Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Mendesain UI UX Menggunakan Figma untuk Desainer Software

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Belajar Mendesain UI UX Menggunakan Figma untuk Desainer Software

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.6(28)
39 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti?
Perkembangan zaman membuat transformasi teknologi semakin pesat. Sebagian besar kegiatan manusia tentunya tidak luput dari kegiatan berselancar baik di internet, marketplace, maupun memesan makanan secara online. Keindahan dan kerapian dari susunan antarmuka suatu aplikasi ataupun website tentunya menjadi pemandangan sehari-hari. Namun, antarmuka yang indah dengan akses yang rumit, akan membuat pengguna kecewa. Disinilah peran seorang UI/UX Designer untuk menyeimbangkan antara desain antarmuka yang indah dengan fungsionalitas penggunaan dengan mempertimbangkan pengalaman pelanggan. Maka dari itu penting bagi seorang UI/UX Designer untuk menguasai kompetensi tersebut.
Apa tujuan dari program ini? 
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah dalam mendesain user interface dan user experiencemenggunakan figma. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini dapat bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi peserta yang ingin memulai karier sebagai UI/UX Designer atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier di bidang tersebut.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini? 
Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang pengenalan dasar okupasi UI/UX Designer, dasar-dasar user flow dan wireframe, merancang user flow dan wireframe, mengimplementasikan user interface, mendesain user interface menggunakan figma, membuat desain prototype dan mock up, merancang user experience, melakukan evaluasi terhadap antarmuka software.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan mendesain user interface dan user experience seperti UI Designer, UX Designer, dan UI/UX Designer, dan Desainer Software.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam mendesain UI/UX untuk desainer softwaredengan standar nasional (SKKNI Software Requirement Analysis and Design) dan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu mendefinisikan pengertian, karakteristik, perbedaan UI dengan UX, serta peran UI/UX Designer
2. Peserta mampu mengidentifikasi definisi, tujuan, jenis-jenis, dan karakteristik user flow, wireframe, dan kaidah user experience dengan menunjukkan sikap teliti dan berorientasi pada detail
3. Peserta mampu menjelaskan alat dan/atau software/website/aplikasi yang digunakan untuk merancang user flow dan wireframe serta gambaran user flow dan wireframe dengan menunjukkan sikap cermat
4. Peserta mampu menguraikan tahapan dalam merancang user flow dan wireframe dengan menunjukkan sikap kreatif dan inovatif
5. Peserta mampu menguraikan definisi, fungsi, ciri-ciri, dan elemen user interface sesuai dengan kaidah yang berlaku
6. Peserta mampu menguraikan fungsi, tujuan, manfaat, dan fitur yang terdapat pada figma dengan menunjukkan sikap teliti
7. Peserta mampu mendemonstrasikan tahapan dan langkah-langkah dalam mendesain user interface secara keseluruhan dengan memerhatikan kaidah dan prinsip desain serta menunjukkan sikap kreatif dan inovatif
8. Peserta mampu mengimplementasikan poin penting dalam mendesain user interface dengan menunjukkan sikap teliti, solutif, dan analitis
9 .Peserta mampu mengimplementasikan dan mengidentifikasi definisi, manfaat, jenis-jenis, dan karakteristik prototype dan mock up sesuai dengan kaidah yang berlaku dengan menunjukkan sikap cermat
10. Peserta mampu mendemonstrasikan langkah-langkah dan tahapan dalam mendesain prototype dan menambahkan animasi menggunakan figma dengan menunjukkan sikap kreatif, bertanggungjawab, dan teliti
11. Peserta mampu memecahkan masalah dalam perancangan prototype dan mock up dengan menunjukkan sikap analitis, solutif, dan berorientasi pada detail
12. Peserta mampu memilih alat, perlengkapan, dan dokumen penunjang dalam melakukan presentasi prototype kepada pemangku kepentingan dengan menunjukkan sikap teliti dan cermat
13. Peserta mampu melakukan presentasi hasil desain kepada pemangku kepentingan dengan menunjukkan sikap komunikatif, analitis, dan bertanggungjawab
14. Peserta mampu menyatakan pengertian, manfaat, dan fungsi usability testing serta karakteristik usability testing dengan user testing
15. Peserta mampu melakukan tahapan usability testing dengan menunjukkan sikap obyektif
16. Peserta mampu menelaah fungsi dan komponen penting dalam melakukan evaluasi sesuai dengan kaidah yang berlaku dengan menunjukkan sikap teliti 
17.Peserta mampu mengevaluasi desain antarmuka dengan staf teknik denganmenunjukkan sikap komunikatif, obyektif, dan detail
18. Peserta mampu mengevaluasi desain antarmuka bersama staf teknik dengan menunjukkan sikap solutif dan analitis

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
1. Definisi, karakteristik, dan perbedaan UI dengan UX Designer
2. Peran UI/UX Designer
3. Kaidah desain

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Membedakan user interface dengan user experience
2. Menunjukkan pentingnya okupasi UI/UX Designer
3. Mendeskripsi tanggung jawab dan tugas seorang UI/UX Designer

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Memerhatikan dengan detail definisi, karakteristik, perbedaan user interface dengan user experience, dan peran UI/UX Designer di masa kini
2. Memerhatikan dengan detail definisi, tujuan, dan fungsi user flow dengan wireframe; jenis-jenis dan karakteristik user flow, perbedaan low fidelity dengan high-fidelity; komponen wireframe; kaidah desain dan user experience
3. Cermat dalam mengimplementasikan gambaran user flow dan wireframeAda pada materi: Dasar-Dasar User Flow dan Wireframe

Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh : 
1. Peserta dengan minimal jenjang pendidikan SMA/SMK
2. Peserta yang memiliki ketertarikan di bidang UI/UX
3. Peserta yang memiliki latar belakang pendidikan Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komputer
4. Peserta yang bukan dari latar belakang pendidikan Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komputer
5. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet

Durasi Per Sesi
TOPIK 1. Pengenalan Dasar Okupasi UI/UX Designer (13 menit 18 detik)
TOPIK 2. Dasar-Dasar User Flow dan Wireframe (39 menit 14 detik)
TOPIK 3. Merancang User Flow dan Wireframe (23 menit 12 detik)
TOPIK 4. Mengimplementasikan User Interface (39 menit 26 detik)
TOPIK 5. Mendesain User Interface Menggunakan Figma (163 menit 24 detik)
TOPIK 6. Membuat Desain Prototype dan Mock Up (47 menit 2 detik)
TOPIK 7. Merancang User Experience (26 menit 31 detik)
TOPIK 8. Melakukan Evaluasi terhadap Antarmuka Software (31 menit 18 detik)

Total Durasi
363 menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Senin 17.00 - 18.00

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Mode Penyampaian

Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.


Metode Evaluasi

1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar
Ibnu Hajar Asqolani
Ibnu Hajar Asqolani adalah seorang UI/UX Designer di sebuah marketplace B2B. Ia sudah berpengalaman dalam mendesain user interface dan user experience selama lebih dari 4 tahun. Ibnu memulai kariernya sebagai seorang web designer di perusahaan yang sama.

Panduan Redeem Voucher

1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar

2. Registrasikan dirimu

3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu

4. Klik tombol "Tukar Kode"

Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.6

/5

(28 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved