Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Menjalin Relasi Eksternal dan Internal untuk Profesional Hubungan Masyarakat

Pembelajaran Mandiri

Belajar Menjalin Relasi Eksternal dan Internal untuk Profesional Hubungan Masyarakat

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
1 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk  diambil?
Public Relation merupakan salah  satu profesi yang memiliki peluang untuk  terus ada dan bertumbuh. Profesional Hubungan Masyarakat (Public Relation) bertugas untuk merencanakan, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi informasi dan  komunikasi yang menciptakan pemahaman dan pandangan positif terhadap bisnis dan organisasi lainnya  (KBJI 2014). Dilansir dari https://www.cnnindonesia.com/ bahwa  Public Relation memasuki peringkat ke enam untuk profesi yang paling dibutuhkan pada masa pandemi. Tidak  hanya untuk perusahaan, Public Relation  pun memiliki peran yang sangat penting  bagi perkembangan pendidikan. Dilansir  dari https://dikti.kemdikbud.go.id/ bahwa  akan menjadi sangat baik jika kita  sebagai masyarakat mampu memanfaatkan digital communication melalui kemampuan Public Relation  untuk menyampaikan kabar baik maupun  kabar kurang baik namun dikemas dengan tepat agar tidak membentuk opini  yang salah. Hal ini menunjukkan bahwa profesi Public Relation merupakan profesi yang cukup penting dan dibutuhkan pada semua sektor.
Dari adanya peluang tersebut, program ini menyiapkan para peserta untuk  mempelajari pengetahuan, keterampilan,  serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi  seorang Public Relation yang mampu untuk  menjalin relasi internal dan eksternal.  Dengan metode pengajaran berupa  ceramah interaktif, demonstrasi, serta studi kasus yang diberikan oleh pemateri,  peserta akan lebih mudah menyerap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis  pada setiap topik yang telah diselesaikan  guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir program juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam  program ini. 

Apa tujuan dari program ini? 
Program ini bertujuan untuk  mempelajari langkah-langkah menjadi  Public Relation yang mampu untuk menjalin relasi eksternal maupun internal. Pengetahuan serta keterampilan yang  didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan dan menambah kompetensi bagi yang ingin memulai karier sebagai Public Relation atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier sebagai Public Relation.

Apa saja yang akan diajarkan melalui  program ini? 
Dalam program ini peserta akan memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar mampu untuk melaksanakan  media monitoring, menjalin hubungan  dengan media, membuat perencanaan  program kehumasan, melaksanakan  special event (ajang khusus) kehumasan, mengelola konferensi pers dan siaran pers, melaksanakan fungsi humas dalam penanganan krisis, melaksanakan kegiatan seminar, konferensi, lokakarya, rapat, membuat company profile dan laporan  tahunan, dan melaksanakan fungsi juru bicara/spokesperson 

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan  program ini? 
Dengan mengikuti program ini, peserta dapat memiliki bekal kompetensi untuk  memulai karir dalam bidang Staff Public Relation, Senior Staff Public Relation, Public Relation Officer, Assistant Public Relation Manager, Public Relation Manager, dan Senior Public Relation Manager.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam menjalin relasi eksternal dan internal sebagai Public Relation sesuai standar nasional (SKKNI) dan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan macam-macam media cetak dan media digital yang ada
2. Peserta mampu melakukan media monitoring pada jenis-jenis media yang ada
3. Peserta mampu menganalisis dan memberikan rekomendasi pada perusahaan terkait dengan hasil media monitoring
4. Peserta mampu menjelaskan prinsip-prinsip media relation
5. Peserta mampu melaksanakan media relation berdasarkan prinsip yang telah dipelajari
6. Peserta mampu melakukan evaluasi kegiatan media relation yang sudah berjalan
7. Peserta mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam melaksanakan media relation
8. Peserta mampu menjelaskan empat proses penyiapan data dalam perencanaan program Public Relation
9. Peserta mampu melakukan enam langkah dalam merumuskan program Public Relation
10. Peserta mampu menyusun program Public Relation berdasarkan hal yang telah dirumuskan sebelumnya
11. Peserta mampu menyebutkan jenis-jenis special event yang bisa dilakukan oleh Public Relation
12. Peserta mampu menyebutkan bagian-bagian proposal untuk perencanaan kegiatan Public Relation
13. Peserta mampu mencontohkan pelaksanaan kegiatan yang diadakan oleh Public Relation
14. Peserta mampu menyebutkan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan press release
15. Peserta mampu melaksanakan konferensi pers dan siaran pers sesuai dengan prosedur yang ada
16. Peserta mampu menyebutkan tahapan dalam program penanganan krisis
17. Peserta mampu menjelaskan strategi komunikasi internal dan eksternal dalam prapelaksanaan program
18. Peserta mampu melaksanakan program penanganan krisis sesuai dengan prosedur yang ada
19. Peserta mampu mencontohkan persiapan yang harus dilakukan dengan prinsip TOR sebelum melaksanakan seminar, konferensi, lokakarya, dan rapat
20. Peserta mampu melaksanakan seminar, konferensi, lokakarya, dan rapat sesuai dengan prosedur yang berlaku
21. Peserta mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam melaksanakan semua kegiatan
22. Peserta mampu menyusun laporan evaluasi untuk acara yang telah dilaksanakan
23. Peserta mampu mencontohkan format untuk merancang company profile dan laporan tahunan
24. Peserta mampu membuat company profile dan laporan tahunan berdasarkan format isi yang telah dijelaskan
25. Peserta mampu melakukan evaluasi untuk company profile dan laporan tahunan yang telah dibuat
26. Peserta mampu menunjukkan sikap teliti dalam membuat company profile dan laporan tahunan
27. Peserta mampu menyebutkan teknik dasar public speaking
28. Peserta mampu melakukan public speaking sebagai Juru Bicara
29. Peserta mampu melaksanakan evaluasi kegiatan public speaking sebagai Juru Bicara

