Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Melaksanakan Penanganan Barang untuk Calon Kurir Paket

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Belajar Melaksanakan Penanganan Barang untuk Calon Kurir Paket

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.7(92)
99 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Mengapa program ini penting untuk diikuti? 

Seiring dengan maraknya perkembangan e-commerce di Indonesia, semakin bertumbuh subur pula jasa pengiriman ekspedisi barang atau paket. Hal ini tentunya menyeimbangkan dengan semakin besarnya kebutuhan okupasi kurir, khususnya dalam jasa ekspedisi. Kehadiran kurir yang dahulu dipandang sebelah mata, saat ini menjadi okupasi yang cukup lekat dengan kehidupan sehari-hari. Okupasi kurir saat ini tidak hanya bertanggung jawab terhadap keselamatan dan keamanan paket sampai di tangan penerima, namun mereka juga harus memiliki kompetensi lain sama halnya kemampuan berkomunikasi dan memecahkan masalah ketika menghadapi keluhan dari penerima paket, membaca navigasi pada peta digital. Maka dari itu, semakin terbuka kesempatan bagi para peserta yang ingin berkarier sebagai kurir untuk mengimplementasikan dan mengembangkan kompetensi mereka melalui pelatihan ini.

Apa tujuan dari program ini?

Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah dalam menerapkan dan pengantaran paket untuk kurir. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini dapat bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi peserta yang ingin memulai karier sebagai kurir atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier di bidang tersebut.

Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini? 

Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang pengenalan terkait okupasi kurir paket, penjemputan paket dan/atau barang, melakukan penyortiran barang yang akan diantar, mengidentifikasi resi pengiriman, merencanakan dan mengikuti rute yang paling efisien, mengantar pesanan dan paket ke alamat penerima, menerima pembayaran dan transaksi COD, dan proses retur barang.

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini? 

Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan penanganan dan pengantaran barang atau paket untuk kurir, pengantar barang, atau pengantar paket.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam menerapkan penanganan dan pengantaran paket untuk kurir (SKKNI Pos dan Kurir) sesuai dengan prosedur yang berlaku.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta mampu mengidentifikasi pentingnya okupasi kurir di masa kini, karakteristik macam-macam kurir, peran dan nilai-nilai dalam menjadi kurir dengan tepat

2. Peserta mampu mendefinisikan, tujuan, fungsi sistem pick up serta aspek penting dalam penjemputan paket

3.Peserta mampu menjelaskan langkah- langkah dalam penjemputan paket sesuai dengan prosedur yang berlaku dan dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab, jujur, amanah, disiplin, dan tepat waktu

4. Peserta mampu menguraikan dan menyelesaikan masalah ketika paket gagal dalam penjemputan sesuai dengan prosedur yang berlaku

5. Peserta mampu menentukan karakteristik macam-macam paket dan/atau barang kiriman sesuai dengan ketentuan yang berlaku

6. Peserta mampu mendemonstrasikan penyortiran dan pengemasan barang sesuai dengan prosedur yang berlaku dan dengan menunjukkan sikap teliti, jujur, dan berhati- hati

7. Peserta mampu mendemonstrasikan langkah langkah ketika menemukan barang berbahaya di dalam paket

8. Peserta mampu menentukan definisi, fungsi, dan komponen yang terdapat di resi serta istilah status pengiriman dan pelacakan paket

9. Peserta mampu mendemonstrasikan langkah-langkah dalam membaca nomor resi pengiriman dengan menunjukkan sikap teliti dan cermat

10. Peserta mampu mengimplementasikan prinsip dan moral dalam berkendara


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Pentingnya okupasi kurir bagi jasa ekspedisi di masa kini

2. Karakteristik macam-macam kurir

3. Peran dan nilai-nilai yang diterapkan dalam menjadi kurir


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Menunjukkan pentingnya okupasi kurir di masa kini, karakteristik macam-macam kurir, peran kurir, dan menerapkan nilai-nilai dalam menjadi kurir

2. Menerapkan definisi, tujuan, dan fungsi sistem pick up serta aspek penting yang harus diperhatikan dalam penjemputan paket

3. Melakukan penjemputan paket sesuai dengan prosedur yang berlaku


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Memerhatikan dengan detail konsep dasar okupasi sebagai kurir

2. Memerhatikan dengan detail definisi, tujuan, dan fungsi sistem pick up serta aspek penting dalam penjemputan paket

3. Bertanggungjawab, amanah, jujur, disiplin, dan tepat waktu dalam melakukan penjemputan paket


Kelompok Sasaran

1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK/MA sederajat

2. Peserta yang memiliki ketertarikan pada jasa pengiriman dan ekspedisi

3. Peserta yang memiliki kemampuan dan berlisensi dalam mengendarai kendaraan bermotor

4. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet


Durasi Per Sesi

TOPIK 1: Pengenalan Okupasi Kurir Paket : 27 menit 49 detik

TOPIK 2: Penjemputan Paket dan/atau Barang : 50 menit 43 detik

TOPIK 3: Melakukan Penyortiran Barang yang Akan Diantar : 55 menit 15 detik

TOPIK 4: Resi Pengiriman : 41 menit 41 detik

TOPIK 5: Merencanakan 
dan Mengikuti Rute yang Paling Efisien : 48 menit 21 detik

TOPIK 6: Mengantar Pesanan dan Paket ke Alamat Penerima : 72 menit 55 detik

TOPIK 7: Menerima Pembayaran dan Transaksi COD : 27 menit 18 detik

TOPIK 8: Proses Retur Barang : 38 menit 39 detik


Total Durasi

361 Menit 


Kapasitas Peserta

Unlimited


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih

Jumat pukul 16.00-17.00


Level Pelatihan

Basic / Tingkat Dasar


Metode Pembelajaran

Self Paced Learning: Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah interaktif, peragaan (demonstration), video animasi dan putar video.


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar

Febryan Prabowo

Febryan Prabowo adalah seorang kurir di salah satu perusahaan jasa ekspedisi di Indonesia. Ia sudah berkecimpung di bidang penanganan dan pengantaran paket selama lebih dari 3 tahun. Dalam mengantar paket kepada pelanggan, ia juga mengutamakan sikap jujur, amanah, dan hati-hati dalam memastikan paket sampai dengan selamat ke tangan penerima.


Panduan Redeem Voucher

1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar

2. Registrasikan dirimu

3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu

4. Klik tombol "Tukar Kode"

Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com



Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(92 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp149.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved