Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Mengelola Produk dan Modal untuk Calon Pengusaha Kedai Kopi

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Belajar Mengelola Produk dan Modal untuk Calon Pengusaha Kedai Kopi

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.8(1K)
1345 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti? 
Kopi merupakan minuman yang digemari banyak orang. Kopi biasanya menjadi minuman pelengkap bahkan kini tradisi minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Dilansir https://www.jurnal.id/ dengan banyaknya pecinta kopi, baik usia remaja hingga dewasa, maka banyak bermunculan usaha kedai kopi yang menawarkan kopi dengan menu dan harga yang bervariasi dengan tempat yang nyaman. Sehingga, dengan peluang tersebut sangat baik dimanfaatkan untuk membuka usaha kedai kopi. Namun, kini usaha kedai kopi sudah sangat menjamur di pasaran. Persaingan antar usaha kedai kopi semakin sengit. Dilansir https://www.cnnindonesia.com/ pertumbuhan bisnis kopi akan semakin pesat. Sehingga, tentu tantangan yang akan dihadapi para pengusaha kedai kopi semakin meningkat. Meskipun demikian, untuk memulai dan mengelola usaha kedai kopi yang berhasil, pengusaha kedai kopi tidak cukup hanya memiliki pengetahuan tentang kopi saja. Keberhasilan usaha kedai kopi sendiri tergantung dari bagaimana mengelola dan menjalankannya sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pengusaha kedai kopi perlu menguasai kompetensi untuk mengidentifikasi peluang usaha secara cermat, melakukan perhitungan modal dan biaya operasional yang akurat, serta merancang dan mengembangkan produk kedai kopi yang kreatif. Akan tetapi, tidak semua pengusaha kopi mengenal dan menguasai kemampuan tersebut. Dari adanya peluang tersebut, pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengusaha yang mampu untuk memulai dan mengelola usaha kedai kopi. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, demonstrasi dan studi kasus dari pemateri, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini. 
Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah menjadi wirausahawan kedai minuman khususnya kedai kopi. Pengetahuan dan keterampilan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi peserta yang ingin memulai usaha sebagai wirausahawan kedai kopi atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berwirausaha di bidang tersebut.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari peluang usaha kedai kopi, melakukan perhitungan modal dan biaya operasional usaha kedai kopi, serta merencanakan dan mengembangkan produk usaha kedai kopi.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan usaha kedai minuman khususnya kedai kopi, dan kedai minuman lainnya.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam memulai dan mengelola usaha kedai kopi untuk wirausahawan kedai minuman sesuai dengan kompetensi wirausaha berdasarkan perencanaan usaha kedai minuman yang baik.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan definisi wirausaha serta mampu menguraikan seperti apa motivasi dan karakter seorang pengusaha.
2. Peserta mampu menunjukkan karakter yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha secara umum.
3. Peserta mampu menguraikan gambaran dari seorang pengusaha kedai kopi dan cakupan pekerjaannya. 
4. Peserta mampu menjelaskan macam-macam karakteristik dan motivasi untuk menjadi seorang pengusaha kedai kopi. 
5. Peserta mampu menjelaskan cakupan industri kopi dan perkembangan usahanya di Indonesia.
6. Peserta mampu mendeteksi faktor penentu keberhasilan dan kegagalan usaha kedai kopi.
7. Peserta mampu menelaah keberhasilan yang dialami pada usaha kedai kopi.
8. Peserta mampu mengklasifikasi faktor pemicu kegagalan yang harus dihindari oleh pengusaha kedai kopi.
9. Peserta mampu menunjukan sikap reflektif diri untuk mempunyai karakter dan mental pengusaha yang sukses.
10. Peserta mampu menjelaskan konsep dasar peluang bisnis serta mampu menerangkan peluang usaha kedai kopi dengan menunjukkan sikap cermat dan teliti.
11. Peserta mampu mengidentifikasi pendekatan seleksi ide bisnis kedai kopi.
12. Peserta mampu menerapkan pendekatan analisis kelayakan.
13. Peserta mampu menerangkan cara menentukan ide bisnis yang tepat.
14. Peserta mampu membuat business model canvas usaha bisnis kopi dengan teliti.
15. Peserta mampu menerapkan tips dan trik sebelum memulai eksekusi bisnis kedai kopi.
16. Peserta mampu menganalisis cara melakukan eksekusi ide bisnis kedai kopi serta mampu mengimplementasikannya. 
17. Peserta mampu mendeteksi peluang perencanaan fasilitas dan operasional kedai kopi
18. Peserta mampu menerangkan konsep dasar modal serta mampu memahami peran modal dalam proses usaha.
19. Peserta mampu mengidentifikasi berbagai sumber modal untuk memulai usaha kedai kopi.
20. Peserta mampu mengimplementasikan perhitungan modal awal dan titik impas secara akurat sesuai rumus perhitungannya. 
21. Peserta mampu menjelaskan konsep dasar biaya untuk untuk menentukan biaya produksi bisnis kedai kopi.
22. Peserta mampu memperagakan perhitungan biaya operasional secara akurat sesuai rumus biaya produksi. 
23. Peserta mampu menyusun strategi penentuan harga produk.
24. Peserta mampu memperagakan perhitungan harga produk secara akurat sesuai rumus menghitung harga produk. 
25. Peserta mampu menjelaskan konsep dasar laporan keuangan untuk mengelola keuangan usaha.
26. Peserta mampu memperagakan pembuatan laporan keuangan sederhana untuk mengelola keuangan usaha.
27. Peserta mampu menunjukan sikap terampil dalam membuat laporan keuangan sederhana untuk mengelola keuangan usaha 
28. Peserta mampu menjelaskan strategi perencanaan produk usaha kedai kopi yang memiliki nilai tambah. 
29. Peserta mampu menyusun strategi pengembangan produk kedai kopi sesuai kebutuhan pasar.
30. Peserta mampu mengidentifikasi nilai tambah dan keunikan produk usaha kedai kopi. 
31. Peserta mampu menunjukkan cara merancang dan mengelola menu kedai kopi.
32. Peserta mampu menguraikan aspek pengemasan dan penyajian produk.
33. Peserta mampu menunjukan sikap kreatif dalam melakukan pengemasan produk usaha kedai kopi dengan teknik pengemasan yang tepat.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
1. Definisi wirausaha
2. Motivasi dan Karakteristik Wirausaha
3. Cakupan tentang kopi dan perkembangannya di Indonesia

