Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Membuat Animasi 3D Menggunakan Blender Untuk Menjadi Animator

Pembelajaran Mandiri

Belajar Membuat Animasi 3D Menggunakan Blender Untuk Menjadi Animator

Oleh: Gamelab Indonesia

Pelatihan di Gamelab Indonesia

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Di era industri 4.0 di mana perkembangan 3D Printing semakin tinggi, maka kebutuhan profesi 3d modeller sangatlah tinggi. Sekarang banyak perusahaan manufaktur modern yang membutuhkan jasa dari profesi di bidang ini. Begitu juga di ranah industri kreatif. Dengan pertumbuhan industri game dan animasi di Indonesia, kebutuhan 3d animator juga semakin tinggi. Dan bahkan untuk mencari pekerja di bidang ini masih terbilang sulit.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan dapat membuat model 3D, mengaplikasikan material 3D dan membuat animasi 3D sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pelanggan minimal satu 1 animasi durasi pendek


Tujuan Khusus Pelatihan

1) Peserta dapat mengoperasikan aplikasi Blender 3D

2) Peserta dapat membuat objek 3D dari dasar

3) Peserta dapat memberi warna dan tulang

4) Peserta dapat mengatur animasi, kamera dan pencahayaan

5) Peserta dapat melakukan export ke berbagai media

6) Peserta memiliki kreatifitas untuk mengembangkan objek 3D

7) Peserta memiliki ketelitian di dalam pengerjaan proyek 3D

8) Peserta memiliki kedisiplinan kerja dengan pelaporan dan tugas praktik


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1) Mengenal aplikasi grafis untuk membuat objek 3 Dimensi

2) Memahami konsep pembuatan objek 3 dimensi dari pemodelan sampai dengan animasi

3) Mengenal aplikasi grafis untuk memberi warna material

4) Memahami konsep material tekstur pada objek 3 dimensi

5) Memahami mekanika gerak dan skinning pada objek 3D

6) Mengenal konsep dan teknik animasi objek 3D

7) Mengerti konsep membuat lekukan dengan bantuan objek lainnya

8) Mengerti konsep keseluruhan tahap membuat model sampai dengan animasi


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1) Dapat menggunakan aplikasi grafis untuk membuat objek 3 Dimensi

2) Dapat memberi warna material dengan aplikasi grafis 2D

3) Dapat membuat material tekstur pada objek 3 dimensi

4) Dapat melakukan mekanika gerak dan skinning pada objek 3D

5) Dapat menggerakan (Animasi) objek 3D 

6) Dapat membuat objek melengkung dengan bantuan objek curve


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1) Kerapian dalam membuat objek 3 dimensi

2) Ketelitian dalam menerapkan langkah Uv map agar menghasilkan material yang mudah dipahami

3) Ketepatan dalam menerapkan skinning objek 3 Dimensi agar gerakan animasinya sesuai dengan pola geraknya

4) Tanggung jawab, yaitu peserta harus mengikuti pelatihan dari awal sampai dengan akhir dengan bukti berupa tugas akhir sesuai dengan studi kasusnya


Kelompok Sasaran

1) Pendidikan minimal SMP

2) Memiliki laptop atau pc

3) Koneksi internet untuk mengakses materi

4) Memasang perangkat lunak Blender 3D 2.9

5) Menguasai gambar perspektif (opsional)


Durasi Per Sesi

Modul 1 Pengantar Pemodelan 3D : 40 menit
Modul 2 Membuat Pemodelan Beruang : 50 menit
Modul 3 Membuat Rantai : 60 menit
Modul 4 Membuat UV Mapping Beruang : 41 menit
Modul 5 Teksturing Beruang (Video)  : 8 menit
Modul 6 Membuat Rigging Beruang  : 40 menit
Modul 7 Membuat Animasi Beruang : 23 menit
Modul 8 Membuat Vas Bunga : 60 menit
Modul 9 Membuat Pesawat : 40 menit


Total Durasi
362 menit

Kapasitas Peserta
Unlimited


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Rabu, 15.00 WIB – 16.00 WIB


Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Metode Pembelajaran

Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek


Metode Evaluasi

1. Pre Test

2. Post Test

3. Formative Test

4. Tugas Praktik


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar

Andi Saputro

Andi Saputro adalah senior trainer d Gamelab Indonesia. Sehari-hari bekerja sebagai lead animator di Educa Studio, perusahaan pengembang game dan animasi. Lebih dari 12 tahun berkarya di bidang seni, animasi dan videografi, Andi Saputro telah berkontribusi di berbagai produk suskes sperti serial animasi Youtube RIRI Cerita Anak Interaktif dan juga game 3D fenomenal Emak-Emak Matic.

Pendidikan :

- Univeristas Kristen Satya Wacana - S1 Teknik Informatika (2005 - 2010)

- SMKN 2 Salatiga - Jurusan Arsitektur ( 2001 - 2004)

Pengalaman Kerja :

- Educa Studio - Lead Animator (2013 – sekarang)

- SMKN 2 Salatiga - Guru Pengajar (2011 - 2013)

- Golden T Studio - 2D Artwork (2008 - 2010)


Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. (lanjutkan langkah selanjutnya untuk redeem voucher di platform LP)
Petunjuk Redeem Voucher Prakerja Gamelab:
1. Buka www.gamelab.id/prakerja
2. Masukkan kode voucher, tekan "Mulai Belajar"
3. Input Nama, Email, Nomor HP, tekan "Kirim Data"
4. Yes! Pelatihan siap dimulai

Kontak Lembaga Pelatihan
Kontak CS : 6281323844339
Email : prakerja@gamelab.id


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp296.000