Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Mengorganisir Kebutuhan Tamu Hotel untuk Banquet Supervisor

Pembelajaran Mandiri

Belajar Mengorganisir Kebutuhan Tamu Hotel untuk Banquet Supervisor

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diambil?
Dalam industri perhotelan, terdapat departemen-departemen yang sangat besar perannya dalam perkembangan bisnis suatu hotel. Selain sarana akomodasi, terdapat pelayanan yang diberikan dari departemen Banquet. Keberadaan Banquetsangat penting karena di samping penyuplai bermacam-macam pelayanan makanan dan minuman yang dibutuhkan tamu juga perlu penampilan khusus dan perencanaan acara (function) baik untuk event domestik maupun internasional. Untuk itu perlu diketahui bahwa pekerjaan di Banquet Department perlu Supervisor yang profesional dan handal dalam mengorganisir team, mengingat yang dilayani adalah pelayanan makanan & minuman serta penanganan persiapan tempat.
Pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Banquet Supervisor di industri perhotelan. Dengan metode pengajaran yang interaktif, demonstrasi dari pemateri, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga dapat membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.

Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah menjadi seorang Banquet Supervisor yang mampu untuk mengorganisir kebutuhan tamu dengan baik di sebuah hotel. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karir sebagai seorang Banquet Supervisor atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarir sebagai seorang Banquet Supervisor maupun di divisi Food & Beverage Department.

Apa saja yang diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan mempelajari bagaimana merencanakan, menyiapkan dan menampilkan makanan untuk Buffet, menyiapkan paket bahan makanan, merencanakan konsep total untuk perayaan atau pesta besar, mengorganisir operasional masakan dalam jumlah besar, mengorganisasikan pesta, memantau kinerja staf, fasilitas yang berhubungan dengan kontak jasa boga komersial, prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja, melakukan kerja dalam lingkungan sosial yang beragam dan mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan. Dengan mempelajari topik-topik tersebut peserta dapat meningkatkan atau menambah kompetensi dan keterampilan sebagai seorang Banquet Supervisor.

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan divisi Food & Beverage Department di industri perhotelan.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam mengorganisir kebutuhan tamu hotel untuk Banquet Supervisor dengan standar nasional (SKKNI bidang Hotel dan Restoran) serta prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan tugas dan tanggung jawab Banquet Supervisor.
2. Peserta mampu menjelaskan metode perencanaan, persiapan, dan penampilan Buffet serta bahan maupun peralatan yang dibutuhkan.
3. Peserta mampu bertanggung jawab atas pekerjaannya sendiri dan pekerjaan tim serta mampu bekerja sama dengan atasan maupun kolega.
4. Peserta mampu merencanakan dan menyiapkan makanan untuk Buffet sesuai permintaan pelanggan dan prosedur yang berlaku. 
5. Peserta mampu menjelaskan prosedur persiapan, pengemasan, pemberian label makanan termasuk kriteria kemasan dan jenis-jenis kemasan yang dapat digunakan.
6. Peserta mampu menyiapkan paket bahan makanan serta melaksanakan alur kerja proses pemaketan makanan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
7. Peserta mampu menjelaskan prosedur dalam perencanaan konsep pesta besar termasuk pemilihan tempat, anggaran maupun persiapan menu.
8. Peserta mampu bersikap teliti dan kooperatif dalam merencanakan konsep pesta sesuai dengan keinginan pelanggan.
9. Peserta mampu menjelaskan prosedur dalam mengorganisir operasional masakan dalam jumlah besar termasuk proses identifikasi jenis makanan dan proses produksinya serta penggunaan teknologi untuk penyajian makanan.
10. Peserta mampu mengorganisir operasional masakan dalam jumlah besar dan mengorganisir staf sesuai dengan prosedur yang berlaku. 
11. Peserta mampu menjelaskan prosedur dalam mengorganisasikan pesta sesuai dengan keperluan pelanggan.
12. Peserta mampu bersikap sopan dan ramah ketika berkomunikasi dengan pelanggan untuk mengatur rincian pesta dan mengidentifikasi detail pesta sesuai keperluan pelanggan.
13. Peserta mampu merealisasikan pesta sesuai keinginan pelanggan dan prosedur yang berlaku.
14. Peserta mampu menjelaskan prosedur dalam memantau kinerja staf, sistem penilaian kinerja dan cara memimpin tim secara efektif dan efisien.
15. Peserta mampu mengidentifikasi masalah kerja dan solusinya serta bersikap teliti dan cermat dalam membuat keputusan.
16. Peserta mampu menjelaskan fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan kotak jasa boga komersial serta cara penanganannya.
17. Peserta mampu menangani penyimpanan dan area penyimpanan serta menangani fasilitas layanan pelanggan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
18. Peserta mampu menjelaskan prosedur K3, cara menangani situasi darurat dan standar presentasi perorangan.
19. Peserta mampu mengaplikasikan prosedur K3 di tempat kerja dengan terampil sesuai dengan aturan yang berlaku.
20. Peserta mampu menjelaskan tata cara berkomunikasi dengan pelanggan dan kolega dari latar belakang yang beragam serta cara penanganan kesalahpahaman antar budaya yang dapat terjadi.
21. Peserta mampu bersikap sopan dan toleran ketika melaksanakan pekerjaan di lingkungan sosial yang beragam serta mampu menangani kesalahpahaman antar budaya.
22. Peserta mampu menjelaskan jenis-jenis penelitian serta prosedur pelaksanaannya.
23. Peserta mampu mengembangkan pengetahuan untuk dapat mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan dengan tepat.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Tugas dan tanggung jawab Banquet Supervisor.
2. Metode perencanaan, persiapan, dan penampilan Buffet
3. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Merencanakan dan menyiapkan makanan untuk Buffet sesuai permintaan pelanggan dan prosedur yang berlaku
2. Menyiapkan paket bahan makanan
3. Melaksanakan alur kerja proses pemaketan makanan sesuai dengan prosedur yang berlaku

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Bertanggung jawab atas pekerjaannya sendiri dan pekerjaan tim
2. Bekerja sama dengan atasan maupun kolega
3. Teliti dan kooperatif dalam merencanakan konsep pesta sesuai dengan keinginan pelanggan

Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh masyarakat umum dengan kriteria sebagai berikut.
1. Peserta dengan minimal pendidikan S1
2. Memiliki perangkat dan jaringan internet
3. Memiliki ketertarikan dengan bidang pelayanan di industri perhotelan
4. Memiliki latar belakang bidang perhotelan khususnya divisi F&B

Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Merencanakan dan Menyiapkan Makanan untuk Buffet (58 menit 44 detik)
TOPIK 2: Menyiapkan Paket Bahan Makanan (47 detik 38 detik)
TOPIK 3: Merencanakan Konsep Total untuk Perayaan atau Pesta Besar (41 menit 8 detik)
TOPIK 4: Mengorganisir Operasional Masakan dalam Jumlah Besar (53 menit 35 detik)
TOPIK 5: Mengorganisasikan Pesta (50 menit 10 detik)
TOPIK 6: Memantau Kinerja Staf (39 menit 14 detik)
TOPIK 7: Fasilitas yang Berhubungan dengan Kontak Jasa Boga Komersial (19 menit 45 detik)
TOPIK 8: Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja (25 menit 48 detik)
TOPIK 9: Melakukan Kerja dalam Lingkungan Sosial yang Beragam (17 menit 29 detik)
TOPIK 10: Mempromosikan Produk dan Jasa kepada Pelanggan (13 menit 4 detik)

Total Durasi
366 menit 35 detik

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Setiap hari Sabtu pukul 11.00-12.00

Level Pelatihan
Intermediate / Tingkat Menengah

Profil Pengajar
Bandu Mardriarso
Bapak Bandu Mardriarso adalah seorang Hotel Business Consultant yang telah berkecimpung di bidang Perhotelan sejak tahun 2014. Beliau telah memiliki pengalaman bekerja lebih dari 7 tahun di berbagai hotel ternama di Indonesia.

Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved