Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Menagih Pinjaman yang Efektif untuk Menjadi Penagih Hutang Profesional

Pembelajaran Mandiri

Belajar Menagih Pinjaman yang Efektif untuk Menjadi Penagih Hutang Profesional

Oleh: JFC Plus

Pelatihan di JFC Plus

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini akan mengajarkan kepada peserta yang ingin menekuni atau sedang berkarir di bidang penagihan hutang atau biasa disebut Collector dalam Perusahaan Jasa Keuangan. Berdasarkan INDOTASK 2020, terdapat informasi dari kolom Outlook Kesempatan Kerja Online (OKKO) bahwa pekerjaan sebagai Penagih Hutang termasuk 50 teratas berdasarkan total jumlah iklan lowongan kerja yang dikumpulkan selama kuartal pertama 2020. Menurut KBJI: 4214.03 Penagih Hutang bertugas mengumpulkan pembayaran dan melakukan tugas ketatausahaan yang berhubungan dengan pengumpulan hutang. Jadi, penagih hutang dapat membantu kreditur atau pemberi hutang dengan dasar pemberian kuasa guna dalam menagih hutang kepada debitur atau pemilik hutang. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang besar sebagai perwakilan kreditur atau pemberi hutang, yaitu mendatangi pelanggan untuk melakukan pembayaran yang yang tertunggak, mencatat jumlah uang yang dikumpulkan hingga menyelesaikan solusi penyelesaian kredit dengan mematuhi etika penagihan hutang. Pelatihan ini akan melatih peserta untuk memiliki kompetensi sebagai penagih hutang profesional, sehingga setelah mengikuti kelas ini peserta dapat memahami dasar dan teknik dalam menagih hutang, hingga cara menangani permasalahan dan penyelesaian dalam penagihan hutang terhadap klien. Seringkali debitur dalam pembayaran kredit melewati batas jatuh tempo pembayaran berbulan-bulan yang menjadi status kredit macet dan apabila diabaikan akan berdampak besar. Hal tersebut menjadi salah satu alasan penting jasa penagih hutang dibutuhkan oleh Perusahaan-Perusahaan di bidang jasa keuangan. Berdasarkan informasi dari INDOTASK 2020 sebelumnya, juga menandakan adanya kesinambungan bahwa peluang karir penagih hutang termasuk 50 teratas. Sehingga, penagih hutang memiliki peluang karir yang luas karena akan dibutuhkan oleh Perusahaan dalam menyelesaikan kreditur- kreditur yang macet serta Penagih Hutang atau Collector akan mendapatkan reward dan promosi karir jika bisa menyelesaikan sesuai target yang diberikan oleh Perusahaan. Urgensi penagih hutang yaitu dimana saat ini masyarakat Indonesia banyak yang memiliki kredit kepada pihak-pihak jasa keuangan dan dalam kredit tersebut banyak terjadi permasalahan salah satunya kredit macet, kemudian Penagih Hutang dilihat sebagai sosok yang menakutkan karena seringkali dalam menagih memakai kekuatan, emosi dll. Penagih Hutang atau collector saat ini harus profesional dan berwibawa serta mampu menjadi penengah atau solusi antara klien dengan Perusahaan maka dari itu Penagih Hutang mampu memahami tahapan dan strategi dalam penagihan hutang secara profesional. Hal ini dikarenakan terdapat ketentuan hukum pada prosedur dan etika yang harus dijalankan dalam menagih hutang sehingga dapat menunjang kelancaran dalam penagihan kepada klien dan menghindari sanksi hukum di dua belah pihak.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta dapat menguasai situasi dan menentukan tipe debitur sesuai dengan teknik penagihan profesional secara tepat


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta dapat memahami penyebab pinjaman yang bermasalah

2. Peserta dapat menentukan tipikal debitur

3. Peserta dapat membuat strategi dan pemetaan debitur

4. Peserta dapat menentukan jenis skema penyelesaian kredit secara persuasif dan agresif

5. Peserta dapat menguasai jenis teknik penagihan kredit

6. Peserta dapat menguasai tata cara penagihan pinjaman dengan baik

7. Peserta dapat membangun sikap profesional dalam mengelola penagihan hutang


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Peserta dapat memahami penyebab pinjaman yang bermasalah


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Peserta dapat menentukan tipikal debitur

2. Peserta dapat membuat strategi dan pemetaan debitur

3. Peserta dapat menentukan jenis skema penyelesaian kredit secara persuasif dan agresif

4. Peserta dapat menguasai jenis teknik penagihan kredit

5. Peserta dapat menguasai tata cara penagihan pinjaman dengan baik


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Peserta dapat membangun sikap profesional dalam mengelola penagihan hutang


Kelompok Sasaran

1. Pendidikan minimal SMA/Sederajat

2. Ingin keinginan berkarier dibidang collector atau penagih hutang

3. Memiliki pengalaman dibidang collector atau penagih hutang

4. Ingin memiliki pengalaman dan berkarir di lembaga keuangan (Bank dan Multifinance)


Durasi Per Sesi

Bab 1: Sebab-Sebab Pinjaman Menjadi Bermasalah : 49 menit

Bab 2: Memahami Isi Perjanjian Kredit : 30 menit

Bab 3: Pemetaan Debitur : 85 menit 15 detik

Bab 4: Skema Penyelesaian Kredit : 60 menit

Bab 5: Teknik-Teknik Penagihan Kredit : 38 menit 50 detik

Bab 6: Aktifitas Penagihan Kredit : 123 menit 10 detik


Total Durasi

386 menit 15 detik


Kapasitas Peserta

Unlimited


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Hari Kamis pukul 12.00 WIB durasi 1 jam


Level Pelatihan

Basic / Tingkat Dasar


Metode Pembelajaran

Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar

Triono Budi Raharjo

Deskripsi singkat: merupakan Praktisi Profesional yang sudah berpengalaman belasan tahun dan masih aktif di bidang kredit dengan memiliki Background karir di Dunia Perbankan terkemuka di salah satu Bank BUMN yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Beliau ahli pada bidang penyelesaian kredit macet dan sebagainya yang bekerja didalam unit khusus pengelolaan NPL (Non-Performing Loan) bernama Divisi Remedial & Recovery dengan beberapa sertifikat yang dimiliki seperti Credit skill (Omega) certified dan Sertifikasi Uji Kometensi Manajemen Risiko level III (BSMR) serta selalu menjadi Instruktur / Pengajar di Internal Bank dalam bidang kredit bermasalah. Saat ini posisi Penagih Hutang / Collector sangat dibutuhkan oleh Perusahaan di Industri Jasa Keuangan (Bank, Multifinance & BPR)


Panduan Redeem Voucher
1. Log in ke https://prakerja.karier.mu/
2. Klik "tukarkan kode voucher" atau masuk ke https://www.prakerja.karier.mu/tukar-voucher
3. Masukkan kode voucher pada kolom yang tersedia 
4. Klik “Tukar Kode Voucher" 
5. Klik “Mulai Belajar” dan program yang dibeli dapat dilihat juga pada menu “Programmu”


Kontak Lembaga Pelatihan
WhatsApp: +6282262116553

Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved