Pembelajaran Mandiri
Belajar Menulis dan Melaporkan Berita untuk Calon Reporter Berita TV
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti?
Kepiawaian dalam menyajikan berita di televisi membuat peran seorang reporter berita televisi memiliki peluang yang cukup besar. Di balik fasihnya menyampaikan berita di televisi, seorang reporter berita juga memerlukan kemampuan dasar seperti keterampilan berkomunikasi, kemampuan interpersonal, teknik olah vokal, olah pernapasan, tampil percaya diri, dan tentunya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tidak hanya melakukan peliputan peristiwa bersama kamerawan, seorang reporter berita televisi ketika berada di lokasi kejadian pun dituntut untuk memiliki kemampuan problem-solving dalam mengatasi kendala di lapangan. Sehingga penting bagi seorang calon reporter berita televisi untuk mengasah dan meningkatkan kemampuannya di bidang jurnalistik dan teknik-teknik dasar.
Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah dalam menyusun dan melaporkan berita televisi. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini dapat bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi peserta yang ingin memulai karier sebagai reporter berita televisi atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier di bidang tersebut.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang pengenalan okupasi reporter berita televisi, persiapan menjadi reporter berita televisi, olah vokal dan penampilan sebagai kemampuan dasar untuk menjadi seorang reporter berita televisi, teknik menyiapkan dan menulis berita, melaporkan berita di televisi, dan melaksanakan prosedur K3 di tempat kerja dengan metode ajar yang bervariatif yaitu ceramah, demonstrasi, studi kasus, dan wawancara.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan di bidang jurnalisitk yang berhubungan dengan menulis naskah berita dan melaporkan berita di televisi seperti reporter televisi, wartawan, news anchor, anchorperson.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam menulis dan melaporkan berita untuk calon reporter berita televisi dengan standar nasional (SKKNI Penyiar Televisi) dan prosedur yang berlaku
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu mengidentifikasi pentingnya okupasi reporter berita televisi, kriteria dan kemampuan yang harus dimiliki, serta tugas dan tanggung jawab, klasifikasi okupasi reporter televisi, kode etik jurnalistik, dan peluang karier reporter berita televisi dengan detail
2. Peserta mengklasifikasikan okupasi reporter televisi dengan detail
3. Peserta mampu menyebutkan kode etik jurnalistik dan peluang karier reporter berita televisi dengan tepat
4. Peserta mampu menjelaskan teknik komunikasi yang efektif dan dasar pengembangan diri dengan menunjukkan sikap komunikatif
5. Peserta mampu menguraikan tujuan, manfaat, upaya, dan langkah-langkah dalam membangun kemampuan membaca dan menulis serta kemampuan bersimpati dan berempati dengan menunjukkan sikap cermat, tanggap, menghargai perbedaan pendapat dan berpikiran terbuka
6. Peserta mampu menjelaskan langkah-langkah menerapkan teknik olah vokal dan tahapan dalam mengelola pernapasan dengan detail
7. Peserta mampu menguraikan aspek yang perlu diperhatikan secara visual dan gesture ketika berdiri di depan kamera saat siaran berita dengan menunjukkan sikap percaya diri dan sopan
8. Peserta mampu menunjukkan sikap percaya diri, cekatan, dan solutif dalam membangun rasa percaya diri di depan kamera
9. Peserta mampu menentukan jenis-jenis dan karakteristik berita dengan detail
10. Peserta mampu mengimplementasikan langkah-langkah mencari sumber berita dan teknik mengumpulkan data dan informasi dengan menunjukkan sikap analitis, obyektif, dan berwawasan luas
11. Peserta mampu menentukan elemen dan unsur-unsur dalam penyusunan berita serta kaidah penulisan berita dengan menunjukkan sikap analitis, obyektif, dan berwawasan luas
12. Peserta mampu menerapkan strategi dalam menghadapi masalah penyusunan berita dan antisipasi berita hoax dengan menunjukkan sikap solutif, teliti, dan cermat
13. Peserta mampu menguraikan pengertian, tujuan, dan perbedaan reportase dengan wawancara dengan tepat
14. Peserta mampu menguraikan alat yang diperlukan untuk berita siaran langsung dengan menunjukkan sikap teliti dan hati-hati
15. Peserta mampu mengimplementasikan aspek penting dalam memilih lokasi siaran berita langsung dan hal yang harus dikoordinasikan dengan kamerawan dengan menunjukkan sikap kooperatif
16. Peserta mampu mendemonstrasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tips untuk meminimalisir pengulangan kata dalam siaran berita dengan menunjukkan sikap berwawasan luas dan komunikatif
17. Peserta mampu menelaah aspek penting dalam siaran berita secara langsung dengan menunjukkan sikap percaya diri dan berwawasan luas
18. Peserta mampu melakukan pelaporan berita televisi baik secara langsung, melaporkan ke studio, melalui wawancara dan melakukan improvisasi saat siaran langsung dengan menunjukkan sikap percaya diri, lugas, dan berwawasan luas
19. Peserta mampu memecahkan masalah dalam menghadapi delay/koneksi terputus saat melakukan siaran langsung dengan menunjukkan sikap tenang, solutif, dan analitis
20. Peserta mampu menyatakan peralatan dan perlengkapan penunjang K3 di tempat kerja serta prinsip penerapan K3 di lokasi kerja dengan menunjukkan sikap cekatan dan teliti
21. Peserta mampu melakukan prosedur tanggap darurat dan menelaah faktor penyebab kecelakaan di tempat kerja dengan menunjukkan sikap tanggap, hati-hati, dan tenang
22. Peserta mampu memecahkan masalah dalam menghadapi kendala dalam penerapan K3 di lokasi siaran dengan menunjukkan sikap solutif dan analitis
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Pentingnya okupasi reporter berita televisi pada masa kini
2. Kriteria dan kemampuan yang harus dimiliki reporter berita televisi
3. Deskripsi tugas dan tanggung jawab seorang reporter berita televisi
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menerapkan identifikasi urgensi reporter berita televisi, kemampuan yang harus dimiliki dan deskripsi serta tanggung jawab reporter berita televisi, serta klasifikasi okupasi reporter
2. Mematuhi kode etik jurnalistik
3. Menerapkan identifikasi peluang karier reporter berita televisi
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Memerhatikan dengan detail identifikasi urgensi reporter berita televisi, kemampuan yang harus dimiliki dan deskripsi serta tanggung jawab reporter berita televisi, serta klasifikasi okupasi reporter
2. Komunikatif dan adaptif dalam mempraktikkan teknik komunikasi yang efektif dan dasar pemngembangan diri
3. Cermat dan tangap dalam membangun kemampuan membaca dan menulis
Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh :
1. Peserta dengan pendidikan minimal D3 Ilmu Komunikasi/Broadcasting
2. Peserta yang memiliki ketertarikan di bidang media dan komunikasi
3. Peserta yang memiliki latar belakang media dan komunikasi
4. Peserta yang tidak memiliki latar belakang media dan komunikasi
5. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet
Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Pengenalan Okupasi Reporter Televisi (53:19 menit)
TOPIK 2: Persiapan Menjadi Reporter Berita Televisi (41:31 menit)
TOPIK 3: Melakukan Persiapan Olah Vokal dan Penampilan (67:23 menit)
TOPIK 4: Menyiapkan Berita (60:58 menit)
TOPIK 5: Melaporkan Berita di Televisi (133:53 menit)
TOPIK 6: Melaksanakan Prosedur K3 di Tempat Kerja (33:37 menit)
Total Durasi
390 menit 41 detik
Kapasitas Peserta
Unlimited
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Jadwal utama : Rabu pukul 19.00-20.00
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Profil Pengajar
Marvin Sulistio
Marvin Sulistio adalah seorang news anchor atau pembawa berita di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Ia memulai karirnya di bidang jurnalistik pada tahun 2013. Selain piawaidi bidang jurnalistik, ia juga seringkali terlibat dalam menjadi Host di beberapa acara.
Panduan Redeem Voucher
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, klik tombol menu "Upskill"
4. Klik tulisan "Redeem"
5. Masukan kode voucher dan klik "redeem"
Kontak Lembaga Pelatihan
Thnkps://cakap.com/prakerja/
Hotline: +6282325898644
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp990.000