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)

1. Jenis media

2. Proses pemilihan media

3. Prinsip-prinsip media relation

4. Empat proses dalam membuat perencanaan program kehumasan

5. Cara mencari data untuk bahan perencanaan program kehumasan

6. Jenis-jenis kegiatan yang ada pada special event

7. Struktur proposal untuk special event

8. Struktur naskah dalam pembuatan press release

9. Format penulisan naskah untuk press release

10. Kode etik jurnalistik

11. Crisis management cycle

12. Tahapan dalam penanganan krisis

13. Empat elemen dasar dari perencanaan komunikasi

14. Tahapan penyelenggaraan seminar

15. Kerangka acuan dalam melaksanakan kegiatan

16. Form checklist dan dateline

17. Format laporan kegiatan

18. Fungsi company profile

19. Contoh format annual report work plan

20. Konten dalam company profile

21. Timeline

22. Teknik dasar public speaking

23. Syarat menjadi Juru Bicara

24. Checklist evaluasi Juru Bicara


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Melakukan media monitoring

2. Menganalisis dan merekomendasikan hasil monitoring media

3. Melaksanakan kegiatan media relation

4. Mengevaluasi kegiatan media relation yang telah dilaksanakana

5. Merumuskan program kehumasan

6. Menyusun program kehumasan berdasarkan data yang telah diperoleh

7. Membuat proposal perencanaan kegiatan special event

8. Menyusun perencanaan kegiatan special event

9. Melaksanakan kegiatan special event

10. Mempersiapkan materi siaran pers

11. Memilih hari yang tepat untuk melakukan siaran pers

12. Melakukan follow up dengan media

13. Mempersiapkan program penanganan krisis

14. Melaksanakan program penanganan krisis

15. Melaksanakan seminar, konferensi, lokakarya, dan rapat

16. Menyusun laporan kegiatan yang telah dilaksanakan

17. Mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan

18. Membuat annual report work plan

19. Menyusun company profile dan laporan tahunan

20. Mengevaluasi company profile dan laporan tahunan yang telah dibuat

21. Melakukan public speaking sebagai Juru Bicara

22. Melaksanakan evaluasi public speaking dengan mengisi check list


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Bertanggung jawab terhadap kegiatan media relation yang dilaksanakan

2. Teliti dalam menyusun program kehumasan berdasarkan data yang ada

3. Bertanggung jawab dalam melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan

4. Bertanggung jawab dalam melaksanakan program penanganan khusus

5. Percaya diri dalam melakukan public speaking sebagai Juru Bicara


Kelompok Sasaran

1. Memiliki akses internet

2. Memiliki software Ms. Word dan Ms. Excel

3. Memiliki latar belakang pekerjaan Public Relations atau minat untuk bekerja di bidang Kehumasan

4. Memiliki latar belakang pendidikan Public Relations atau Komunikasi

5. Peserta dengan minimal pendidikan S1


Durasi Per Sesi
TOPIK 1 : Melaksanakan Media Monitoring (51 Menit 9 detik)
TOPIK 2 : Menjalin Hubungan dengan Media (37 Menit 43 detik)
TOPIK 3 : Membuat Perencanaan Program Kehumasan (31 Menit 12 detik)
TOPIK 4 : Melaksanakan Special Event (Ajang Khusus) Kehumasan (44 Menit 6 detik)
TOPIK 5 : Mengelola Konferensi Pers dan Siaran Pers (48 Menit 51 detik)
TOPIK 6 : Melaksanakan Fungsi Humas dalam Penanganan Krisis (45 Menit 59 detik)
TOPIK 7 : Melaksanakan Kegiatan Seminar, Konferensi, Lokakarya, dan Rapat (35 Menit 9 detik)
TOPIK 8 : Membuat Company Profile dan Laporan Tahunan (33 Menit 19 detik)
TOPIK 9 : Melaksanakan Fungsi Juru Bicara/Spokesperson (54 Menit 14 detik)

Total Durasi
381 menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Kamis pukul 19.00-20.00 WIB

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar
Reni Nugrahika Radhan
Reni Nugrahika Radhan adalah seorang Public Relation professional yang memiliki karier selama 18 tahun pada berbagai industri. Reni berkarier selama 10 tahun di Oil and Gas Industry, 3 tahun di Consumer Good, dan 5 tahun di Mining Industry. Pada industri-industri tersebut, Reni menempati posisi penting untuk masing masing perusahaan. Dia menjadi Public Relations Manager (2019-sekarang), Brand Strategy and Media Advocacy Superintendent (2017-2019), Marketing Communication Coordinator of Oil & Gas Services, (2015-2017), Project/Campus Director for Canadian Education Network (2014-2015), Corporate Communication Manager (2013-2014), Communication Manager (2011-2013), Project Assistant for ASEAN WEN (2010-2011), Assist. to VP HR/ Act. Internal Communication Manager (2007-2010), Corporate Communication Specialist (2004-2007), dan Public Relations Assistant (1999-2004). Sebagai profesional dibidangnya Reni akan mengajak peserta untuk menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menjadi Public Relation yang kompeten.

Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar

2. Registrasikan dirimu

3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu

4. Klik tombol "Tukar Kode"

Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved