Belajar Menjalin Relasi Eksternal dan Internal untuk Profesional Hubungan Masyarakat
Pembelajaran Mandiri
Belajar Menjalin Relasi Eksternal dan Internal untuk Profesional Hubungan Masyarakat
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diambil?
Public Relation merupakan salah satu profesi yang memiliki peluang untuk terus ada dan bertumbuh. Profesional Hubungan Masyarakat (Public Relation) bertugas untuk merencanakan, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi informasi dan komunikasi yang menciptakan pemahaman dan pandangan positif terhadap bisnis dan organisasi lainnya (KBJI 2014). Dilansir dari https://www.cnnindonesia.com/ bahwa Public Relation memasuki peringkat ke enam untuk profesi yang paling dibutuhkan pada masa pandemi. Tidak hanya untuk perusahaan, Public Relation pun memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan pendidikan. Dilansir dari https://dikti.kemdikbud.go.id/ bahwa akan menjadi sangat baik jika kita sebagai masyarakat mampu memanfaatkan digital communication melalui kemampuan Public Relation untuk menyampaikan kabar baik maupun kabar kurang baik namun dikemas dengan tepat agar tidak membentuk opini yang salah. Hal ini menunjukkan bahwa profesi Public Relation merupakan profesi yang cukup penting dan dibutuhkan pada semua sektor.
Dari adanya peluang tersebut, program ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Public Relation yang mampu untuk menjalin relasi internal dan eksternal. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, demonstrasi, serta studi kasus yang diberikan oleh pemateri, peserta akan lebih mudah menyerap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis pada setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir program juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.
Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah menjadi Public Relation yang mampu untuk menjalin relasi eksternal maupun internal. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan dan menambah kompetensi bagi yang ingin memulai karier sebagai Public Relation atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier sebagai Public Relation.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program ini peserta akan memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar mampu untuk melaksanakan media monitoring, menjalin hubungan dengan media, membuat perencanaan program kehumasan, melaksanakan special event (ajang khusus) kehumasan, mengelola konferensi pers dan siaran pers, melaksanakan fungsi humas dalam penanganan krisis, melaksanakan kegiatan seminar, konferensi, lokakarya, rapat, membuat company profile dan laporan tahunan, dan melaksanakan fungsi juru bicara/spokesperson
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Dengan mengikuti program ini, peserta dapat memiliki bekal kompetensi untuk memulai karir dalam bidang Staff Public Relation, Senior Staff Public Relation, Public Relation Officer, Assistant Public Relation Manager, Public Relation Manager, dan Senior Public Relation Manager.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam menjalin relasi eksternal dan internal sebagai Public Relation sesuai standar nasional (SKKNI) dan prosedur yang berlaku.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan macam-macam media cetak dan media digital yang ada
2. Peserta mampu melakukan media monitoring pada jenis-jenis media yang ada
3. Peserta mampu menganalisis dan memberikan rekomendasi pada perusahaan terkait dengan hasil media monitoring
4. Peserta mampu menjelaskan prinsip-prinsip media relation
5. Peserta mampu melaksanakan media relation berdasarkan prinsip yang telah dipelajari
6. Peserta mampu melakukan evaluasi kegiatan media relation yang sudah berjalan
7. Peserta mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam melaksanakan media relation
8. Peserta mampu menjelaskan empat proses penyiapan data dalam perencanaan program Public Relation
9. Peserta mampu melakukan enam langkah dalam merumuskan program Public Relation
10. Peserta mampu menyusun program Public Relation berdasarkan hal yang telah dirumuskan sebelumnya
11. Peserta mampu menyebutkan jenis-jenis special event yang bisa dilakukan oleh Public Relation
12. Peserta mampu menyebutkan bagian-bagian proposal untuk perencanaan kegiatan Public Relation
13. Peserta mampu mencontohkan pelaksanaan kegiatan yang diadakan oleh Public Relation
14. Peserta mampu menyebutkan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan press release
15. Peserta mampu melaksanakan konferensi pers dan siaran pers sesuai dengan prosedur yang ada
16. Peserta mampu menyebutkan tahapan dalam program penanganan krisis
17. Peserta mampu menjelaskan strategi komunikasi internal dan eksternal dalam prapelaksanaan program
18. Peserta mampu melaksanakan program penanganan krisis sesuai dengan prosedur yang ada
19. Peserta mampu mencontohkan persiapan yang harus dilakukan dengan prinsip TOR sebelum melaksanakan seminar, konferensi, lokakarya, dan rapat
20. Peserta mampu melaksanakan seminar, konferensi, lokakarya, dan rapat sesuai dengan prosedur yang berlaku
21. Peserta mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam melaksanakan semua kegiatan
22. Peserta mampu menyusun laporan evaluasi untuk acara yang telah dilaksanakan
23. Peserta mampu mencontohkan format untuk merancang company profile dan laporan tahunan
24. Peserta mampu membuat company profile dan laporan tahunan berdasarkan format isi yang telah dijelaskan
25. Peserta mampu melakukan evaluasi untuk company profile dan laporan tahunan yang telah dibuat
26. Peserta mampu menunjukkan sikap teliti dalam membuat company profile dan laporan tahunan
27. Peserta mampu menyebutkan teknik dasar public speaking
28. Peserta mampu melakukan public speaking sebagai Juru Bicara
29. Peserta mampu melaksanakan evaluasi kegiatan public speaking sebagai Juru Bicara
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Jenis media
2. Proses pemilihan media
3. Prinsip-prinsip media relation
4. Empat proses dalam membuat perencanaan program kehumasan
5. Cara mencari data untuk bahan perencanaan program kehumasan
6. Jenis-jenis kegiatan yang ada pada special event
7. Struktur proposal untuk special event
8. Struktur naskah dalam pembuatan press release
9. Format penulisan naskah untuk press release
10. Kode etik jurnalistik
11. Crisis management cycle
12. Tahapan dalam penanganan krisis
13. Empat elemen dasar dari perencanaan komunikasi
14. Tahapan penyelenggaraan seminar
15. Kerangka acuan dalam melaksanakan kegiatan
16. Form checklist dan dateline
17. Format laporan kegiatan
18. Fungsi company profile
19. Contoh format annual report work plan
20. Konten dalam company profile
21. Timeline
22. Teknik dasar public speaking
23. Syarat menjadi Juru Bicara
24. Checklist evaluasi Juru Bicara
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Melakukan media monitoring
2. Menganalisis dan merekomendasikan hasil monitoring media
3. Melaksanakan kegiatan media relation
4. Mengevaluasi kegiatan media relation yang telah dilaksanakana
5. Merumuskan program kehumasan
6. Menyusun program kehumasan berdasarkan data yang telah diperoleh
7. Membuat proposal perencanaan kegiatan special event
8. Menyusun perencanaan kegiatan special event
9. Melaksanakan kegiatan special event
10. Mempersiapkan materi siaran pers
11. Memilih hari yang tepat untuk melakukan siaran pers
12. Melakukan follow up dengan media
13. Mempersiapkan program penanganan krisis
14. Melaksanakan program penanganan krisis
15. Melaksanakan seminar, konferensi, lokakarya, dan rapat
16. Menyusun laporan kegiatan yang telah dilaksanakan
17. Mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan
18. Membuat annual report work plan
19. Menyusun company profile dan laporan tahunan
20. Mengevaluasi company profile dan laporan tahunan yang telah dibuat
21. Melakukan public speaking sebagai Juru Bicara
22. Melaksanakan evaluasi public speaking dengan mengisi check list
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Bertanggung jawab terhadap kegiatan media relation yang dilaksanakan
2. Teliti dalam menyusun program kehumasan berdasarkan data yang ada
3. Bertanggung jawab dalam melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan
4. Bertanggung jawab dalam melaksanakan program penanganan khusus
5. Percaya diri dalam melakukan public speaking sebagai Juru Bicara
Kelompok Sasaran
1. Memiliki akses internet
2. Memiliki software Ms. Word dan Ms. Excel
3. Memiliki latar belakang pekerjaan Public Relations atau minat untuk bekerja di bidang Kehumasan
4. Memiliki latar belakang pendidikan Public Relations atau Komunikasi
5. Peserta dengan minimal pendidikan S1
Durasi Per Sesi
TOPIK 1 : Melaksanakan Media Monitoring (51 Menit 9 detik)
TOPIK 2 : Menjalin Hubungan dengan Media (37 Menit 43 detik)
TOPIK 3 : Membuat Perencanaan Program Kehumasan (31 Menit 12 detik)
TOPIK 4 : Melaksanakan Special Event (Ajang Khusus) Kehumasan (44 Menit 6 detik)
TOPIK 5 : Mengelola Konferensi Pers dan Siaran Pers (48 Menit 51 detik)
TOPIK 6 : Melaksanakan Fungsi Humas dalam Penanganan Krisis (45 Menit 59 detik)
TOPIK 7 : Melaksanakan Kegiatan Seminar, Konferensi, Lokakarya, dan Rapat (35 Menit 9 detik)
TOPIK 8 : Membuat Company Profile dan Laporan Tahunan (33 Menit 19 detik)
TOPIK 9 : Melaksanakan Fungsi Juru Bicara/Spokesperson (54 Menit 14 detik)
Total Durasi
381 menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Hari: Kamis, Jumat, dan Sabtu Pukul: 19.00-20.00
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Profil Pengajar
Reni Nugrahika Radhan
Reni Nugrahika Radhan adalah seorang Public Relation professional yang memiliki karier selama 18 tahun pada berbagai industri. Reni berkarier selama 10 tahun di Oil and Gas Industry, 3 tahun di Consumer Good, dan 5 tahun di Mining Industry. Pada industri-industri tersebut, Reni menempati posisi penting untuk masing masing perusahaan. Dia menjadi Public Relations Manager (2019-sekarang), Brand Strategy and Media Advocacy Superintendent (2017-2019), Marketing Communication Coordinator of Oil & Gas Services, (2015-2017), Project/Campus Director for Canadian Education Network (2014-2015), Corporate Communication Manager (2013-2014), Communication Manager (2011-2013), Project Assistant for ASEAN WEN (2010-2011), Assist. to VP HR/ Act. Internal Communication Manager (2007-2010), Corporate Communication Specialist (2004-2007), dan Public Relations Assistant (1999-2004). Sebagai profesional dibidangnya Reni akan mengajak peserta untuk menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menjadi Public Relation yang kompeten.
Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"
Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp500.000