konteks pekerjaan sebagai sekretaris bisnis.
Kompetensi yang Dilatih
Melalui pelatihan ini, peserta dibekali tiga aspek kompetensi, yaitu pengetahuan (kognitif), sikap kerja (afektif), dan keterampilan (psikomotor). Setiap aspek memiliki fokus tertentu, seperti penggunaan kalimat sapaan dan perkenalan diri, pentingnya kemampuan formal dan informal dalam berkomunikasi, etika bertelepon, penyambutan tamu, dan penanganan keluhan.
Urutan Pembelajaran per sesi :
Sesi 1: Greetings and introductions
Sesi 2: Describing the institution profile
Sesi 3: Receive and making telephone calls
Sesi 4: Welcoming visitor
Sesi 5: Handling complain
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu melakukan tugas dan peran seorang Sekretaris yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan orang lain atau pelanggan dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar minimal 60 persen penguasaan materi pada unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta mampu:
Memberi salam / greetings
Memberikan penjelasan tentang institusi/ describing the institution profile
Menerima dan melakukan panggilan telepon /receive and making telephone calls
Menyambut tamu/ welcoming visitor
Menangani keluhan/ handling complain
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Kalimat formal dan tidak formal
Sapaan formal dan tidak formal
informasi kegiatan institusi,
kebutuhan pelanggan
standar Institusi
Data, sarana dan informasi yang lengkap
Etika bertelepon
Ungkapan dalam bertelepon
Etiket berkomunikasi
Bahasa dalam penyambutan tamu
Penggunaan bahasa
Pemahaman masalah
Penanganan keluhan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Menyapa seseorang secara formal
Menyapa seseorang secara tidak formal
Menjelaskan kegiatan institusi baik jasa maupun barang
Melakukan komunikasi dua arah
Mendapatkan umpan balik
Paham yang diucapkan oleh lawan bicara
Komunikasi aktif
Melakukan komunikasi dua arah sesuai dengan konteks tempat dan waktu
Menyapa dengan sopan dan berpenampilan menarik
Memberikan informasi yang dibutuhkan tamu sesuai dengan kondisi perusahaan
Mengidentifikasi keluhan yang dihadapi
Mengidentifikasi masalah dari orang yang membuat keluhan
Meminta maaf
Menjanjikan solusi
Menanyakan informasi lengkap untuk membantu menyelesaikan masalah
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Penyampaian salam menurut konteks tempat dan waktu
Sikap sopan
Pemilihan kata kata, ungkapan dan kalimat dan tata bahasa yang tepat
Bahasa formal
Memberikan informasi kepada pelanggan sesuai Standar Institusi (SOP)
Cakap dalam bertelepon
Respon yang cepat tanggap
Bahasa yang sopan
Bahasa yang sopan
Bersikap aktif
Bahasa tubuh yang tepat
Berkomunikasi dengan baik dan benar
Penanganan keluhan yang terampil
Sikap yang baik dan sopan
Syarat dan pendidikan lainnya
Pemilik / Pengguna Akun Prakerja
Pendidikan minimal SMP / SMA / SMK / Sederajat
Laki – laki / Perempuan
Memiliki koneksi internet
Memiliki perangkat komputer atau laptop
Memiliki mobile phone dengan aplikasi sosial media
Program pelatihan ini diperuntukkan bagi peserta yang ingin memperdalam bidang Bahasa Inggris Sekreatris Bisnis maupun sekretaris yang ingin meningkatkan skill dan pengetahuannya dibidang Bahasa Inggris Sekretaris Bisnis.
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
100 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Unjuk keterampilan kerja ini harus dikumpulkan dalam waktu maksimal 3 hari setelah instruksi diberikan. Peserta diminta memilih salah satu skenario kasus komplain dari customer. Peserta harus memberikan solusi kepada customer tsb. dengan menyusun kalimat percakapan telepon berdasarkan scenario yang dipilih sesuai teori yang telah diberikan.Penilaian akan dilakukan berdasarkan empat kriteria:
Ketepatan dalam menangani keluhan yang terjadi (25%)
Mampu membuat naskah percakapan (25%)
Kesesuaian grammar (25%)
Kesesuaian kosa kata (25%)
Batas waktu pengumpulan tugas adalah 3 hari setelah diterimanya tugas oleh peserta, dengan hasil rekaman percakapan wajib dikumpulkan / diuplod di LMS Pijar Mahir
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Zia Kemala, S.S., M.Pd, Sarjana Sastra Inggris dan Magister Bahasa Inggris dari Universitas Pendidikan Indonesia. Pengalaman kerja sebagai pendidik di STIEPAR YAPARI Bandung dan Telkom University, Melatih dosen-dosen di Fakultas Rekayasa Industri dan USA ID, Staff Administrasi di PT Cahaya Pendidikan Internasional dan Yayasan BNP Bandung, Sekretaris UPT Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Sekretaris CDC di Kampus STIEPAR YAPARI.
Rizki Widiastuti, M.Pd , pendidikan Sarjana dan Pasca Sarjana Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Indonesia,
Pengalaman mengajar lebih dari 15 tahun, dan bekerja di kursus bahasa Inggris Harvard English Course, LBPP LIA, dan The British Institute (TBI), Pusat Bahasa (Telkom University Language Center}. Sebagai dosen di ITHB (Akuntansi dan Manajemen) dan Telkom University (Fashion Design dan Product Design). Berpengalaman sebagai resepsionis di LBPP LIA Buah Batu dan instruktur Bahasa untuk TKI yang akan dikirim ke Jepang.
Kontak Lembaga Pelatihan
08121706337 / 081217357005
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000