Pembelajaran Mandiri
Belajar Mengatur Arsip Dengan Tepat Untuk Juru Tata Usaha Pengarsipan
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti?
Pengarsipan mempunyai peran yang sangat besar dalam sebuah organisasi, institusi maupun sebuah perusahaan. Jika pengelolaan arsip dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai kaidah kearsipan, maka akan menghadirkan manfaat yang besar. Dengan kompetensi pengelolaan arsip yang baik, peserta akan dapat mendukung berjalannya kegiatan suatu perusahaan, terdapat bahan bukti dari suatu kegiatan sekaligus data informasi yang tertata dan akurat, memudahkan pencarian dokumen dan lain-lain.
Apa tujuan dari program ini?
Dengan adanya pelatihan ini peserta dapat mengembangkan kompetensinya dalam hal mengatur arsip/dokumen untuk Juru Tata Usaha Pengarsipan dengan teori pembelajaran yang aplikatif. Seluruh aspek kompetensi seperti pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam program ini akan bermanfaat bagi peserta yang akan berkarir di bidang Pengarsipan.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program ini, peserta akan mempelajari bagaimana pentingnya arsip bagi organisasi, fungsi dan landasan hokum arsip, siklus hidup arsip, sistem pengendalian surat, sistem agenda, proses masuk dan keluar surat, sistem dan cara penggunaan kartu kendali, memberkaskan arsip, penggolongan arsip, penanganan arsip Inaktif dan penyusutan arsip.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan aspek-aspek pembelajaran dalam mengatur arsip/dokumen untuk jenis-jenis pekerjaan seperti Juru Arsip, Staf Administrasi, Staf Legal, Admin Database dan sebagainya.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam mengatur arsip sebagai juru tata usaha pengarsipan dengan standar nasional pengarsipan (SKKNI bidang kearsipan ) dan prosedur yang berlaku.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan kegunaan atau arti penting arsip bagi masing masing organisasi atau lembaga yang memilikinya.
2. Peserta mampu menjelaskan pengertian arsip dari beberapa sudut pandang.
3. Peserta mampu menjelaskan berbagai macam landasan hukum yang mengatur kearsipan.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Empat arti penting arsip/dokumen untuk sebuah organisasi
2. Pembagian arsip menjadi arsip dinamis dan arsip statis
3. Tiga tahap proses pengarsipan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mengelola dan mengatur arsip sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku
2. Memproses surat masuk dan surat keluar berdasarkan sistem pola baru dan pola lama
3. Membuat dan mengisi buku agenda untuk pengendalian sistem pola lama
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Bertanggung jawab dalam mengelola dan mengatur arsip sesuai dengan Undang-Undang dan aturan yang berlaku
2. Bertanggung jawab dan teliti dalam memproses surat masuk dan surat keluar
3. Bertanggung jawab dan teliti dalam melakukan pembenahan arsip dan penyusutan arsip
Kelompok Sasaran
1. Pendidikan Minimal SMA
2. Memiliki smartphone/laptop dan jaringan internet.
3. Bekerja atau memiliki latar belakang pendidikan bidang Pengarsipan tingkat dasar.
Durasi Per Sesi
TOPIK 1 : Arti Penting Arsip/Dokumen Bagi Organisasi 7 menit
TOPIK 2 : Pemahaman Tentang Arsip/Dokumen 8 menit
TOPIK 3 : Landasan Hukum & Definisi Arsip/Dokumen 9 menit
TOPIK 4 : Perbedaan Arsip/Dokumen Berdasarkan Fungsi 9 menit
TOPIK 5 : Siklus Hidup Arsip/Dokumen (Life Cycle) 8 menit
TOPIK 6 : Sistem Pengendalian Surat 8 menit
TOPIK 7 : Sistem Agenda (Sistem Pola Lama) 26 menit
TOPIK 8 : Sistem Kartu Kendali (Sistem Pola Baru) 55 menit
TOPIK 9 : Memberkaskan Arsip/Dokumen 62 menit
TOPIK 10 : Penilaian Arsip/Dokumen 27 menit
TOPIK 11 : Penilaian Arsip/Dokumen 74 menit
TOPIK 12 : Penyusutan Arsip/Dokumen 85 menit
Total Durasi
385 menit
Kapasitas Peserta
500 peserta
Level Pelatihan
Basic
Mode Penyampaian
Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.
Metode Evaluasi
1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Profil Pengajar
Muhamad Apri Parayogi
M. Apri Parayogi adalah sarjana lulusan Ilmu Kearsipan dari Universitas Indonesia yang sudah berpengalaman bekerja di bidang kearsipan selama 22 tahun. Pengalaman kearsipan sudah malang melintang, dimulai dengan menjadi praktisi & menjadi Arsiparis teladan tingkat nasional tahun 1997 hingga menjadi konsultan sistem kearsipan untuk beberapa perusahaan maupun BUMNIS.
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Jumat 09.00-10.00Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"
Kontak Lembaga Pelatihan
WhatsApp +62 812-8716-0055
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
4.7
/5
(73 Rating)
0
0
0
0
0
Rp500.000