Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Mengelola Operasional Pergudangan untuk Calon Manajer Gudang

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Belajar Mengelola Operasional Pergudangan untuk Calon Manajer Gudang

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.7(255)
302 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti? 
Fungsi gudang saat ini tidak hanya sebagai tempat singgah muatan/barang. Namun juga sebagai tempat penerimaan, penyimpanan, bahkan tempat pendistribusian barang order kepada pelanggan. Bahkan jika melihat fenomena ramainya marketplace saat ini, kesibukan aktivitas gudang tentunya semakin bertambah. Di sinilah peran penting seorang warehouse manager dalam mengelola kegiatan pergudangan. Selain mengawasi dan mengontrol aktivitas warehouse,seorang manajer gudang juga perlu memiliki keterampilan dalam memimpin tim kerja/kelompoknya. Maka dari itu, penting bagi seorang warehouse manager/manajer gudang untuk memiliki kompetensi dalam mengelola operasional pergudangan dengan baik dan mematuhi standar serta prosedur yang berlaku.
Apa tujuan dari program ini? 
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah dalam mengelola operasional pergudangan untuk manajer gudang. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini dapat bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi peserta yang ingin memulai karier sebagai manajer gudang/warehouse manager atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier di bidang tersebut.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang pengenalan okupasi warehouse manager, mengelola pengiriman barang atau kargo, mengelola stok barang, memantau fasilitas penyimpanan, memimpin tim atau kelompok kerja, mengonsolidasikan pengiriman, membuat laporan dan melakukan monitoring serta evaluasi.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan operasional pergudangan untuk manajer gudang, warehouse manager, warehouse lead, section head warehouse.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam mengelola operasional pergudangan untuk manager gudang (SKKNI Pergudangan) dan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan deskripsi kegunaan warehouse, karakteristik dan perbedaan jenis warehouse serta deskripsi, tanggung jawab, dan peluang karier warehouse manager
2. Peserta mampu menjelaskan definisi, fungsi, tujuan, dan manfaat warehouse management system serta menerapkan prinsip dan prosedur operasional warehouse management dengan menunjukkan sikap teliti dan cermat
3. Peserta mampu menjelaskan teknik dalam mengelola stok barang dan mengimplementasikan tahapan dalam mencatat stok barang dengan menunjukkan sikap teliti, hati-hati, dan bertanggung jawab sesuai dengan prosedur yang berlaku
4. Peserta mampu mengidentifikasi strategi dalam menangani stok barang di gudang serta mengatasi masalah dalam mengelola stok barang di gudang dengan menunjukkan sikap solutif, analitis, dan teliti
5. Peserta mampu menjelaskan faktor penyebab ketidaksesuaian barang di gudang dengan di laporan serta menerapkan langkah-langkah menyusun barang di gudang berdasarkan kategori dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab dan teliti sesuai dengan prosedur yang berlaku
6. Peserta mampu mengidentifikasi dan menangani pengemasan barang/kargo secara hati-hati dan teliti sesuai dengan prosedur yang berlaku.
7. Peserta mampu menjelaskan komponen perencanaan anggaran dan menyusunnya dengan menunjukkan sikap teliti, cermat dan efisien
8. Peserta mampu menjelaskan teknik dalam mengatasi kendala dalam pengiriman barang sesuai prosedur yang berlaku dengan menunjukkan sikap solutif dan analitis
9. Peserta mampu menjelaskan unsur dan prinsip tata letak gudang dan mengimplementasikan teknik dalam menyimpan barang di gudang dengan menunjukkan sikap perhatian terhadap detail dan sesuai dengan kaidah yang berlaku
10. Peserta mampu menerapkan aturan dalam penataan barang di gudang dan mengimplementasikan langkah-langkah dan hal penting yang harus diperhatikan dalam meningkatkan efisiensi gudang dengan menunjukkan sikap hati-hati dan teliti
11. Peserta mampu mengimplementasikan strategi dalam melakukan kegiatan pemantauan penyimpanan di gudang dengan hati-hati dan teliti serta sesuai dengan prosedur yang berlaku
12. Peserta mampu menerapkan strategi dalam menanggapi pelanggaran prosedur penyimpanan di gudang serta mengatasi masalah dalam menanggapi pelanggaran prosedur penyimpanan di gudang dengan menunjukkan sikap solutif, bijaksana, dan analitis
13. Peserta mampu menjelaskan jenis dan massa barang/muatan, tata cara mengelola penataan barang saat pengiriman, daftar moda transportasi/operator jasa angkutan dalam kegiatan pergudangan serta menyusun rencana anggaran pengiriman barang sesuai dengan prosedur yang berlaku
14. Peserta mampu melakukan tahapan dalam mengirim barang dari beberapa wilayah ke satu pelanggan dengan menunjukkan sikap teliti, hati-hati, dan disiplin
15. Peserta mampu mengatasi masalah dengan menerapkan strategi dalam menghadapi tantangan pendistribusian barang dengan menunjukkan sikap analitis dan solutif
16. Peserta mampu menyusun standar operasional pergudangan berdasarkan elemen dan prinsip dalam standar operasional dengan menunjukkan sikap teliti dan taat azas terhadap prosedur yang berlaku
17. Peserta mampu mengidentifikasi susunan, tugas serta tanggung jawab staf gudang dan membuat susunan indikator kinerja staf gudang untuk penilaian sesuai dengan prosedur yang berlaku dan dengan menunjukkan sikap teliti dan taat azas
18. Peserta mampu mengatasi konflik dengan menerapkan teknik menangani konflik dalam tim dengan menunjukkan sikap tanggap, bijaksana, dan cekatan
19. Peserta mampu mengidentifikasi prinsip SHE (Safety, Healthy, Environment) dan menerapkannya ketika bekerja di gudang dengan menunjukkan sikap hati-hati dan taat azas
20. Peserta mampu menerapkan prinsip pelaksanaan K3 dan evakuasi darurat dalam bekerja dengan menunjukkan sikap berhati-hati dan tanggap sesuai dengan prosedur yang berlaku
21. Peserta mampu menjelaskan tujuan dan menerapkan manfaat dalam pelaksanaan monitoring dan controlling di gudang sesuai kaidah dan prosedur yang berlaku 
22. Peserta mampu melakukan pelaporan aktivitas pergudangan dengan memerhatikan unsur-unsur dalam laporan kegiatan gudang dengan menunjukkan sikap teliti dan cermat
23. Peserta mampu menerapkan strategi dalam menangani masalah ketika melakukan pelaporan kegiatan warehouse dengan menunjukkan sikap solutif dan analitis

