Belajar Menerapkan Layanan Panduan Umum untuk Pemandu Wisata
Pembelajaran Mandiri
Belajar Menerapkan Layanan Panduan Umum untuk Pemandu Wisata
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Indonesia merupakan negara di Asia yang memiliki banyak pulau dan tempat-tempat yang menarik. Selain itu, Indonesia juga masih memegang erat dan melestarikan budaya yang sudah turun temurun dari nenek moyang. Hal itu menjadikan wilayah Indonesia menjadi sangat beragam, multikultural dan memiliki ciri khas masing-masing. Banyaknya hal menarik mulai dari tempat wisata, budaya, serta ciri khas setiap daerah menjadikan Indonesia dilirik oleh wisatawan asing untuk berwisata. Tidak hanya wisatawan asing, banyak juga wisatawan lokal yang mengunjungi luar daerahnya untuk melihat dan menikmati keberagaman budaya dan keindahan alam Indonesia.
Dengan adanya hal tersebut, sektor pariwisata di Indonesia akan sangat diuntungkan dalam hal ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di bidang pariwisata. Salah satu tenaga kerja yang dibutuhkan oleh sektor ini adalah pemandu wisata. Dengan berkembang nya sektor pariwisata di Indonesia dan banyaknya wisatawan asing maupun lokal, menjadikan kebutuhan tenaga kerja pemandu wisata juga meningkat. Dengan adanya peluang dan kesempatan tersebut, maka pelatihan ini mengajarkan peserta agar mampu menerapkan layanan panduan wisata secara umum untuk seorang pemandu wisata.
Ketersediaan destinasi wisata yang melimpah butuh diiringi dengan kompetensi layanan pariwisata yang memadai agar dapat mendukung secara penuh perkembangan aspek pariwisata suatu daerah. Salah satunya adalah dengan memiliki kompetensi pemanduan wisata yang baik.
Maka dalam pelatihan ini peserta akan mempelajari materi mengenai profesi pramuwisata yaitu di antaranya adalah kode etik dalam pramuwisata, persiapan dan teknik yang digunakan dalam pemanduan wisata, memberikan layanan transfer in dan transfer out, memberikan layanan pemanduan city tour dan local guide, mengatasi konflik yang biasa terjadi dalam pemanduan wisata serta prosedur hygienis di tempat kerja. Dengan memiliki kompetensi tersebut, peserta dapat turut serta meningkatkan kualitas layanan pariwisata di Indonesia.
Tujuan Umum Pelatihan
peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam memberikan layanan kepemanduan wisata sebagai pemandu wisata sesuai dengan standar nasional pariwisata (SKKNI bidang kepemanduan wisata)
Tujuan Khusus Pelatihan
1. peserta mampu menjelaskan peran, hak, serta tanggungjawab seorang pemandu wisata
2. Peserta mampu mencontohkan teknik memandu wisata sesuai dengan prosedur yang ada
3. peserta mampu menyebutkan prosedur layanan transfer in dan transfer out
4. peserta mampu mencontohkan layanan pemanduan city tour dan local guide
5. peserta mampu mengidentifikasi gejala gejala konflik yang mungkin muncul saat pemanduan dan mengatasinya
6. peserta mampu mencontohkan prosedur kesehatan, keamanan, serta keselamatan di tempat kerja
7. peserta mampu menunjukan sikap ramah, berani, percaya diri, lugas, jelas dan sabar dalam pemanduan wisata
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. syarat syarat seorang pemandu wisata
2. kode etik pemandu wisata indonesia
3. fungsi dan tugas pemandu wisata
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. mengikuti prosedur dalam teknik pemanduan wisata
2. Melaksanakan pemanduan wisata
3. menghindari kesalahan seorang pemandu wisata
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. ramah dalam melakukan pemanduan wisata
2. berani dan percaya diri dalam melakukan pemanduan wisata
3. bertanggung jawab terhadap barang yang dibawakan oleh pemandu wisata
Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh :
1. Pendidikan Minimal SMA
2. Memiliki Handphone/laptop dan koneksi internet
3. Bekerja atau memiliki latar belakang pendidikan bidang perhotelan & pariwisata tingkat dasar
Durasi Per Sesi
TOPIK 1 Profesi Pemandu Wisata (Tour Guide) 64 menit
TOPIK 2 Persiapan dan Teknik Pemanduan 76 menit
TOPIK 3 Layanan Transfer 60 menit
TOPIK 4 Layanan Pemanduan 89 menit
TOPIK 5 Mengatasi Situasi Konflik 83 menit
TOPIK 6 Mengikuti Prosedur Hygienis di Tempat Kerja 12 menit
Total Durasi
376 Menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Rabu 19.00-20.00
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Mode Penyampaian
Self Paced Learning : Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.
Metode Evaluasi
1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Profil Pengajar
Ameliya Rosita
Ameliya Rosita merupakan Alumnus Pascasarjana dari Universitas Gadjah Mada, dan Erasmus Grants dari WU Wien University, Vienna, Austria. Selain memiliki sertifikasi kompetensi BNSP untuk City Tour Guide, Overland Tourist Guide, Tour Leader, Museum Guide, Travel Consultant, beliau merupakan Founder dari Trex Tour serta telah mendapatkan berbagai penghargaan di bidang Kepemanduan.
Panduan Redeem Voucher
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"
Kontak Lembaga Pelatihan
Thnkps://cakap.com/prakerja/
Hotline: +6282325898644
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
4.7
/5
(180 Rating)
0
0
0
0
0
Rp500.000