Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Mendesain User Interface & User Experience untuk Produk Digital Kota Bandung

Kelas Offline

Belajar Mendesain User Interface & User Experience untuk Produk Digital Kota Bandung

Oleh: Pijar Mahir

Pelatihan di Bandung

0

4.9(12)
30 Peserta
Usia 18 - 35 Tahun
MinimalS1

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Kursus Offline ini merupakan kursus tatap muka yang mewajibkan kehadiran peserta secara fisik dan tidak boleh diwakilkan pada lokasi pelatihan yang telah dipilih
  • Mohon perhatikan jadwal lokasi kota & tempat yang hendak dipilih, karena jadwal yang telah dipilih tidak dapat diubah
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pengembangan produk digital semakin pesat dengan kebutuhan yang semakin meningkat. Untuk dapat bersaing, maka user interface dan user experience menjadi bidang penting yang sangat diperhatikan.
Pada pelatihan ini, kamu akan dilatih bagaimana menerapkan prinsip-prinsip utama UX, menerapkannya pada desain produk digital melalui prototype dan mengevaluasinya menggunakan heuristic evaluation. Tak hanya itu, kamu akan diajarkan langsung melakukan pengujian desain kamu melalui usability testing. Ikuti seluruh rangkaian pelatihannya untuk dapatkan pengalaman lengkap mendesain produk digital dari nol

Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan dapat memiliki kemampuan untuk menguasai panduan desain UI UX, membuat desain, serta pengujian dan perbaikan desain dalam unjuk keterampilan dengan menunjukkan penguasaan materi sebesar 70%


Tujuan Khusus Pelatihan

  • Peserta dapat mengimplementasikan prinsip dasar dan panduan melakukan desain UI/UX berbasis riset

  • Peserta dapat mengorganisasi evaluasi dan redesain dengan melakukan transformasi feedback hasil pengujian kepada redesain

  • Peserta dapat membuat desain prototipe dari sebuah produk digital

  • Peserta dapat mengadaptasi metode usability testing dengan menggunakan metode guerilla testing untuk melakukan pengujian desain kepada pengguna


Aspek Kompetensi:  Pengetahuan (Knowledge)

1. Menganalisis Pengertian dan Perbedaan User Interface dan User Experience serta aplikasinya dalam produk digital
2. Mengaplikasikan proses desain UI/UX serta panduan desain UI UX pada digital.
3. Mengaplikasikan desain paper prototype dalam proses desain produk digital
4. Menganalisis proses pengujian desain kepada pengguna dan menangkap feedback serta mentransformasi menjadi sebuah redesain.

Aspek Kompetensi:  Keterampilan (Skill)
1. Membentuk desain  UI dan desain UX dengan lebih akurat sesuai dengan prinsip masing-masing dalam penerapan pengembangan produk digital
2. Mengadaptasi tahapan proses desain pada saat Unjuk keterampilan

3. Mengadaptasi tahapan desain prototype menggunakan paper prototype maupun digital prototype menggunakan tools Balsamiq 

4. Mengadaptasi pengujian desain  yang mengacu kepada panduan proses pengujian sehingga dapat menggali potensi usability dari pengguna secara natural serta mentransformasi masalah penggunaan (usability problem) terhadap redesain dan mewujudkannya dalam perbaikan desain prototype yang telah dihasilkan untuk mendapatkan final desain


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Menginternalisasi perbedaan prinsip desain visual untuk UI dan desain UX dalam penerapan pengembangan produk digital

2. Mengorganisasi tahapan proses desain melalui sebuah case study yang dipaparkan dari pengalaman real case dalam lingkungan pekerjaan.

3. Mengorganisasi tahapan penyusunan prototype dengan menggunakan sebuah tool secara paper prototype maupun secara digital sehingga memberikan gambaran yang konkrit tentang bagaimana mewujudkan sebuah konsep desain dalam wujud yang real mengacu kepada panduan desain baik pada website maupun mobile

4. Mengorganisasi proses pengujian desain sesuai dengan case study dari contoh real pekerjaan


Kelompok Sasaran

Usia minimum peserta : 18 tahun

Usia maksimum peserta : 35 tahun

Membawa Laptop saat pelatihan

Telah meng-install software balsamiq


Durasi Per Sesi

Hari Ke 1

1/08:00-08:15 15 menit Pembukaan + Pre test + Ice Breaking

1/08:15-09:30 45 menit Pembahasan prinsip UX, proses, metode dan tools

1/09:30-10:00 30 menit Panduan web design principle & Practical

1/10:00-10:15 15 menit Coffee Break

1/10:15-11:15 60 menit Panduan mobile design principle & Practical

1/11:15-11:55 40 menit General principle interaction design Jacob Nielsen & Quiz

1/11:55-12:00 5 menit Pengerjaan Quiz Sesi 1

1/12:00-13:00 60 menit Lunch/Isoma

1/13:00-13:30 30 menit Case study mobile heuristic evaluation

1/13:30-14:00 30 menit Case study website heuristic evaluation

1/14:00-15:00 60 menit Practical evaluation design website & mobile

1/15:00-15:15 15 menit Snack Break

1/15:15-17:15 120 menit Presentation evaluation design website & mobile

1/17:15-17:20 5 menit Quiz Sesi 2

Hari Ke 2

2/08:00-08:10  10 menit Ice Breaking

2/08:15-09:00 45 menit Prinsip prototype & guideline

2/09:00-09:30 30 menit Case study paper prototype

2/09:30-09:45  15 menit Break

2/09:45-11:15  90 menit Practical design paper prototype practical

2/11:15-11:55 40 menit Presentasi hasil riset prototype

2/11:55-12:00 5 menit Pengerjaan Quiz Sesi 3

2/12:00-13:00  60 menit Isoma

2/13:00-13:30  30 menit Prinsip usability testing

2/13:30-14:00  30 menit Case study usability testing (Guerrilla testing)

2/14:00-15:00  60 menit Praktek guerrilla testing

2/15:00-15:05 5 menit Pengerjaan Quiz Sesi 4

2/15:05-15:20  15 menit Post test

2/15:20-15:45  25 menit Break

2/15:45-17:45 120 menit Presentation redesign paper prototype

 

Total Durasi

920 menit


Kapasitas Peserta

20 Peserta


Metode Pembelajaran

Luring/Offline


Metode Evaluasi

Pre Test

Kuis

Post Test

Unjuk Kompetensi


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan

20-02-2023 s.d. 21-02-2023 pukul 07.00-18.00 , 

23-02-2023 s.d. 24-02-2023 pukul 07.00-19.00


Profil Pengajar

Ir. Bengris Pasaribu M.M, UX Master International Certified

UX Consultant - UX Speciality - 2018 - Now

Evaluation design, Research, Training and Workshop

Digital Hospitality - Telkom Indonesia - 2015-2018

Evaluation design, Research, Training and Workshop in UX


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

4.9

/5

(12 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Mulai dari

Rp2.100.000