Kelas Offline
Belajar Mendesain User Interface & User Experience untuk Produk Digital
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Kursus Offline ini merupakan kursus tatap muka yang mewajibkan kehadiran peserta secara fisik dan tidak boleh diwakilkan pada lokasi pelatihan yang telah dipilih
- Mohon perhatikan jadwal lokasi kota & tempat yang hendak dipilih, karena jadwal yang telah dipilih tidak dapat diubah
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pengembangan produk digital semakin pesat dengan kebutuhan yang semakin meningkat. Untuk dapat bersaing, maka user interface dan user experience menjadi bidang penting yang sangat diperhatikan.
Pada pelatihan ini, kamu akan dilatih bagaimana menerapkan prinsip-prinsip utama UX, menerapkannya pada desain produk digital melalui prototype dan mengevaluasinya menggunakan heuristic evaluation. Tak hanya itu, kamu akan diajarkan langsung melakukan pengujian desain kamu melalui usability testing. Ikuti seluruh rangkaian pelatihannya untuk dapatkan pengalaman lengkap mendesain produk digital dari nol
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan dapat memiliki kemampuan untuk menguasai panduan desain UI UX, membuat desain, serta pengujian dan perbaikan desain dalam unjuk keterampilan dengan menunjukkan penguasaan materi sebesar 70%
Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta dapat mengimplementasikan prinsip dasar dan panduan melakukan desain UI/UX berbasis riset
Peserta dapat mengorganisasi evaluasi dan redesain dengan melakukan transformasi feedback hasil pengujian kepada redesain
Peserta dapat membuat desain prototipe dari sebuah produk digital
Peserta dapat mengadaptasi metode usability testing dengan menggunakan metode guerilla testing untuk melakukan pengujian desain kepada pengguna
3. Mengadaptasi tahapan desain prototype menggunakan paper prototype maupun digital prototype menggunakan tools Balsamiq
4. Mengadaptasi pengujian desain yang mengacu kepada panduan proses pengujian sehingga dapat menggali potensi usability dari pengguna secara natural serta mentransformasi masalah penggunaan (usability problem) terhadap redesain dan mewujudkannya dalam perbaikan desain prototype yang telah dihasilkan untuk mendapatkan final desain
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Menginternalisasi perbedaan prinsip desain visual untuk UI dan desain UX dalam penerapan pengembangan produk digital
2. Mengorganisasi tahapan proses desain melalui sebuah case study yang dipaparkan dari pengalaman real case dalam lingkungan pekerjaan.
3. Mengorganisasi tahapan penyusunan prototype dengan menggunakan sebuah tool secara paper prototype maupun secara digital sehingga memberikan gambaran yang konkrit tentang bagaimana mewujudkan sebuah konsep desain dalam wujud yang real mengacu kepada panduan desain baik pada website maupun mobile
4. Mengorganisasi proses pengujian desain sesuai dengan case study dari contoh real pekerjaan
Kelompok Sasaran
Usia minimum peserta : 18 tahun
Usia maksimum peserta : 35 tahun
Membawa Laptop saat pelatihan
Telah meng-install software balsamiq
Durasi Per Sesi
Hari Ke 1
1/08:00-08:15 15 menit Pembukaan + Pre test + Ice Breaking
1/08:15-09:30 45 menit Pembahasan prinsip UX, proses, metode dan tools
1/09:30-10:00 30 menit Panduan web design principle & Practical
1/10:00-10:15 15 menit Coffee Break
1/10:15-11:15 60 menit Panduan mobile design principle & Practical
1/11:15-11:55 40 menit General principle interaction design Jacob Nielsen & Quiz
1/11:55-12:00 5 menit Pengerjaan Quiz Sesi 1
1/12:00-13:00 60 menit Lunch/Isoma
1/13:00-13:30 30 menit Case study mobile heuristic evaluation
1/13:30-14:00 30 menit Case study website heuristic evaluation
1/14:00-15:00 60 menit Practical evaluation design website & mobile
1/15:00-15:15 15 menit Snack Break
1/15:15-17:15 120 menit Presentation evaluation design website & mobile
1/17:15-17:20 5 menit Quiz Sesi 2
Hari Ke 2
2/08:00-08:10 10 menit Ice Breaking
2/08:15-09:00 45 menit Prinsip prototype & guideline
2/09:00-09:30 30 menit Case study paper prototype
2/09:30-09:45 15 menit Break
2/09:45-11:15 90 menit Practical design paper prototype practical
2/11:15-11:55 40 menit Presentasi hasil riset prototype
2/11:55-12:00 5 menit Pengerjaan Quiz Sesi 3
2/12:00-13:00 60 menit Isoma
2/13:00-13:30 30 menit Prinsip usability testing
2/13:30-14:00 30 menit Case study usability testing (Guerrilla testing)
2/14:00-15:00 60 menit Praktek guerrilla testing
2/15:00-15:05 5 menit Pengerjaan Quiz Sesi 4
2/15:05-15:20 15 menit Post test
2/15:20-15:45 25 menit Break
2/15:45-17:45 120 menit Presentation redesign paper prototype
Total Durasi
920 menit
Kapasitas Peserta
20 Peserta
Metode Pembelajaran
Luring/Offline
Metode Evaluasi
Pre Test
Kuis
Post Test
Unjuk Kompetensi
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
20-02-2023 s.d. 21-02-2023 pukul 07.00-18.00 ,
23-02-2023 s.d. 24-02-2023 pukul 07.00-19.00
Profil Pengajar
Ir. Bengris Pasaribu M.M, UX Master International Certified
UX Consultant - UX Speciality - 2018 - Now
Evaluation design, Research, Training and Workshop
Digital Hospitality - Telkom Indonesia - 2015-2018
Evaluation design, Research, Training and Workshop in UX
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.9
/5
(12 Rating)
0
0
0
0
0
Mulai dari
Rp2.100.000