Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Bahasa Inggris Bagi Sekretaris Bisnis

Webinar

Bahasa Inggris Bagi Sekretaris Bisnis

Oleh: LPK Indobank

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
44 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMP

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini menggunakan moda Daring

Judul Pelatihan: Bahasa Inggris Bagi Sekretaris Bisnis

Rujukan Okupasi: No. 27 KBJI 4120 Secretary (General) Pada Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020:

Gambaran Pelatihan

Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Sekretaris Bisnis memiliki tujuan mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dasar mengenai memberi salam dan perkenalan, menjelaskan profil institusi, menerima dan melakukan panggilan telepon, menyambut tamu, menangani keluhan serta membekali peserta dengan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris yang diperlukan dalam konteks pekerjaan sebagai sekretaris bisnis.

Kompetensi yang Dilatih

Melalui pelatihan ini, peserta dibekali tiga aspek kompetensi, yaitu pengetahuan (kognitif), sikap kerja (afektif), dan keterampilan (psikomotor). Setiap aspek memiliki fokus tertentu, seperti penggunaan kalimat sapaan dan perkenalan diri, pentingnya kemampuan formal dan informal dalam berkomunikasi, etika bertelepon, penyambutan tamu, dan penanganan keluhan.

Urutan Pembelajaran per sesi :

Sesi 1: Greetings and introductions

Sesi 2: Describing the institution profile

Sesi 3: Receive and making telephone calls

Sesi 4: Welcoming visitor

Sesi 5: Handling complain


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu melakukan tugas dan peran seorang Sekretaris yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan orang lain atau pelanggan dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar minimal 60 persen penguasaan materi pada unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan

Peserta mampu:

Memberi salam / greetings

Memberikan penjelasan tentang institusi/ describing the institution profile

Menerima dan melakukan panggilan telepon /receive and making telephone calls

Menyambut tamu/ welcoming visitor

Menangani keluhan/ handling complain


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Kalimat formal dan tidak formal

Sapaan formal dan tidak formal

informasi kegiatan institusi, 

kebutuhan pelanggan 

standar Institusi

Data, sarana dan informasi yang lengkap

Etika bertelepon

Ungkapan dalam bertelepon  

Etiket berkomunikasi

Bahasa dalam penyambutan tamu

Penggunaan bahasa

Pemahaman masalah

Penanganan keluhan


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Menyapa seseorang secara formal

Menyapa seseorang secara tidak formal

Menjelaskan kegiatan institusi baik jasa maupun barang

Melakukan komunikasi dua arah

Mendapatkan umpan balik

Paham yang diucapkan oleh lawan bicara

Komunikasi aktif

Melakukan komunikasi dua arah sesuai dengan konteks tempat dan waktu

Menyapa dengan sopan dan berpenampilan menarik

Memberikan informasi yang dibutuhkan tamu sesuai dengan kondisi perusahaan

Mengidentifikasi keluhan yang dihadapi

Mengidentifikasi masalah dari orang yang membuat keluhan

Meminta maaf

Menjanjikan solusi

Menanyakan informasi lengkap untuk membantu menyelesaikan masalah


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Penyampaian salam menurut konteks tempat dan waktu

Sikap sopan

Pemilihan kata kata, ungkapan dan kalimat dan tata bahasa yang tepat

Bahasa formal 

Memberikan informasi kepada pelanggan sesuai Standar Institusi (SOP)

Cakap dalam bertelepon

Respon yang cepat tanggap

Bahasa yang sopan

Bahasa yang sopan

Bersikap  aktif

Bahasa tubuh yang tepat

Berkomunikasi  dengan baik dan benar

Penanganan keluhan yang terampil

Sikap yang baik dan sopan


Syarat dan pendidikan lainnya

Pemilik / Pengguna Akun Prakerja

Pendidikan minimal SMP / SMA / SMK / Sederajat

Laki – laki / Perempuan

Memiliki koneksi internet

Memiliki perangkat komputer atau laptop

Memiliki mobile phone dengan aplikasi sosial media

Program pelatihan ini diperuntukkan bagi peserta yang ingin memperdalam bidang Bahasa Inggris Sekreatris Bisnis maupun sekretaris yang ingin meningkatkan skill dan pengetahuannya dibidang Bahasa Inggris Sekretaris Bisnis.


Total Durasi

900 Menit


Kapasitas Peserta

100 Peserta


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test

2. Quiz

3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Unjuk keterampilan kerja ini harus dikumpulkan dalam waktu maksimal 3 hari setelah instruksi diberikan. Peserta diminta memilih salah satu skenario kasus komplain dari customer. Peserta harus memberikan solusi kepada customer tsb. dengan menyusun kalimat percakapan telepon berdasarkan scenario yang dipilih sesuai teori yang telah diberikan.
Penilaian akan dilakukan berdasarkan empat kriteria:
Ketepatan dalam menangani keluhan yang terjadi (25%)
Mampu membuat naskah percakapan (25%)
Kesesuaian grammar (25%)
Kesesuaian kosa kata (25%)
Batas waktu pengumpulan tugas adalah 3 hari setelah diterimanya tugas oleh peserta, dengan hasil rekaman percakapan wajib dikumpulkan / diuplod di LMS Pijar Mahir


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar

Zia Kemala, S.S., M.Pd, Sarjana Sastra Inggris dan Magister Bahasa Inggris dari Universitas Pendidikan Indonesia. Pengalaman kerja sebagai pendidik di STIEPAR YAPARI Bandung dan Telkom University, Melatih dosen-dosen di Fakultas Rekayasa Industri dan USA ID, Staff Administrasi di PT Cahaya Pendidikan Internasional dan Yayasan BNP Bandung, Sekretaris UPT Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Sekretaris CDC di Kampus STIEPAR YAPARI.

Rizki Widiastuti, M.Pd , pendidikan Sarjana dan Pasca Sarjana Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Indonesia,
Pengalaman mengajar lebih dari 15 tahun, dan bekerja di kursus bahasa Inggris Harvard English Course, LBPP LIA, dan The British Institute (TBI), Pusat Bahasa (Telkom University Language Center}. Sebagai dosen di ITHB (Akuntansi dan Manajemen) dan Telkom University (Fashion Design dan Product Design). Berpengalaman sebagai resepsionis di LBPP LIA Buah Batu dan instruktur Bahasa untuk TKI yang akan dikirim ke Jepang.


Kontak Lembaga Pelatihan

08121706337 / 081217357005




Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000