Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Melakukan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia untuk Perawat

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Belajar Melakukan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia untuk Perawat

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.8(183)
257 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti?
Saat ini kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan terus meningkat, salah satunya adalah dari seorang perawat. Dalam pelayanan medis, kualitas kompetensi perawat sangat berpengaruh besar dalam mewujudkan perawatan yang prima dan berkualitas serta derajat kesehatan yang optimal. Menurut DepKes RI (2005), tenaga perawat mempunyai kedudukan penting karena pelayanannya berdasarkan pendekatan bio-psiko-sosial-spiritual dan dilaksanakan secara berkesinambungan.
Apa tujuan dari program ini?
Dengan adanya pelatihan ini peserta dapat mengembangkan kompetensinya dalam hal melayani pasien dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur yang berlaku teori pembelajaran yang aplikatif. Seluruh aspek kompetensi seperti pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam program ini akan bermanfaat bagi peserta yang akan berkarir di bidang Keperawatan.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program ini, peserta akan mempelajari prinsip Etika & Etiket dalam Keperawatan, bagaimana menerapkan prinsip infeksi nosokomial, melakukan personal hygiene kepada klien/pasien, melakukan perawatan perineum (vulva hygiene), menyiapkan tempat tidur, mobilisasi pasien dan mengukur tanda-tanda vital. Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?Lapangan kerja yang tersedia untuk bidang Keperawatan ini masih luas karena kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan juga meningkat. Selain di Rumah Sakit, lulusan Perawat juga dapat praktik di Puskesmas, Klinik Kesehatan, Panti Jompo, menjadi Pekerja Sosial Medis, Perawat Pribadi, dan lain-lain.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam melakukan pemenuhan kebutuhan dasar manusia sebagai Perawat dengan standar nasional (SKKNI bidang Keperawatan) dan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan prinsip-prinsip etika-etiket dalam keperawatan.
2. Peserta mampu mengidentifikasi kondisi klien/pasien dan keluarga.
3. Peserta mampu menyusun diagnosis, perencanaan dan implementasinya serta melakukan evaluasi.
4. Peserta mampu melakukan prosedur pendokumentasian keperawatan.
5. Peserta mampu berkomunikasi dengan pasien sesuai dengan etika keperawatan yang berlaku.
6. Peserta mampu menerapkan prinsip-prinsip moral selama berhubungan dengan klien/pasien.
7. Peserta mampu menjelaskan prinsip infeksi nosokomial.
8. Peserta mampu menjelaskan penyebab infeksi, cara penyebaran infeksi serta teknik isolasi klien/pasien.
9. Peserta mampu menjelaskan prinsip aseptik dan antiseptik dan prosedur membersihkan alat-alat perawatan.
10. Peserta mampu membersihkan alat-alat perawatan dan menangani sampah medis.
11. Peserta mampu menjelaskan prosedur personal hygiene kepada klien/pasien.
12. Peserta mampu mencuci rambut pasien, menyikat gigi pasien dan memandikan pasien sesuai prosedur yang berlaku. 
13. Peserta mampu menjelaskan anatomi alat kelamin wanita, prosedur perawatan perineum (vulva hygiene) dan alat-alat yang digunakan.
14. Peserta mampu menjelaskan proses pembersihan vulva dengan dan tanpa kateter urin.
15. Peserta mampu menjelaskan alat-alat yang berhubungan dengan alat tenun dan proses penggantiannya dengan atau tanpa pasien di atasnya.
16. Peserta mampu menjelaskan jenis-jenis mobilisasi pasien dan tata cara melaksanakan perubahan posisi pasien.
17. Peserta mampu menjelaskan struktur dan fisiologi sistem pernafasan, sistem pengaturan suhu serta alat-alat untuk mengukur tanda vital.
18. Peserta mampu mengukur nadi pasien, nafas pasien, suhu pasien, tekanan darah pasien serta mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dengan teliti sesuai prosedur.
19. Peserta mampu menunjukkan sikap sopan, sabar dan respek selama berhubungan dengan klien/pasien.

Aspek Kompetensi:  Pengetahuan (Knowledge)
1. Prinsip-prinsip etika-etiket dalam keperawatan
2. Prosedur mengidentifikasi kondisi klien/pasien
3. Prosedur diagnosis, perencanaan, implementasi dan evaluasi

Aspek Kompetensi:  Keterampilan (Skill)
1. Mengidentifikasi kondisi klien/pasien
2. Menyusun diagnosis, perencanaan, implementasi dan melakukan evaluasi
3. Melakukan pendokumentasian keperawatan

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Bertanggungjawab dan teliti dalam menyusun diagnosis klien/pasien
2. Sabar, sopan, respek dalam berkomunikasi dengan pasien
3. Hati-hati, teliti dan sabar

Kelompok Sasaran
1. Pendidikan minimal SMA
2. Memiliki ponsel/laptop serta memiliki akses internet 
3. Memiliki latar belakang keperawatan atau calon perawat
4. Tenaga Kesehatan

Durasi Per Sesi
Topik 1 : Menerapkan prinsip etika, etiket dalam keperawatan : 78 menit
Topik 2 : Menerapkan prinsip infeksi nosokomial : 66 menit
Topik 3 : Melakukan personal hygiene kepada klien/pasien : 39 menit
Topik 4 : Melakukan perawatan perineum (vulva hygiene) : 38 menit
Topik 5 : Menyiapkan tempat tidur : 37 menit
Topik 6 : Mobilisasi pasien : 25 menit
Topik 7 : Mengukur tanda-tanda vital : 75 menit

Total Durasi
362 Menit

Kapasitas Peserta
500 Peserta

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Selasa 15.00 - 16.00

Level Pelatihan 
Basic / Tingkat Dasar


Mode Penyampaian

Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.


Metode Evaluasi

1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar
Christina Yeni Kustanti
Christina Yeni Kustanti merupakan seorang Perawat Profesional yang telah mengenyam pendidikan bidang Keperawatan di berbagai negara yaitu Indonesia, Australia dan Taiwan. Beliau telah memiliki pengalaman bekerja lebih dari 20 tahun di berbagai Rumah Sakit dan Institusi.

Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat 
menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055
Website Lembaga : https://cakap.com

Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(183 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved