Pembelajaran Mandiri
Belajar Menyajikan Makanan di Restoran untuk Pramusaji Restoran
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti?
Seorang pramusaji di sebuah restoran memiliki peranan yang sangat penting. Selain menyajikan makanan dan minuman kepada tamu, pramusaji juga bertanggungjawab untuk melayani pelanggan di restoran dari mulai menyambut pelanggan masuk hingga pada saat pelanggan meninggalkan area makan. Bahkan, citra dari sebuah restoran pun dapat dilihat melalui pelayanan pramusajinya. Jika pelayanannya bagus, pramusajinya ramah, maka pelanggan pun akan merasa puas dan berpeluang untuk kembali lagi ke restoran tersebut. Saat ini perkembangan dunia kuliner dan restoran sangat pesat. Dilansir dari https://kemenperin.go.id/ Kementerian Perindustrian mencatat, kinerja industri makanan dan minuman selama periode 2015-2019 rata-rata tumbuh 8,16% atau di atas rata-rata pertumbuhan industri pengolahan nonmigas sebesar 4,69%. Dari adanya perkembangan tersebut maka akan terbuka juga peluang tenaga kerja pada bidang tersebut salah satunya menjadi pramusaji. Dari adanya peluang tersebut, program ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Pramusaji yang mampu untuk menyajikan makanan di restoran. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, demonstrasi dari pemateri, serta studi kasus, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir program juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.
Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkahlangkah menjadi Pramusaji yang mampu untuk menyajikan makanan di restoran. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan dan menambah kompetensi bagi yang ingin memulai karier sebagai Pramusaji atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier sebagai Pramusaji
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang pengenalan tanggung jawab pramusaji, menyiapkan area restoran, menyambut pelanggan, mengambil pesanan tamu, membersihkan minuman dan makanan, menutup area restoran, menyelaraskan kerjasama antara area dapur dan area layanan, membersihkan area layanan makanan, dan memberikan bantuan saran makanan kepada pelanggan. Dengan mempelajari hal-hal tersebut peserta dapat meningkatkan kompetensinya sebagai seorang pramusaji restoran dalam menyajikan makanan.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Pekerjaan yang relevan dengan program ini adalah Pramusaji restoran (waiter), Pelayan restoran, dan Pelayan rumah maka
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur
dan sikap profesional dalam menyajikan makanan
di restoran sebagai Pramusaji dengan standar
nasional (SKKNI bidang industri jasa boga) dan
prosedur yang berlaku.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menyebutkan tanggung jawab seorang Pramusaji restoran
2. Peserta mampu menyesuaikan area restoran dan fasilitas pelanggan dengan pengaturan yang sesuai dengan prosedur yang ada
3. Peserta mampu menyiapkan meja dan kursi sesuai dengan prosedur yang ada di restorant
4. Peserta mampu menerapkan komunikasi yang baik dengan tim dalam menyiapkan area restoran
5. Peserta mampu menyiapkan peralatan hidangan untuk tamu restoran
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Jenis restoran
2. Tentang reservasi
3. Area restoran yang perlu dibersihkan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Memeriksa menu sebelum jam operasional
2. Memeriksa dan membersihkan area restoran dan fasilitas pelanggan
3. Menyiapkan meja dan kursi
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Ramah dalam menyambut pelanggan
2. Komunikatif dalam menjelaskan semua
informasi kepada pelanggan
3. Bertanggung jawab dalam memberikan pesanan
pelanggan
Kelompok Sasaran
1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK
2. Memiliki ketertarikan untuk menjadi pramusaji
hotel
3. Memiliki akses internet dan HP/Laptop
4. Memiliki peralatan makan sederhana termasuk napkin
Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Pengenalan
Tanggung Jawab
Pramusaji 9 menit
TOPIK 2: Menyiapkan
Area Restoran 34 menit
TOPIK 3: Menyambut
Pelanggan 67 menit
TOPIK 4: Mengambil
Pesanan Tamu 140 menit
TOPIK 5: Membersihkan
Minuman dan Makanan 51 menit
TOPIK 6: Menutup Area
Restoran 21 menit
TOPIK 7: Menyelaraskan
Kerja Sama Antara Area
Dapur dan Area Layanan 20 menit
TOPIK 8: Membersihkan
Area Layanan Makanan 28 menit
TOPIK 9: Memberikan
Bantuan Saran Makanan
Kepada Pelanggan 21 menit
Total Durasi
397 menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Hari: Rabu
Pukul: 20.00-21.00
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Mode Penyampaian
Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.
Metode Evaluasi
1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Profil Pengajar
Sapto Priantomo
Sapto Priantomo adalah seorang pengusaha dan pendidik yang memiliki keahlian dalam bidang hospitality service dengan pengalaman selama 15 tahun di bidang Hospitality and Management di beberapa hotel berbintang, restoran, dan catering di Indonesia. Beliau adalah founder dari Onyx Management, Star Hotel Institute dan Star4Hire, di mana beliau mendidik dan melatih orang-orang untuk mengembangkan kemampuan dan kapasitas dalam bidang hospitality service. Karirnya dimulai dari memasak di restoran di Melbourne, Australia dan New York, serta bekerja sebagai profesional di perusahaan penyedia pelayanan. Selang beberapa tahun, beliau pengembangkan bisnis hotel dan mendirikan Onyx Management and Residence sebagai properti pertamanya di Jakarta, yang terfokus pada pelayanan catering dan restoran.
Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu 1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir 2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu 3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan
klik "redeem"
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055
Website Lembaga : https://cakap.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
4.8
/5
(90 Rating)
0
0
0
0
0

Rp500.000

