Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Mengelola Transaksi dan Operasional Bank untuk Bankir

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Belajar Mengelola Transaksi dan Operasional Bank untuk Bankir

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.9(156)
179 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti?
Peran SDM dalam lembaga jasa keuangan khususnya perbankan sangat penting karena usaha bisnis perbankan termasuk salah satu jenis usaha pelayanan jasa yang berhubungan dengan finansial/pengelolaan dana masyarakat. Dalam hal tersebut, bank dituntut untuk mampu memberi layanan yang baik kepada nasabah sehingga nasabah dapat merasakan kenyamanan dan kepuasan.
Sumber daya manusia yang ikut terlibat di instansi bank sewajarnya diambil dari orang yang sudah berpengalaman dan memiliki kompeten di bidangnya agar pelayanan kepada nasabah dapat dilakukan secara optimal. Seorang petugas bank wajib memiliki kompetensi yang memadai dalam menjalankan tugas sehari-hari khususnya yang berkaitan dengan operasional bank.
Operasional bank memiliki peran dalam mendukung kegiatan bisnis dengan selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian, dalam penerapan prinsip tersebut tentunya memerlukan wawasan, keterampilan dan sikap yang memadai yang harus dimiliki bagi petugas operasional bank.
Melalui program ini peserta akan diberikan penjelasan terkait pengetahuan produk-produk bank, gambaran tugas sehari-hari petugas operasional bank dan contoh kasus yang sering terjadi beserta solusinya. Dengan begitu peserta akan mampu meningkatkan wawasan, hard skill dan soft skill yang dimiliki, sehingga dapat lebih percaya diri dalam menjalankan tugas sehari-hari pada kegiatan operasional bank. 

Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Bankir yang mampu mengelola transaksi dan operasional bank sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini dapat bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karir sebagai seorang Bankir atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarir di bidang operasional bank.

Apa saja yang diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan mempelajari kompetensi profesi Bankir, transaksi Back Office, transaksi proses end of period, disbursement kredit, administrasi kredit, laporan kinerja operasional bank, dan SOP operation.

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan dalam pekerjaan back office, admin kredit dan fungsi prosedur serta pendukung operasi.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam mengelola transaksi dan operasional bank untuk Bankir dengan standar nasional (SKKNI) dan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan kompetensi profesi bankir, fungsi serta tanggung jawab atas kegiatan operasional bank.
2. Peserta mampu menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menjalankan tanggung jawab sebagai staf operasional bank.
3. Peserta mampu menjelaskan produk pihak ketiga bank, produk jasa bank, deposito, risiko operasional serta tata cara penyelesaian pengaduan nasabah.
4. Peserta mampu bersikap patuh terhadap ketentuan yang berlaku serta teliti dan cermat dalam melaksanakan transaksi back office.
5. Peserta mampu melaksanakan transaksi back office serta berkomunikasi dengan pihak eksternal.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
1. Kompetensi profesi Bankir
2. Fungsi dan tanggung jawab kegiatan operasional bank
3. Produk pihak ketiga bank
4. Produk jasa bank, deposito dan risiko operasional
5. Tata cara penyelesaian pengaduan nasabah

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Melaksanakan transaksi back office serta berkomunikasi dengan pihak eksternal
2. Melakukan transaksi proses End of Period
3. Melakukan disbursement kredit dan berkomunikasi dengan pihak internal maupun eksternal sesuai prosedur yang berlaku

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Hati-hati dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas sebagai staf operasional bank
2. Patuh terhadap ketentuan yang berlaku serta teliti dan cermat dalam melaksanakan transaksi back office
3. Teliti dan hati-hati dalam melakukan proses transaksi dan disbursement kredit

Kelompok Sasaran
1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK
2. Memiliki perangkat dan jaringan internet
3. Memiliki ketertarikan dengan bidang perbankan khususnya operasional bank
4. Memiliki latar belakang bidang pembukuan di industri perbankan atau operasional bank

Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Kompetensi Profesi Bankir (11 menit 54 detik)
TOPIK 2: Transaksi Back Office (112 menit 32 detik)
TOPIK 3: Transaksi Proses End of Period (31 menit 4 detik)
TOPIK 4: Melakukan Disbursement Kredit (129 menit 48 detik)
TOPIK 5: Melakukan Administrasi Kredit (117 menit 56 detik)
TOPIK 6: Melaporkan Kinerja Operasional Bank (49 menit 15 detik)
TOPIK 7: SOP Operation (52 menit 13 detik)

Total Durasi
504 menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Sabtu 14.30-15.30

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Mode Penyampaian

Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.


Metode Evaluasi

1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar
Reza Septianto
Reza Septianto adalah seorang Bankir Profesional dengan pengalaman selama 10 tahun bekerja di bank swasta nasional pada bagian Prosedur dan Pendukung Operasi Bank. Ia bertanggung jawab atas pembuatan seluruh prosedur bank dan melakukan support terhadap terkait dengan operasional cabang, baik terkait dengan Kredit, DPK ataupun layanan E-channel bank. Reza Septianto menyelesaikan pendidikan Pascasarjana-nya di Universitas Brawijaya pada tahun 2016 dengan memperoleh gelar Magister Management.

Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055
Website Lembaga : https://cakap.com


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.9

/5

(156 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved