Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Kemampuan Pelayanan dan Transaksi Penjualan untuk Menjadi Kasir Retail Modern

Webinar

Belajar Kemampuan Pelayanan dan Transaksi Penjualan untuk Menjadi Kasir Retail Modern

Oleh: Kelas.com .

Pelatihan di Kelas.com .

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Miliki kemampuan dalam menangani pekerjaan kasir retail modern, pelajari ada dalam kelas ini.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan mampu menerapkan pelayanan pelanggan yang baik sesuai dengan prosedur yang berlaku, serta mampu melakukan penanganan transaksi penjualan dengan meminimalkan kerugian sesuai dengan alur/proses yang benar berdasarkan prinsip-prinsip dasar seorang kasir di gerai ritel modern dengan  menunjukkan minimal 80% penguasaan materi saat unjuk keterampilan


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta mampu mengaplikasikan penerapan komunikasi aktif dalam membantu pelanggan berbelanja 

2. Peserta mampu mengembangkan pengetahuan produk untuk kenyamanan berbelanja  

3. Peserta mampu melakukan penjualan produk dan pelayanan ritel 

4. Peserta mampu menerapkan prosedur penanganan terminal penjualan (point of sale)

5. Peserta mampu menerapkan prosedur penyelesaian transaksi pada terminal penjualan (point of sale)

6. Peserta mampu melakukan pencatatan keuangan pada gerai ritel 

7. Peserta mampu menangani ketidakpuasan pelanggan ritel

8. Peserta mampu memberikan pelayanan terbaik untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan ritel

9. Peserta mampu menjalankan prosedur dalam meminimalkan kerugian (loss) pada gerai ritel

10. Peserta mampu mengaplikasikan strategi pencapaian target penjualan pada gerai ritel


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

- Mengimplementasikan teknik komunikasi efektif dan penguasaan tentang pengetahuan produk dalam aktivitas kerja (penjualan) sebagai kasir.

- Melakukan prosedur penggunaan terminal penjualan Point Of Sales (POS)

- Melakukan prosedur penyelesaian penutupan pada terminal penjualan Point Of Sales (POS)

- Melakukan komunikasi efektif untuk menyelesaikan masalah, menyampaikan solusi dan menangani pelanggan sulit dan bermasalah

- Melaksanakan prosedur perhitungan, mengukur dan menimbang persediaan untuk mendukung strategi penjualan agar mencapai target.

     

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

- Memperbaiki kerjasama dengan pihak terkait dan pengetahuan tentang produk untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

- Mengoperasikan terminal penjualan Point Of Sales (POS) dan mesin Electronic Data Capture (EDC)

- Membuat posisi balance pada terminal penjualan POS dan laporan penjualan sederhana.

- Mengaplikasikan keterampilan negosiasi untuk menyelesaikan keluhan, masalah, dan ketidakpuasan pelanggan.

- Melakukan penyesuaian penanganan, instruksi penyimpanan dan prosedur gerai, mencatat item yang hilang dan melaporkan pencurian untuk mendukung strategi penjualan dan peningkatan kinerja.

      

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

- Inisiatif dan proaktif dalam menerapkan sikap ramah dan sopan ketika berkomunikasi dan menginformasikan pengetahuan produk.

- Menjunjung tinggi sifat jujur dan bertanggung jawab saat mengoperasikan terminal penjualan point of sales dengan penuh integritas.

- Mengedepankan sikap jujur dan bertanggung jawab saat ada ketidaksesuaian antara rekapan data dari terminal penjualan dengan jumlah uang tunai dan transaksi non-tunai dengan teliti.

- Menghadapi pelanggan yang berkata-kata kasar, berperilaku mengancam dan kekerasan fisik pada saat menyampaikan keluhan dan kesulitan pelanggan dengan cerdik dan sabar.

- Mengelola informasi terkini yang berhubungan dengan aktivitas perdagangan dan menganalisis peluang untuk mencapai target penjualan dengan penuh tanggungjawab.

     

Kelompok Sasaran

- Peserta memiliki usia minimal 18 tahun ke atas

- Syarat pendidikan minimal peserta mengikuti webinar adalah minimal SMA/SMK sederajat

- Memiliki gawai/ perangkat elektronik untuk mengikuti webinar


Durasi Per Sesi

Hari pertama (Senin) / 18.00-21.00 Aktivitas Sesi Pembukaan dan Berkomunikasi Aktif Dalam Lingkungan Kerja Ritel 180 menit  

Hari kedua (Selasa) / 18.00-21.00 Prosedur Penanganan Terminal Penjualan (Point Of Sale) 180 menit  

Hari ketiga (Rabu) / 18.00-21.00 Penutupan Transaksi pada Terminal Penjualan (Point of Sale) & Pencatatan Keuangan 180 menit  

Hari keempat (Kamis) / 18.00-21.00 Tata Cara Menangani Ketidakpuasan Pelanggan Ritel Sama 180 menit  

Hari kelima (Jum’at) / 18.00-21.00 Meminimalkan Kerugian dan Mendorong Pencapaian Target Penjualan 180 menit  

 

Total Durasi

900 Menit


Kapasitas Peserta

50 Peserta


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test

Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk merancang kebijakan manajemen SDM, yaitu strategi manajemen SDM, kebijakan kinerja berdasarkan KPI, dan kontrak kerja karyawan.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Jadwal Pelatihan
06-02-2023 s.d. 10-02-2023
13-02-2023 s.d. 17-02-2023
20-02-2023 s.d. 24-02-2023
27-02-2023 s.d. 03-03-2023
06-03-2023 s.d. 10-03-2023
13-03-2023 s.d. 17-03-2023
27-03-2023 s.d. 31-03-2023
10-04-2023 s.d. 14-04-2023
17-04-2023 s.d. 21-04-2023
24-04-2023 s.d. 28-04-2023

Profil Pengajar
Tia Monika
Merupakan karyawan swasta retail yang telah berpengalaman sebagai kasir dengan pengalaman kurang lebih 5 tahun. Salah satu perusahaan yang menaungi beliau adalah PT Agro Utama dan PT. Store Indo Star Elektronik

Panduan Redeem Voucher
1. Buka link https://kelas.com/prakerja/catalog

2. Pilih kelas sesuai dengan kode voucher yang kamu beli dari mitra pembelian
3. Kamu akan diarahkan ke halaman Form Aktivasi Kelas Kartu Prakerja (kelas.com/prakerja atau kelas.work/prakerja tergantung dari pelatihan yang kamu pilih)
4. Isi Form Aktivasi Kelas bagi Partisipan PRAKERJA
5. Masukan Kode Voucher yang di kirimkan mitra KELAS.COM melalui halaman transaksi, email atau pun sms
6. Masukan alamat email yang sesuai dengan akun PRAKERJA
7. Pada bagian "Kelas", pilih kelas sesuai dengan yang di beli pada mitra pembelian.
8. Klik tombol "Redeem Voucher"
9. Simpan password yang anda terima setelah melakukan aktivasi kelas
10. Masukan email dan password yang sudah terdaftar di dashboard masuk KELAS.COM.
11. Lengkapi profil anda. Demi kelancaran pelaporan Penyelesaian Kelas, Anda wajib untuk memasukkan informasi nama yang identik (sama persis) dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) anda & nama yang tertera di akun Prakerja anda

Kontak Lembaga Pelatihan
email: support@kelas.zendesk.com 
Whatsapp: 0811-100-606


Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp2.000.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved