Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Membuat Laporan Keuangan dengan Microsoft Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan (Webinar)

Webinar

logo-prakerja

Belajar Membuat Laporan Keuangan dengan Microsoft Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan (Webinar)

Oleh: Binus Center

Pelatihan di Binus Center

0

4.7(3K)
2963 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan Belajar Membuat Laporan Keuangan dengan Microsoft Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan mempelajari tentang jenis usaha dan laporan keuangannya, mempelajari prinsip dasar akuntansi yang dibutuhkan dalam proses pembuatan laporan keuangan, serta mempelajari alur proses pembuatan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh suatu jenis usaha. Pelatihan ini tentu saja mempelajari bagaimana melakukan pencatatan transaksi keuangan sesuai kaidah akuntansi dan membuat laporan keuangan menggunakan rumus dan function pada aplikasi pengolah angka Microsoft Excel. Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang digunakan secara luas oleh dunia industri, sehingga penguasaan penggunaan Microsoft Excel khususnya dalam proses pencatatan transaksi hingga pembuatan laporan keuangan suatu perusahaan, merupakan suatu kompetensi yang sangat dibutuhkan khususnya dalam bidang kerja pembukuan dan keuangan. Kompetensi ini bukan hanya dapat bermanfaat bagi para peserta untuk masuk ke dalam dunia kerja, tetapi juga berguna bagi para usahawan yang ingin melakukan pencatatan dan pembuatan laporan keuangan usahanya sendiri, sehingga informasi pada laporan tersebut dapat berguna bagi kelangsungan usaha jangka pendek maupun jangka panjang.


Tujuan Umum Pelatihan

Tujuan umum Pelatihan Belajar Membuat Laporan Keuangan dengan Microsoft Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan yaitu untuk mempelajari tentang bagaimana membuat laporan keuangan yang sesuai dengan kaidah akuntansi menggunakan aplikasi pengolah angka Microsoft Excel. Peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat lebih memahami pencatatan transaksi dan pembuatan laporan keuangan dengan memaksimalkan tools & function pada Microsoft Excel, sehingga pembuatan laporan keuangan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih efisien dibandingkan dengan kegiatan manual.


Tujuan Khusus Pelatihan

Tujuan khusus Pelatihan Belajar Membuat Laporan Keuangan dengan Microsoft Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan, peserta diharapkan: 

1. Dapat mengenal dan menggunakan tools & function Microsoft Excel tingkat dasar

2. Terbiasa mengelola file Microsoft Excel

3. Dapat mengetahui proses pembuatan laporan keuangan sesuai kaidah akuntansi sesuai jenis usaha perusahaan

4. Dapat mengetahui langkah pencatatan transaksi/jurnal, pembuatan buku besar, neraca, laporan rugi laba dan laporan keuangan lainnya menggunakan Microsoft Excel

5. Terbiasa menggunakan Microsoft Excel dalam pembuatan laporan, menyimpan dokumen laporan keuangan yang telah dibuat dan menggunakan laporan tersebut untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Mengoperasikan Microsoft Excel. Materi: Membuat Jurnal dan Buku Besar menggunakan Microsoft Excel, Membuat laporan laba rugi untuk Perusahaan Jasa menggunakan Ms Excel, Membuat laporan laba rugi untuk Perusahaan Dagang menggunakan Ms Excel

2. Pengetahuan dasar-dasar akuntansi. Materi: Pengertian dan pengenalan dasar-dasar akuntansi, Membahas mengenai persamaan dan siklus akuntansi

3. Pengetahuan jenis-jenis usaha dan laporan keuangannya. Materi:  Jenis laporan keuangan untuk usaha jasa dan dagang

4. Mengelola data, file dan folder. Materi: Studi kasus / praktek keterampilan


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Mampu menjalankan dan mengoperasikan Microsoft Excel. Materi: Studi kasus / praktek keterampilan

2. Mampu memahami standar dan prinsip akuntansi. Materi: Pengertian dan pengenalan dasar-dasar akuntansi

3. Mampu memahami alur proses pembuatan laporan keuangan. Materi: Pengertian dan karakteristik laporan keuangan, Membahas mengenai persamaan dan siklus akuntansi

4. Mampu menampilkan laporan keuangan sesuai dengan jenis usaha. Materi: Jenis laporan keuangan untuk usaha jasa dan dagang

5. Mampu mengelola data, file dan folder. Materi: Studi kasus / praktek keterampilan


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Berintegritas. Materi: Pengertian dan pengenalan dasar-dasar akuntansi

2. Teliti. Materi: Membuat Jurnal dan Buku Besar menggunakan Microsoft Excel

3. Tanggung jawab. Materi: Membuat laporan laba rugi untuk Perusahaan Jasa menggunakan Ms Excel, Membuat laporan laba rugi untuk Perusahaan Dagang menggunakan Ms Excel