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
1. Deskripsi kegunaan warehouse
2. Karakteristik dan perbedaan masing-masing warehouse
3. Deskripsi tugas dan tanggung jawab warehouse manager

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menerapkan prinsip dan prosedur operasional warehouse management
2. Mengimplementasikan teknik dalam mengelola stok barang dan tahapan dalam mencatat stok barang di gudang
3. Mengatasi masalah dalam mengelola stok barang di gudang

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Memerhatikan dengan detail konsep dasar warehouse dan peluang okupasi warehouse manager
2. Memerhatikan dengan detail definisi, fungsi, tujuan, dan manfaat warehouse management system
3. Teliti dan cermat dalam menerapkan prinsip dan prosedur operasional warehouse management

Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh:
1. Peserta dengan pendidikan minimal D3 dan pengalaman di bidang pergudangan 
2. Peserta yang memiliki ketertarikan di bidang logistik/pergudangan/warehouse
3. Peserta yang memiliki bisnis/usaha dan membutuhkan kompetensi pengelolaan gudang
4. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet memadai

Durasi Per Sesi
TOPIK 1. Pengenalan Okupasi Warehouse Manager : 37 menit 20 detik
TOPIK 2. Mengelola Stok Barang : 87 menit 56 detik
TOPIK 3. Mengelola Pengiriman Barang/Kargo : 38 menit 8 detik
TOPIK 4. Memantau Fasilitas Penyimpanan : 53 menit 6 detik
TOPIK 5. Proses Distribusi Barang : 51 menit 42 detik
TOPIK 6. Memimpin Tim/Kelompok Kerja : 66 menit 35 detik
TOPIK 7. Membuat Laporan dan Melakukan Monitoring serta Evaluasi : 35 menit 50 detik

Total Durasi
370 menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Selasa pukul 13.00-14.00

Level Pelatihan
Intermediate / Tingkat Menengah

Metode Pembelajaran

Self-paced Learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif, dan penugasan

Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

 

Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar
Rachmad Anwar
Rachmad Anwar merupakan seorang Section Head Warehouse. Ia sudah berpengalaman dalam bidang logistik dan pergudangan selama lebih dari 10 tahun. Anwar memulai kariernya di bidang logistik pada tahun 2008. Keterampilan dan ketelitiannya dalam meniti karier di bidang inilah yang membawa beliau sampai tahap menjadi seorang manajer gudang di sebuah perusahaan logistik.

Panduan Redeem Voucher

1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar

2. Registrasikan dirimu

3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu

4. Klik tombol "Tukar Kode"

Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com

Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(255 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp200.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved