Pembelajaran Mandiri
Belajar Menjual Barang dan Jasa Perhotelan untuk Sales Hotel
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk menjadi seorang tenaga penjualan atau sales dalam bidang perhotelan. Dalam Pelatihan ini peserta akan mempelajari beberapa materi yang berkaitan dengan penjualan dalam bidang perhotelan. Materi tersebut diantaranya adalah memahami struktur organisasi departemen pemasaran dan penjualan di hotel, kemampuan atau keterampilan umum untuk seorang sales hotel, mengidentifikasi kebutuhan tamu hotel, keterampilan dalam berbicara didepan umum, menangani keluhan pelanggan hotel, menyusun rencana aktivitas penjualan, melaksanakan keterampilan menjual, kerjasama tim penjualan hotel, strategi penjualan untuk perhotelan serta keterampilan penjualan. Tenaga sales untuk perhotelan akan selalu dibutuhkan.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam menjual barang dan jasa perhotelan sebagai sales hotel dengan standar nasional perhotelan (SKKNI pemasaran) dan prosedur yang berlaku
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menyebutkan struktur organisasi yang ada di departemen penjualan dan pemasaran perhotelan
2. peserta mampu menyebutkan keterampilan dasar yang dibutuhkan oleh sales hotel
3. Peserta mampu mengidentifikasi kebutuhan tamu hotel
4. Peserta mampu menjelaskan prosedur ketika berbicara didepan umum
5. Peserta mampu mengaplikasikan prosedur ketika berbicara didepan umum
6. Peserta mampu memproses keluhan pelanggan terkait dengan penjualan jasa dan fasilitas di hotel
7. Peserta mampu menjelaskan siklus perencanaan pemasaran sesuai dengan prosedur
8. Peserta mampu mencontohkan perencanaan pemasaran sesuai dengan siklusnya
9. Peserta mampu menjelaskan teknik negosiasi untuk sales perhotelan
10. Peserta mampu melakukan teknik closing untuk sales perhotelan
11. Peserta mampu melaksanakan keterampilan penjualan
12. Peserta mampu mencontohkan kerjasama tim yang baik untuk sales hotel
13. Peserta mampu menjelaskan langkah langkah yang ada pada strategi penjualan
14. Peserta mencontohkan strategi penjualan yang tepat sesuai dengan langkah-langkahnya.
15. Peserta mampu menjelaskan keterampilan yang harus digunakan untuk seorang pemimpin
16. Peserta mampu menunjukkan sikap ramah, dan sopan ketika melakukan penjualan dan penawaran pada tamu hotel
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
kompetensi Pengetahuan:
1. struktur organisasi departemen penjualan dan pemasaran
kompetensi :
1. macam-macam produk hotel
2. tipe-tipe tamu hotel
3. langkah-langkah identifikasi tamu hotel
kompetensi :
1. tujuan berbicara didepan umum
2. prinsip berbicara didepan umum
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
kompetensi Keterampilan:
1. menentukan produk hotel yang sesuai dengan tamu hotel
kompetensi :
1. mengenali tamu dan audience
2. menyusun poin-poin presentasi
3. menerapkan berbicara didepan umum secara formal dan informal
kompetensi :
1. melaksanakan prosedur untuk menangani keluhan
2. mengurutkan dan menerapkan cara cara menangani komplain dengan baik
3. menentukan penyebab keluhan dan menemukan solusi
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
kompetensi Sikap:
1. teliti dalam mengidentifikasi tamu hotel dan kesesuaian produk yang ditawarkan
2. percaya diri dalam berbicara didepan umum
Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh :
1. Pendidikan Minimal SMA
2. Memiliki smartphone/laptop dan jaringan internet.
3. Bekerja atau memiliki latar belakang pendidikan bidang perhotelan & pemasaran tingkat dasar
Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Departemen Penjualan dan Pemasaran (40 Menit 8 detik)
TOPIK 2: Kemampuan Dasar Untuk Tenaga Penjualan Hotel (41 Menit)
TOPIK 3: Mengidentifikasi Kebutuhan Tamu Untuk Tenaga Penjualan Hotel (52 Menit 55 detik)
TOPIK 4: Berbicara di depan Umum Untuk Tenaga Penjualan Hotel (40 Menit 27 detik)
TOPIK 5: Penanganan Keluhan Untuk Tenaga Penjualan Hotel (39 Menit 26 detik)
TOPIK 6: Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan (55 Menit 17 detik)
TOPIK 7: Melaksanakan Keterampilan Menjual Untuk Tenaga Penjualan (65 Menit 30 detik)
TOPIK 8: Kerjasama Tim Penjualan Sebagai Tenaga Penjualan dan Pemasaran (47 Menit 45 detik)
TOPIK 9: Strategi Penjualan (44 Menit 41 detik)
TOPIK 10: Keterampilan Kepemimpinan (39 Menit 8 detik)
Total Durasi
466 Menit
Kapasitas Kelas
500 Peserta
Profil Pengajar
Bandu Mardriarso
Bapak Bandu Mardriarso adalah seorang Hotel Business Consultant yang telah berkecimpung di bidang Perhotelan sejak tahun 2014. Beliau telah memiliki pengalaman bekerja lebih dari 7 tahun di berbagai hotel ternama di Indonesia.
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Rabu 16.30-17.30
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Mode Penyampaian
Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.
Metode Evaluasi
1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Panduan Redeem Voucher
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan
klik "redeem"
Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
4.8
/5
(524 Rating)
0
0
0
0
0
Rp500.000