4. Mengikuti kode etik. Materi: Membahas mengenai persamaan dan siklus akuntansi

5. Berkomunikasi. Materi: Studi kasus / praktek keterampilan

6. Documentation skill. Materi: Studi kasus / praktek keterampilan


Kelompok Sasaran

1. Masyarakat umum

2. Terbiasa menggunakan komputer

3. Mampu mengoperasikan aplikasi Microsoft Excel tingkat dasar

4. Mengetahui dasar akuntansi

5. Memiliki perangkat yang sudah terinstal Microsoft Excel

6. Minimal Jenjang Pendidikan Lulusan SD atau sederajat


Durasi Per Sesi

1. Pengertian dan pengenalan dasar-dasar akuntansi 20 menit

2. Pengertian dan karakteristik laporan keuangan 20 menit

3. Membahas mengenai persamaan dan siklus akuntansi 40 menit

4. Jenis laporan keuangan untuk usaha jasa dan dagang 40 menit

5. Studi kasus / praktek keterampilan 60 menit 

6. Membuat Jurnal dan Buku Besar Menggunakan Microsoft Excel 40 menit

7. Membuat laporan laba rugi untuk Perusahaan Jasa menggunakan Ms Excel 40 menit

8. Membuat laporan laba rugi untuk Perusahaan Dagang menggunakan Ms Excel 40 menit

9. Studi kasus / praktek keterampilan 60 menit


Total Durasi

360 Menit


Kapasitas Peserta

Minimal 10 Peserta, dan Maksimal 150 Peserta


Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Metode Pembelajaran

Webinar: Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif peragaan dan penugasan

 

Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

 

Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Jadwal Konsultasi Mingguan dengan Tenaga Pelatih

Minggu, pukul  13.00 - 14.00 WIB


Profil Pengajar

Mega Amalia (Pemateri Utama)

Mega Amalia, lahir di Lampung pada tanggal 8 mei tahun 1983, Saya s1 akhir tahun 2007, lalu mulai bekerja di pertengahan 2008 sampai dengan akhir 2016 sebagai Admin Collection disalah satu bank Asing asal Inggris yang dimana tugasnya adalah mengcompare data sistem dan dan data excel dengan menggunakan Rumus & Fungsi Microsoft Excel. Lalu membuat Laporan Insentif bulanan, membuat surat tagihan dengan menggunakan fitur dari Microsoft Word. Pada awal 2017 sampai akhir 2017 bekerja disalah satu Main Dealer Motor Honda Lampung sebagai Head of Administration, dimana tugasnya adalah menjaga Arus Kas Masuk dan Keluar cabang agar tetap tercontrol, sehingga antara pemasukkan dan pengeluaran harus lebih besar pemasukkan, juga memanage team agar dapat bekerja secara maksimal dan penuh semangat. Pada awal 2018 bekerja di salah satu sekolah tinggi ekonomi diJakarta Barat sebagai Ketua Program Studi. Yang dimana tugasnya adalah membuat anggaran untuk seminar jurusan. Membuat anggaran untuk jurusan, yang dimana laporan anggaran tersebut terlampir dalam laporan akreditasi yang akan di Audit Dikti per 5 tahun sekali.dan saat ini sebagai instruktur office dan accounting Binus Center.


Jadwal Pelatihan

Pilihan Hari:

Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat

Pilihan Waktu:

● Pukul: 08.00 WIB s/d 11.00 WIB

● Pukul: 11.20 WIB s/d 14.20 WIB

● Pukul: 15.00 WIB s/d 18.00 WIB

● Pukul: 18.00 WIB s/d 21.00 WIB

Pilihan jadwal webinar dapat dipilih pada saat melakukan proses daftar ulang melalui link berikut: https://binuscenter.com/prakerja/

Panduan Redeem Voucher

1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojokkanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)

2. Setelah Anda berhasil melakukan transaksi, Anda akan mendapatkan kode voucher dari  Digital Platform

3. Lakukan redeem voucher/daftar ulang Pelatihan Kartu Prakerja BINUS CENTER melalui link berikut: https://binuscenter.com/prakerja/

4. Klik Tombol Daftar Ulang pada link

5. Pilih Marketplace/Digital Platform tempat Anda melakukan pembelian voucher Pelatihan Kartu Prakerja & masukkan kode voucher yang sudah didapat. Penggunaan karakter huruf/angka kode voucher harus sesuai sama persis seperti yang Anda dapatkan dari Digital Platform

6. Klik “Submit”

7. Apabila Sukses, Anda dapat memilih Jadwal yang diinginkan

8. Masukkan email yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi Pembelian Kartu Prakerja

9. Klik “Cek Status Kepesertaan Anda”

10. Isi Form Pendaftaran Ulang dengan lengkap dan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) & yang tertera di akun Kartu Prakerja Anda

11. Centang check box di akhir kolom isian lalu klik KIRIM

12. Anda akan mendapatkan email notifikasi detail keikutsertaan Pelatihan di BINUS CENTER dan email notifikasi username dan password untuk akses platform BINUS CENTER

13. Apabila terdapat kesulitan dalam proses redeem voucher, silakan klik Contact Us untuk mendapatkan panduan dari tim BINUS Center


Kontak Lembaga Pelatihan

Email : infokartuprakerja@binuscenter.com

WhatsApp : 0821-2402-5552

Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(2525 Rating)

profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





course thumbnail

Rp400.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved