Belajar Animasi untuk Membuat Aset Gambar 2D Puppeter (Cut Out Animation) dan Menguji Coba Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging) menggunakan Software Moho bagi Animator
Webinar
Belajar Animasi untuk Membuat Aset Gambar 2D Puppeter (Cut Out Animation) dan Menguji Coba Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging) menggunakan Software Moho bagi Animator
Oleh: Kelas Personalia
Pelatihan di Kelas Personalia
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Saat ini industri kreatif menjadi penopang pertumbuhan
ekonomi nasional. Indonesia hanya memiliki 120 studio
animasi dengan 5771 tenaga kreatif Animator. Indonesia
masih sangat membutuhkan tenaga kerja Animator.
Dengan mengikuti Pelatihan Belajar Animasi untuk
Membuat Aset Gambar 2D Puppeter (Cut Out Animation)
dan Menguji Coba Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging)
menggunakan Software Moho bagi Animator, Peserta
mampu memiliki keahlian yang spesifik, terlatih dan terdidik
sebagai Animator.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu Membuat Aset Gambar 2D Puppeter (Cut Out Animation) dan Menguji Coba Sistem
Mekanika Gerak Digital (Rigging) menggunakan Software Moho dengan menunjukkan minimal 60 persen
penguasaan materi pada saat praktik mandiri unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta mampu :
• Membuat komponen puppeter (Sesi 2)
• Mengidentifikasi sistem controller (Sesi 3)
• Melakukan pengujian sistem mekanika gerak objek/karakter dan Memahami sikap kerja sebagai Animator (Sesi 4)
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Memahami Prinsip dasar seni
(estetika), desain dan komposisi
2. Memahami Prinsip dasar
membaca exposure sheet/ dope
sheet/ time sheet
3. Memahami Prinsip dasar
membaca skenario/script
4. Memahami Prinsip dasar
menganalisis model sheet dan
character sheet
5. Memahami Prinsip dasar
membaca papan cerita
(storyboard) dan layout
6. Memahami Prinsip dasar sistem
kerja mekanika digital
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Memahami Prinsip dasar sistem
kerja mekanika digital
2. Mampu membuat Proporsi
penggambar yang baik dengan
konsistensi bentuk dan volume,
organik dan non organik
3. Mampu membuat
Penggambaran kontinuitas yang
baik
4. Mampu Menggambar sesuai
model sheet dan character sheet
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Cermat, cekatan dan konsisten
2. Disiplin dan bertanggung jawab
3. Mampu berkomunikasi yang baik
4. Taat terhadap instruksi kerja
5. Kooperatif dalam bekerja
Kelompok Sasaran
- Minimal Usia 18 - 45 Tahun
• Laptop atau PC
• Program AMD ryzen 5 3600, hd 1 tb, vga nvidia gtx 1050 ram 16 gb
• Program Moho pro 13.5.5, adobe premiere pro 2022 atau cupcut (gratis), adobe afte FX cc 2022, blender 3.2.2
• Program Clip studio EX 1.12 atau photoshop cc 2022
• Akses Internet
• Akun di Learning Management System (LMS) https://kelaspersonalia.id/
Durasi Per Sesi
Sesi Pembuka : 20 menit
Hari ke 1. 18.00 - 19.00 WIB : 60 menit
• Mengidentifikasi Kebutuhan
gambar asset karakter/properti
sesuai dengan production
design
Hari ke 1. 19:00 - 20.00 WIB : 60 menit
• Mengidentifikasi Hierarki
komponen sesuai struktur
desain karakter serta jumlah
pecahan struktur gambar aset
Hari ke 1. 20:00 - 21.00 WIB : 60 menit
• Mengidentifikasi Jumlah pilihan
komponen sesuai desain
struktur mekanika (rigging)
Hari ke 2
18.00 - 19.00 WIB : 60 menit
• Memilah (memisah) Komponen
sesuai jumlah element yang
ingin digerakkan
19:00 - 20.00 WIB : 60 menit
• Penamaan Setiap komponen
pisahan (layer) sesuai urutan
hierarki penamaan
20:00 - 21.00 WIB : 60 menit
• Penamaan komponen pupetter
dibuat sesuai prosedur
penamaan
Hari ke 3
18.00 - 19.00 WIB : menit
• Mengidentifikasi Mekanika
objek/karakter sesuai
shot/scene/sequences storyboard terpilih
19:00 - 20.00 WIB : 60 menit
• Mengidentifikasi Struktur
mekanika objek/karakter
sesuai dengan personaliti
gerak karakter terpilih
20:00 - 21.00 WIB : 60 menit
• Mengidentifikasi Fungsi setiap
controller sesuai kebutuhan
pergerakan
Hari ke 4
18.00 - 19.00 WIB : 60 menit
• Menguji coba Fungsi controller
FK/IK sesuai karakteristik
objek/benda/karakter nya.
19:00 - 20.00 WIB : 60 menit
• Menguji coba Fungsi
sumbu/rotasi/gimbal
sesuai area pergerakan
objek/benda/karakter nya
20:00 - 21.00 WIB : 60 menit
• Menguji coba Struktur hierarki
mekanika gerak sesuai
rancangan gerak
benda/objek/karakter terpilih
Hari ke 5
18.00 - 19.00 WIB : 60 menit
• Menguji coba Pengaruh
permukaan
objek/benda/karakter terhadap
sistem mekanika gerak sesuai
dengan rancangan
benda/objek/karakter terpilih.
19:00 - 20.00 WIB : 60 menit
• Menguji coba Save file dan
upload file hasil gerak sesuai
pipeline kerja produksi
20:00 - 21.00 WIB : 60 menit
• Memahami sikap kerja Cermat,
cekatan dan konsisten, Disiplin
dan bertanggung jawab, Mampu
berkomunikasi yang baik, Taat
terhadap instruksi kerja,
Kooperatif dalam bekerja
Sesi Penutup : 20 menit
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
50
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
Bulan Februari 2023 :
06-02-2023 s.d. 10-02-2023, 13-02-2023 s.d. 17-02-2023, 20-02-2023 s.d. 24-02-2023, 27-02-2023 s.d. 03-03-2023
Bulan Maret 2023 :
06-03-2023 s.d. 10-03-2023, 13-03-2023 s.d. 17-03-2023, 20-03-2023 s.d. 24-03-2023, 27-03-2023 s.d. 31-03-2023
Bulan April 2023 :
03-04-2023 s.d. 07-04-2023, 10-04-2023 s.d. 14-04-2023, 17-04-2023 s.d. 21-04-2023, 24-04-2023 s.d. 28-04-2023
Profil Pengajar
Achmad Arif Rakhman Hakim, S.Sn
- Membuat cerita dan menyesuaikannya dengan gambar
- Membuat grafik dan animasi menggunakan program komputer
- Bertemu dengan klien untuk mendiskusikan permintaannya terkait animasi
- Membuat proyek animasi dan mendiskusikannya dengan tim
- Bekerja dengan tim animator dan seniman untuk membuat efek visual
Cara Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Setelah membuat akun di https://kelaspersonalia.id/, lalu masukkan kode voucher di box (kotak) kode voucher lalu klik submit lalu klik Gambar kelas atau Judul Kelas dan pelatihan segera bisa dimulai
Kontak Lembaga Pelatihan
CS 1 = +62 812-5933-6058
CS 2 = +62 882-0098-59230
Materi Pelatihan
0 Materi
Pilihan Event
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp950.000
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian