Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Menerapkan Layanan Panduan Lintas Daerah untuk Pemandu Wisata

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Belajar Menerapkan Layanan Panduan Lintas Daerah untuk Pemandu Wisata

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.8(62)
81 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Ketersediaan destinasi wisata yang melimpah butuh diiringi dengan kompetensi layanan pariwisata yang memadai agar dapat mendukung secara penuh perkembangan aspek pariwisata suatu daerah. Salah satunya adalah dengan memiliki kompetensi pemanduan wisata yang baik terlebih untuk wisata lintas daerah yang dapat melibatkan berbagai destinasi wisata. Pelatihan yang mengacu kepada KBJI 5113.02 ini menyiapkan para peserta untuk menjadi seorang pemandu wisata lintas daerah (overland tourist guide). Dalam pelatihan ini peserta akan mempelajari beberapa kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi pemandu wisata, diantaranya adalah menyusun rencana dan informasi wisata dalam wisata lintas daerah, melakukan interpretasi dalam wisata lintas daerah, melakukan perjalanan wisata lintas daerah, serta melakukan kerjasama dengan kolega dan wisatawan. Pariwisata menjadi salah satu industri terbesar yang ada di Indonesia mengingat Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang dikunjungi oleh turis asing maupun turis dari Indonesia sendiri.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam memberikan layanan kepemanduan wisata lintas daerah sebagai pemandu wisata sesuai dengan standar nasional kepemanduan wisata (SKKNI bidang kepemanduan wisata).


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta mampu mengidentifikasi destinasi wisata lintas daerah

2. Peserta mampu Menyusun rencana dan informasi wisata lintas daerah

3. Peserta mampu menyebutkan filosofi lima panca indra

4. Peserta mampu melakukan interpretasi dalam wisata lintas daerah

5. Peserta mampu menentukan semua perangkat atau perlengkapan perjalanan berfungsi dengan baik secara teliti

6. Peserta mampu mengidentifikasi profil wisatawan dengan jeli dan teliti

7. Peserta mampu melakukan perjalanan wisata lintas daerah

8. Peserta mampu melakukan komunikasi 2 arah secara aktif

9. Peserta mampu menjelaskan cara melakukan kerja sama dengan kolega dan wisatawan

10. Peserta mampu mencegah kesalahpahaman antar budaya

11. Peserta mampu menjelaskan cara bekerja di lingkungan sosial yang berbeda

12. peserta mampu menunjukan sikap ramah, berani, percaya diri, lugas, jelas dan sabar dalam melaksanakan pemanduan wisata


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Pengertian wisata lintas daerah

2. Karakteristik overland tour

3. Kriteria informasi wisata yang baik

- Materi: Menyusun Rencana dan Informasi Wisata dalam Wisata Lintas Daerah

4. Filosofi lima panca indra

- Materi : Melakukan Interpretasi dalam Wisata Lintas Daerah

5. Peralatan dan perlengkapan dalam memandu wisata lintas daerah

6. Itinerary yang biasa digunakan dalam perjalanan wisata lintas daerah

7. Denah kendaraan yang digunakan

- Materi : Melakukan perjalanan wisata lintas daerah

8. Body language yang biasa digunakan dalam berkomunikasi

9. Standar kinerja yang berlaku untuk pemandu wisata

- Materi : Melakukan kerjasama dengan kolega dan wisatawan

- Materi : Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Mengidentifikasi Kondisi Khusus Destinasi Wisata

2. Mengidentifikasi Profil Wisatawan

- Materi : Menyusun Rencana dan Informasi Wisata dalam Wisata Lintas Daerah

3. Menyiapkan dan membuat interpretasi

- Materi : Melakukan interpretasi dalam wisata lintas daerah

4. Menghitung jumlah wisatawan yang ikut dan barang-barang yang dibawa

5. Memeriksa jumlah wisatawan dan barang atau alat yang digunakan

6. Menangani wisatawan ketika sedang atau telah berwisata lintas daerah

- Materi : Melakukan perjalanan wisata lintas daerah

7. Memberikan bantuan pada wisatawan

8. Berkomunikasi yang baik di tempat kerja

- Materi : Melakukan kerjasama dengan kolega dan wisatawan

- Materi : Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang berbeda.


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Jeli dan teliti dalam mengidentifikasi profil wisatawan dan kondisi khusus destinasi wisata

- Materi : Menyusun Rencana dan Informasi Wisata dalam Wisata Lintas Daerah

2. Teliti dalam menghitung jumlah wisatawan dan jumlah barang yang dibawa

- Materi : Melakukan perjalanan wisata lintas daerah

3. Ramah dan sopan ketika mendengarkan kebutuhan wisatawan

4. Bertanggung jawab dalam menyelesaikan keluhan wisatawan

5. Adanya rasa kepercayaan dan saling dukung dalam satu tim

- Materi : Melakukan kerjasama dengan kolega dan wisatawan

6. Menghormati dan menumbuhkan tenggang rasa pada wisatawan atau kolega yang memiliki latar belakang berbeda.

- Materi : Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang berbeda


Kelompok Sasaran

Pelatihan ini dapat diikuti oleh :

1. Pendidikan Minimal SMA

2. Memiliki smartphone/laptop dan jaringan internet.

3. Bekerja atau memiliki latar belakang pendidikan bidang pariwisata tingkat dasar


Durasi Per Sesi

1. Menyusun Rencana dan Informasi Wisata dalam Wisata Lintas Daerah : 76 Menit

2. Melakukan Interpretasi dalam Wisata Lintas Daerah : 92 Menit

3. Melakukan Perjalanan Wisata Lintas Daerah : 91 Menit

4. Melakukan Kerjasama dengan Kolega dan Wisatawan : 90 Menit

5. Melakukan Pekerjaan dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda : 65 Menit


Total Durasi

420 Menit


Kapasitas Peserta

500 Peserta


Profil Pengajar

Ameliya Rosita

Ibu Ameliya Rosita memulai karirnya di program Management Trainee salah satu Bank Nasional Swasta terbesar selama 7 tahun dengan posisi sebagai Manajer Pro. Kemudian beliau memutuskan untuk mengikuti passionnya di bidang Tourism dan menjadi Professional Trainer IPMI serta Travel Consultant sampai dengan saat ini.

Rusmin Nuryadin

Bapak Rusmin Nuryadin telah berkecimpung di bidang Perjalanan Wisata sejak tahun 2004. Beliau telah mengikuti berbagai pelatihan Kebudayaan dan Pariwisata serta menjadi Pembicara maupun Fasilitator Seminar bidang Pariwisata sampai dengan saat ini.


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Hari Jumat

Pukul 15.00 - 16.00 WIB


Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Mode Penyampaian

Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.


Metode Evaluasi

1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Panduan Redeem Voucher

1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar

2. Registrasikan dirimu

3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu

4. Klik tombol "Tukar Kode"

Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan

WhatsApp +62 812-8716-0055



Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(62 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved