Belajar Kemampuan Pelayanan dan Transaksi Penjualan untuk Menjadi Kasir Retail Modern
Webinar
Belajar Kemampuan Pelayanan dan Transaksi Penjualan untuk Menjadi Kasir Retail Modern
Oleh: Kelas.com .
Pelatihan di Kelas.com .
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Miliki kemampuan dalam menangani pekerjaan kasir retail modern, pelajari ada dalam kelas ini.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menerapkan pelayanan pelanggan yang baik sesuai dengan prosedur yang berlaku, serta mampu melakukan penanganan transaksi penjualan dengan meminimalkan kerugian sesuai dengan alur/proses yang benar berdasarkan prinsip-prinsip dasar seorang kasir di gerai ritel modern dengan menunjukkan minimal 80% penguasaan materi saat unjuk keterampilan
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu mengaplikasikan penerapan komunikasi aktif dalam membantu pelanggan berbelanja
2. Peserta mampu mengembangkan pengetahuan produk untuk kenyamanan berbelanja
3. Peserta mampu melakukan penjualan produk dan pelayanan ritel
4. Peserta mampu menerapkan prosedur penanganan terminal penjualan (point of sale)
5. Peserta mampu menerapkan prosedur penyelesaian transaksi pada terminal penjualan (point of sale)
6. Peserta mampu melakukan pencatatan keuangan pada gerai ritel
7. Peserta mampu menangani ketidakpuasan pelanggan ritel
8. Peserta mampu memberikan pelayanan terbaik untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan ritel
9. Peserta mampu menjalankan prosedur dalam meminimalkan kerugian (loss) pada gerai ritel
10. Peserta mampu mengaplikasikan strategi pencapaian target penjualan pada gerai ritel
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Mengimplementasikan teknik komunikasi efektif dan penguasaan tentang pengetahuan produk dalam aktivitas kerja (penjualan) sebagai kasir.
- Melakukan prosedur penggunaan terminal penjualan Point Of Sales (POS)
- Melakukan prosedur penyelesaian penutupan pada terminal penjualan Point Of Sales (POS)
- Melakukan komunikasi efektif untuk menyelesaikan masalah, menyampaikan solusi dan menangani pelanggan sulit dan bermasalah
- Melaksanakan prosedur perhitungan, mengukur dan menimbang persediaan untuk mendukung strategi penjualan agar mencapai target.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Memperbaiki kerjasama dengan pihak terkait dan pengetahuan tentang produk untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.
- Mengoperasikan terminal penjualan Point Of Sales (POS) dan mesin Electronic Data Capture (EDC)
- Membuat posisi balance pada terminal penjualan POS dan laporan penjualan sederhana.
- Mengaplikasikan keterampilan negosiasi untuk menyelesaikan keluhan, masalah, dan ketidakpuasan pelanggan.
- Melakukan penyesuaian penanganan, instruksi penyimpanan dan prosedur gerai, mencatat item yang hilang dan melaporkan pencurian untuk mendukung strategi penjualan dan peningkatan kinerja.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Inisiatif dan proaktif dalam menerapkan sikap ramah dan sopan ketika berkomunikasi dan menginformasikan pengetahuan produk.
- Menjunjung tinggi sifat jujur dan bertanggung jawab saat mengoperasikan terminal penjualan point of sales dengan penuh integritas.
- Mengedepankan sikap jujur dan bertanggung jawab saat ada ketidaksesuaian antara rekapan data dari terminal penjualan dengan jumlah uang tunai dan transaksi non-tunai dengan teliti.
- Menghadapi pelanggan yang berkata-kata kasar, berperilaku mengancam dan kekerasan fisik pada saat menyampaikan keluhan dan kesulitan pelanggan dengan cerdik dan sabar.
- Mengelola informasi terkini yang berhubungan dengan aktivitas perdagangan dan menganalisis peluang untuk mencapai target penjualan dengan penuh tanggungjawab.
Kelompok Sasaran
- Peserta memiliki usia minimal 18 tahun ke atas
- Syarat pendidikan minimal peserta mengikuti webinar adalah minimal SMA/SMK sederajat
- Memiliki gawai/ perangkat elektronik untuk mengikuti webinar
Durasi Per Sesi
Hari pertama (Senin) / 18.00-21.00 Aktivitas Sesi Pembukaan dan Berkomunikasi Aktif Dalam Lingkungan Kerja Ritel 180 menit
Hari kedua (Selasa) / 18.00-21.00 Prosedur Penanganan Terminal Penjualan (Point Of Sale) 180 menit
Hari ketiga (Rabu) / 18.00-21.00 Penutupan Transaksi pada Terminal Penjualan (Point of Sale) & Pencatatan Keuangan 180 menit
Hari keempat (Kamis) / 18.00-21.00 Tata Cara Menangani Ketidakpuasan Pelanggan Ritel Sama 180 menit
Hari kelima (Jum’at) / 18.00-21.00 Meminimalkan Kerugian dan Mendorong Pencapaian Target Penjualan 180 menit
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test 2. Pilih kelas sesuai dengan kode voucher yang kamu beli dari mitra pembelian
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk merancang kebijakan manajemen SDM, yaitu strategi manajemen SDM, kebijakan kinerja berdasarkan KPI, dan kontrak kerja karyawan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
06-02-2023 s.d. 10-02-2023
13-02-2023 s.d. 17-02-2023
20-02-2023 s.d. 24-02-2023
27-02-2023 s.d. 03-03-2023
06-03-2023 s.d. 10-03-2023
13-03-2023 s.d. 17-03-2023
27-03-2023 s.d. 31-03-2023
10-04-2023 s.d. 14-04-2023
17-04-2023 s.d. 21-04-2023
24-04-2023 s.d. 28-04-2023
Profil Pengajar
Tia Monika
Merupakan karyawan swasta retail yang telah berpengalaman sebagai kasir dengan pengalaman kurang lebih 5 tahun. Salah satu perusahaan yang menaungi beliau adalah PT Agro Utama dan PT. Store Indo Star Elektronik
Panduan Redeem Voucher
1. Buka link https://kelas.com/prakerja/catalog
3. Kamu akan diarahkan ke halaman Form Aktivasi Kelas Kartu Prakerja (kelas.com/prakerja atau kelas.work/prakerja tergantung dari pelatihan yang kamu pilih)
4. Isi Form Aktivasi Kelas bagi Partisipan PRAKERJA
5. Masukan Kode Voucher yang di kirimkan mitra KELAS.COM melalui halaman transaksi, email atau pun sms
6. Masukan alamat email yang sesuai dengan akun PRAKERJA
7. Pada bagian "Kelas", pilih kelas sesuai dengan yang di beli pada mitra pembelian.
8. Klik tombol "Redeem Voucher"
9. Simpan password yang anda terima setelah melakukan aktivasi kelas
10. Masukan email dan password yang sudah terdaftar di dashboard masuk KELAS.COM.
11. Lengkapi profil anda. Demi kelancaran pelaporan Penyelesaian Kelas, Anda wajib untuk memasukkan informasi nama yang identik (sama persis) dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) anda & nama yang tertera di akun Prakerja anda
Kontak Lembaga Pelatihan
email: support@kelas.zendesk.com
Whatsapp: 0811-100-606
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp2.000.000