Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Melayani Nasabah Bank Sebagai Teller Bank

Pembelajaran Mandiri

Belajar Melayani Nasabah Bank Sebagai Teller Bank

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.7(70)
108 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti? 
Dalam pelayanan nasabah Bank, seorang Teller memiliki peran yang sangat krusial di mana Ia berhadapan langsung dengan nasabah dan memenuhi kebutuhannya. Sehingga harus ditunjang dengan pelayanan maupun penampilan yang berkualitas setiap saat. Tidak hanya dalam segi pelayanan dan komunikasi dengan nasabah, keterampilan dalam mengelola transaksi pun menjadi suatu hal yang utama. Berdasarkan informasi yang dilansir oleh situs Kementerian Keuangan RI (2013), pertumbuhan bisnis perbankan di Indonesia dinilai cukup pesat mulai dari bank syariah, bank negeri maupun bank rakyat di daerah-daerah, sampai dengan bank swasta. Maka, kebutuhan posisi terdepan dalam pelayanan nasabah akan sejalan dengan meningkatnya perkembangan bisnis.
Apa tujuan dari program ini? 
Dengan adanya pelatihan ini, peserta dapat mengembangkan kompetensinya dalam hal melayani nasabah dengan baik dan benar sesuai prosedur yang berlaku. Seluruh aspek kompetensi seperti pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam program ini akan bermanfaat bagi peserta yang akan berkarir sebagai seorang Teller di Industri Perbankan.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini? 
Dalam program ini, peserta akan mempelajari bagaimana melakukan proses awal hari yang terdiri dari pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab seorang Teller, penampilan, peralatan yang harus disiapkan, persiapan formulir, melakukan berbagai macam transaksi dengan nasabah serta rangkaian prosedur dalam melakukan proses akhir hari.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini? 
Dengan mengikuti program ini, peserta dapat memulai karirnya dan mengaplikasikan apa yang telah dipelajari untuk posisi Teller. Lapangan kerja yang tersedia sebagai Teller di Industri Perbankan masih sangat luas karena perkembangan bisnis perbankan di Indonesia cukup pesat. Maka, posisi ini akan banyak dibutuhkan untuk menunjang pelayanan nasabah yang baik dan berkualitas. Posisi Teller dapat memiliki kesempatan untuk mengembangkan karirnya di posisi seperti Customer Service, Marketing, Analis Kredit dan lain-lain tergantung pada kebijakan bank.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam melakukan pelayanan nasabah sebagai Teller dengan standar nasional (SKKNI Funding and Services) dan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan tugas dan tanggung jawab seorang Teller Bank.
2. Peserta mampu menjelaskan definisi teller, kas, sistem dan prosedur operasional. 
3. Peserta mampu berpenampilan, mengaplikasikan sikap dan perilaku seorang Teller sesuai dengan prosedur yang berlaku. 
4. Peserta mampu menjelaskan peralatan yang harus disiapkan seorang Teller dan peralatan operasional. 
5. Peserta mampu menjaga image perusahaan dan memberikan layanan kepada nasabah sesuai dengan standar Bank.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
1. Tugas dan Tanggung Jawab Teller Bank 
2. Definisi Teller dan Kas 
3. Sistem dan Prosedur Operasional

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menyiapkan Peralatan Teller 
2. Mengaplikasikan Aspek-Aspek untuk Menjaga Image Perusahaan 
3. Memenuhi Kebutuhan Dana Tunai

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Teliti, cermat dan hati-hati dalam mempersiapkan kebutuhan transaksi nasabah pada awal hari maupun dalam proses penutupan kas, pembuatan laporan pada akhir hari. 
2. Disiplin dan direktif dalam mengorganisir pelaksanaan persiapan kebutuhan transaksi nasabah dan pada proses pembuatan laporan akhir
3. Cermat dan objektif dalam melakukan tanggapan pertanyaan nasabah/calon nasabah atas produk/layanan Bank

Kelompok Sasaran
1. Pendidikan minimal SMA/SMK 
2. Memiliki ponsel/laptop serta memiliki akses internet 
3. Memiliki latar belakang bidang keuangan atau pelayanan nasabah tingkat dasar

Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Melakukan Proses Awal Hari 147 menit
TOPIK 2: Melakukan Transaksi Dengan Nasabah 191 menit
TOPIK 3: Melakukan Proses Akhir Hari 62 menit

Total Durasi
404 menit

Kapasitas Peserta
500

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Selasa 08.00 - 09.00

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Mode Penyampaian
Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.

Metode Evaluasi
1. Pre-Test

2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat 
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Profil Pengajar
Meiningsih Puji Rahayu
Meiningsih Puji Rahayu adalah seorang profesional di Industri Perbankan dengan pengalaman bekerja lebih dari 25 tahun. Bidang utama yang beliau geluti adalah bidang Pelayanan Pelanggan, Operational Teller, Communication and Personality, Secretary & Administration dan lain-lain.

Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"

Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055
Website Lembaga : https://cakap.com


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(70 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000