Pembelajaran Mandiri
Belajar Mengawasi Departemen Housekeeping untuk Floor Supervisor
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diambil? Usaha akomodasi merupakan usaha jasa pelayanan yang rumit pengelolaannya dan seluruh fasilitasnya kemungkinan disediakan untuk selama 24 jam. Setiap hotel mempunyai bagian untuk menunjang jalannya operasional hotel supaya berjalan dengan baik dan lancar, salah satunya departemen tata graha. Floor Supervisor adalah bagian dari manajemen Housekeeping yang bertanggung jawab atas semua kebersihan kamar dan koridor serta kinerja dari Room Attendant sebagai stafnya.
Maka, seorang Floor Supervisor memiliki peranan penting dalam berjalannya kegiatan kerja departemen Housekeeping untuk dapat menyediakan akomodasi yang bersih serta pelayanan tamu hotel yang berkualitas. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta dapat memiliki kesempatan untuk memperdalam bidang serta tanggung jawab seorang Floor Supervisor dan berkontribusi dalam berjalannya perkembangan bisnis perhotelan dengan menjaga kualitas Housekeeping.
Apa tujuan dari program ini? Program ini bertujuan untuk mempelajari kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap terkait pekerjaan sebagai Floor Supervisor di departemen Housekeeping. Dengan metode ajar ceramah, demonstrasi serta studi kasus, peserta dapat mempelajari teori-teori aplikatif dan lengkap dari segala aspek. Sehingga materi-materi tersebut dapat bermanfaat bagi peserta yang akan terjun berkarir dalam bidang perhotelan divisi Housekeeping sebagai seorang Floor Supervisor.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam pelatihan self-paced learning ini, peserta
akan mempelajari aspek pengetahuan,
keterampilan, sikap dengan topik sebagai berikut:
bagaimana cara mengembangkan pengetahuan
tentang industri perhotelan, memantau kegiatan
kerja, mengembangkan hubungan baik dengan
tamu, menyediakan layanan Housekeeping untuk
tamu, rekonsiliasi kamar, penanganan Lost &
Found, melakukan kerjasama dengan kolega dan
pelanggan.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan materi
yang diajarkan dalam pelatihan ini?
Dengan mengikuti program ini, peserta dapat
memiliki peluang untuk mengaplikasikan aspekaspek yang telah dipelajari untuk melanjutkan
karir di departemen Housekeeping, industri
perhotelan. Sebagai seorang Floor Supervisor,
dapat mengembangkan karirnya ke jenjang
manajemen yang lebih tinggi seperti Manager
dan General Manager
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam mengawasi departemen housekeeping di industri perhotelan sebagai Floor Supervisor dengan standar nasional (SKKNI) dan prosedur yang berlaku.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan penggunaan
standar kinerja tinggi, sektor kerja dan aktivitas
kerja harian Floor Supervisor.
2. Peserta mampu mengakses sumber-sumber informasi secara benar sesuai dengan prosedur yang berlaku.
3. Peserta mampu memberikan informasi terkait aktivitas kerja harian kepada pelanggan dan kolega.
4. Peserta mampu menjelaskan SOP kerja Floor Supervisor.
5. Peserta mampu menjelaskan prosedur
rencana operasional dan pemantauan kegiatan
kerja.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Prosedur Perusahaan
2. Standar Kinerja dan Aktivitas Kerja Harian
3. Tugas dan Wewenang Floor Supervisor
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mengakses dan Meningkatkan Informasi Sektor Kerja
2. Mengakses Sumber-Sumber Informasi Secara Benar
3. Memberikan Pengetahuan Kepada Pelanggan
dan Kolega Terkait Aktivitas Kerja Harian
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Tanggung Jawab
2. Ramah dan Sopan
3. Cermat dan Tepat dalam Memberikan Arahan
Kelompok Sasaran
1. Pendidikan Minimal SMA
2. Memiliki handphone/laptop dan jaringan internet
3. Bekerja atau memiliki latar belakang bidang perhotelan
4. Memiliki pengalaman sebagai Housekeeping di bidang perhotelan
Durasi Per Sesi
TOPIK 1 Mengembangkan
Pengetahuan tentang Industri
Perhotelan 39 menit
TOPIK 2 Memantau Kegiatan Kerja 44 menit
TOPIK 3 Mengikuti Prosedur
Kesehatan, Keselamatan dan
Keamanan di Tempat Kerja 49 menit
TOPIK 4 Memulai Percakapan dan
Mengembangkan Hubungan Baik
Dengan Tamu 51 menit
TOPIK 5 Menyediakan Layanan
Housekeeping untuk Tamu 50 menit
TOPIK 6 Rekonsiliasi Kamar 39 menit
TOPIK 7 Penanganan Lost & Found 37 menit
TOPIK 8 Melakukan Kerjasama Dengan
Kolega dan Pelanggan 50 menit
Total Durasi
361 menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Level Pelatihan
Intermediate
Mode Penyampaian
Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.
Metode Evaluasi
1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Profil Pengajar
Bandu Mardriarso
Bapak Bandu Mardriarso adalah seorang Hotel Business Consultant yang telah berkecimpung di bidang Perhotelan sejak tahun 2014. Beliau telah memiliki pengalaman bekerja lebih dari 7 tahun di berbagai hotel ternama di Indonesia.
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Selasa 15.30 - 16.30 1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir 2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu 3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan
klik "redeem"
Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
WhatsApp +62 812-8716-0055
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
4.8
/5
(29 Rating)
0
0
0
0
0

Rp500.000

