Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Animasi untuk Membuat Aset Gambar 2D Puppeter (Cut Out Animation) dan Menguji Coba Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging) menggunakan Software Moho bagi Animator

Webinar

Belajar Animasi untuk Membuat Aset Gambar 2D Puppeter (Cut Out Animation) dan Menguji Coba Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging) menggunakan Software Moho bagi Animator

Oleh: Kelas Personalia

Pelatihan di Kelas Personalia

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Saat ini industri kreatif menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional. Indonesia hanya memiliki 120 studio animasi dengan 5771 tenaga kreatif Animator. Indonesia masih sangat membutuhkan tenaga kerja Animator. Dengan mengikuti Pelatihan Belajar Animasi untuk Membuat Aset Gambar 2D Puppeter (Cut Out Animation) dan Menguji Coba Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging) menggunakan Software Moho bagi Animator, Peserta mampu memiliki keahlian yang spesifik, terlatih dan terdidik sebagai Animator.


Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu Membuat Aset Gambar 2D Puppeter (Cut Out Animation) dan Menguji Coba Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging) menggunakan Software Moho dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta mampu :

• Mengidentifikasi kebutuhan aset pada karakter/properti 2D cut out animation. (Sesi 1)

• Membuat komponen puppeter (Sesi 2)

• Mengidentifikasi sistem controller (Sesi 3)

• Melakukan pengujian sistem mekanika gerak objek/karakter dan Memahami sikap kerja sebagai Animator (Sesi 4)


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Memahami Prinsip dasar seni (estetika), desain dan komposisi
2. Memahami Prinsip dasar membaca exposure sheet/ dope sheet/ time sheet
3. Memahami Prinsip dasar membaca skenario/script
4. Memahami Prinsip dasar menganalisis model sheet dan character sheet
5. Memahami Prinsip dasar membaca papan cerita (storyboard) dan layout
6. Memahami Prinsip dasar sistem kerja mekanika digital


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Memahami Prinsip dasar sistem kerja mekanika digital
2. Mampu membuat Proporsi penggambar yang baik dengan konsistensi bentuk dan volume, organik dan non organik
3. Mampu membuat Penggambaran kontinuitas yang baik
4. Mampu Menggambar sesuai model sheet dan character sheet


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Cermat, cekatan dan konsisten
2. Disiplin dan bertanggung jawab
3. Mampu berkomunikasi yang baik
4. Taat terhadap instruksi kerja
5. Kooperatif dalam bekerja


Kelompok Sasaran
- Minimal Usia 18 - 45 Tahun
• Laptop atau PC

• Program AMD ryzen 5 3600, hd 1 tb, vga nvidia gtx 1050 ram 16 gb

• Program Moho pro 13.5.5, adobe premiere pro 2022 atau cupcut (gratis), adobe afte FX cc 2022, blender 3.2.2

• Program Clip studio EX 1.12 atau photoshop cc 2022

• Akses Internet

• Akun di Learning Management System (LMS) https://kelaspersonalia.id/


Durasi Per Sesi
Sesi Pembuka : 20 menit
Hari ke 1. 18.00 - 19.00 WIB : 60 menit
• Mengidentifikasi Kebutuhan gambar asset karakter/properti sesuai dengan production design
Hari ke 1. 19:00 - 20.00 WIB : 60 menit
• Mengidentifikasi Hierarki komponen sesuai struktur desain karakter serta jumlah pecahan struktur gambar aset
Hari ke 1. 20:00 - 21.00 WIB : 60 menit
• Mengidentifikasi Jumlah pilihan komponen sesuai desain struktur mekanika (rigging)

Hari ke 2
18.00 - 19.00 WIB : 60 menit
• Memilah (memisah) Komponen sesuai jumlah element yang ingin digerakkan
19:00 - 20.00 WIB : 60 menit
• Penamaan Setiap komponen pisahan (layer) sesuai urutan hierarki penamaan
20:00 - 21.00 WIB : 60 menit
• Penamaan komponen pupetter dibuat sesuai prosedur penamaan

Hari ke 3
18.00 - 19.00 WIB :  menit
• Mengidentifikasi Mekanika objek/karakter sesuai shot/scene/sequences storyboard terpilih
19:00 - 20.00 WIB : 60 menit
• Mengidentifikasi Struktur mekanika objek/karakter sesuai dengan personaliti gerak karakter terpilih
20:00 - 21.00 WIB : 60 menit
• Mengidentifikasi Fungsi setiap controller sesuai kebutuhan pergerakan

Hari ke 4
18.00 - 19.00 WIB : 60 menit
• Menguji coba Fungsi controller FK/IK sesuai karakteristik objek/benda/karakter nya.
19:00 - 20.00 WIB : 60 menit
• Menguji coba Fungsi sumbu/rotasi/gimbal sesuai area pergerakan objek/benda/karakter nya
20:00 - 21.00 WIB : 60 menit
• Menguji coba Struktur hierarki mekanika gerak sesuai rancangan gerak benda/objek/karakter terpilih

Hari ke 5
18.00 - 19.00 WIB : 60 menit
• Menguji coba Pengaruh permukaan objek/benda/karakter terhadap sistem mekanika gerak sesuai dengan rancangan benda/objek/karakter terpilih.
19:00 - 20.00 WIB : 60 menit
• Menguji coba Save file dan upload file hasil gerak sesuai pipeline kerja produksi
20:00 - 21.00 WIB : 60 menit
• Memahami sikap kerja Cermat, cekatan dan konsisten, Disiplin dan bertanggung jawab, Mampu berkomunikasi yang baik, Taat terhadap instruksi kerja, Kooperatif dalam bekerja
Sesi Penutup : 20 menit


Total Durasi
900 Menit


Kapasitas Peserta
50


Metode Pembelajaran
Daring


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan
Bulan Februari 2023 :
06-02-2023 s.d. 10-02-2023, 13-02-2023 s.d. 17-02-2023, 20-02-2023 s.d. 24-02-2023, 27-02-2023 s.d. 03-03-2023
Bulan Maret 2023 :
06-03-2023 s.d. 10-03-2023, 13-03-2023 s.d. 17-03-2023, 20-03-2023 s.d. 24-03-2023, 27-03-2023 s.d. 31-03-2023
Bulan April 2023 :
03-04-2023 s.d. 07-04-2023, 10-04-2023 s.d. 14-04-2023, 17-04-2023 s.d. 21-04-2023, 24-04-2023 s.d. 28-04-2023


Profil Pengajar
Achmad Arif Rakhman Hakim, S.Sn

aRyU Animation Studio [Owner, Art Director, Animator] Mei 2006 – Sekarang 

- Membuat cerita dan menyesuaikannya dengan gambar 

- Membuat grafik dan animasi menggunakan program komputer 

- Bertemu dengan klien untuk mendiskusikan permintaannya terkait animasi

- Membuat proyek animasi dan mendiskusikannya dengan tim 

- Bekerja dengan tim animator dan seniman untuk membuat efek visual


Cara Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Setelah membuat akun di https://kelaspersonalia.id/, lalu masukkan kode voucher di box (kotak) kode voucher lalu klik submit lalu klik Gambar kelas atau Judul Kelas dan pelatihan segera bisa dimulai


Kontak Lembaga Pelatihan
CS 1 = +62 812-5933-6058 
CS 2 = +62 882-0098-59230


Materi Pelatihan

0 Materi

Pilihan Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp950.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2023 Pijar Mahir. All Right Reserved