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Memahami definisi wirausaha
2. Menunjukkan seperti apa kegiatan pengusaha kedai kopi
3. Menerapkan motivasi menjadi seorang pengusaha

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Teliti dalam memahami definisi wirausaha dan mengenali pengusaha kedai kopi 
2. Cermat dalam menerapkan motivasi menjadi seorang pengusaha 
3. Cakap dalam menunjukkan karakter yang harus dimiliki oleh pengusaha

Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh : 

1. Peserta yang memiliki ketertarikan dengan kopi

2. Peserta yang memiliki pengetahuan dasar tentang kopi

3. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet

4. Peserta memiliki aplikasi microsoft excel atau spreadsheet

5. Tingkat Pendidikan minimal lulus SMA. 


Durasi Per Sesi
TOPIK 1 - Menjadi Pengusaha Kedai Kopi (100:27 menit)
TOPIK 2 - Peluang Usaha Kedai Kopi (91:48 menit)
TOPIK 3 - Penghitungan Modal dan Biaya Operasional Usaha Kedai Kopi (112:38 menit)
TOPIK 4 - Perencanaan Produk untuk Usaha Kedai Kopi (79:9 menit)

Total Durasi|
384 Menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Hari Selasa Pukul 15:00 - 16:00 WIB

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Profil Pengajar
Sapto Priantomo
Sapto Priantomo adalah seorang Chef yang juga seorang pengusaha dan pendidik yang memiliki keahlian dalam bidang hospitality service dengan pengalaman selama 15 tahun di bidang Hospitality and Management di beberapa hotel berbintang, restoran, dan catering di Indonesia. Beliau adalah founder dari Onyx Management, Star Hotel Institute dan Star4Hire. Karirnya dimulai dari memasak di restoran di Melbourne, Australia dan New York, serta bekerja sebagai profesional di perusahaan penyedia pelayanan. Beliau melanjutkan karirnya dengan mengembangkan bisnis hotel dan mendirikan Onyx Management and Residence sebagai properti pertamanya di Jakarta, yang terfokus pada pelayanan catering dan restoran.

Panduan Redeem Voucher
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, klik tombol menu "Upskill"
4. Klik tulisan "Redeem"
5. Masukan kode voucher dan klik "redeem"

Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com

Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(1255 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp300.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved