Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Menyajikan Makanan di Restoran untuk Pramusaji Restoran

Pembelajaran Mandiri

Belajar Menyajikan Makanan di Restoran untuk Pramusaji Restoran

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.8(90)
120 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Mengapa program ini penting untuk diikuti? 

Seorang pramusaji di sebuah restoran memiliki peranan yang sangat penting. Selain menyajikan makanan dan minuman kepada tamu, pramusaji juga bertanggungjawab untuk melayani pelanggan di restoran dari mulai menyambut pelanggan masuk hingga pada saat pelanggan meninggalkan area makan. Bahkan, citra dari sebuah restoran pun dapat dilihat melalui pelayanan pramusajinya. Jika pelayanannya bagus, pramusajinya ramah, maka pelanggan pun akan merasa puas dan berpeluang untuk kembali lagi ke restoran tersebut. Saat ini perkembangan dunia kuliner dan restoran sangat pesat. Dilansir dari https://kemenperin.go.id/ Kementerian Perindustrian mencatat, kinerja industri makanan dan minuman selama periode 2015-2019 rata-rata tumbuh 8,16% atau di atas rata-rata pertumbuhan industri pengolahan nonmigas sebesar 4,69%. Dari adanya perkembangan tersebut maka akan terbuka juga peluang tenaga kerja pada bidang tersebut salah satunya menjadi pramusaji. Dari adanya peluang tersebut, program ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Pramusaji yang mampu untuk menyajikan makanan di restoran. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, demonstrasi dari pemateri, serta studi kasus, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir program juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.

Apa tujuan dari program ini? 

Program ini bertujuan untuk mempelajari langkahlangkah menjadi Pramusaji yang mampu untuk menyajikan makanan di restoran. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan dan menambah kompetensi bagi yang ingin memulai karier sebagai Pramusaji atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier sebagai Pramusaji

Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini? 

Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang pengenalan tanggung jawab pramusaji, menyiapkan area restoran, menyambut pelanggan, mengambil pesanan tamu, membersihkan minuman dan makanan, menutup area restoran, menyelaraskan kerjasama antara area dapur dan area layanan, membersihkan area layanan makanan, dan memberikan bantuan saran makanan kepada pelanggan. Dengan mempelajari hal-hal tersebut peserta dapat meningkatkan kompetensinya sebagai seorang pramusaji restoran dalam menyajikan makanan. 

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini? 

Pekerjaan yang relevan dengan program ini adalah Pramusaji restoran (waiter), Pelayan restoran, dan Pelayan rumah maka


Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam menyajikan makanan di restoran sebagai Pramusaji dengan standar nasional (SKKNI bidang industri jasa boga) dan prosedur yang berlaku.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta mampu menyebutkan tanggung jawab seorang Pramusaji restoran 

2. Peserta mampu menyesuaikan area restoran dan fasilitas pelanggan dengan pengaturan yang sesuai dengan prosedur yang ada

3. Peserta mampu menyiapkan meja dan kursi sesuai dengan prosedur yang ada di restorant 

4. Peserta mampu menerapkan komunikasi yang baik dengan tim dalam menyiapkan area restoran 

5. Peserta mampu menyiapkan peralatan hidangan untuk tamu restoran


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Jenis restoran 

2. Tentang reservasi

3. Area restoran yang perlu dibersihkan


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Memeriksa menu sebelum jam operasional 

2. Memeriksa dan membersihkan area restoran dan fasilitas pelanggan 

3. Menyiapkan meja dan kursi


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Ramah dalam menyambut pelanggan 

2. Komunikatif dalam menjelaskan semua informasi kepada pelanggan

3. Bertanggung jawab dalam memberikan pesanan pelanggan


Kelompok Sasaran

1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK
2. Memiliki ketertarikan untuk menjadi pramusaji hotel 

3. Memiliki akses internet dan HP/Laptop

4. Memiliki peralatan makan sederhana termasuk napkin


Durasi Per Sesi

TOPIK 1: Pengenalan Tanggung Jawab Pramusaji 9 menit

TOPIK 2: Menyiapkan Area Restoran 34 menit

TOPIK 3: Menyambut Pelanggan 67 menit

TOPIK 4: Mengambil Pesanan Tamu 140 menit

TOPIK 5: Membersihkan Minuman dan Makanan 51 menit

TOPIK 6: Menutup Area Restoran 21 menit

TOPIK 7: Menyelaraskan Kerja Sama Antara Area Dapur dan Area Layanan 20 menit

TOPIK 8: Membersihkan Area Layanan Makanan 28 menit

TOPIK 9: Memberikan Bantuan Saran Makanan Kepada Pelanggan 21 menit


Total Durasi

397 menit


Kapasitas Peserta

Unlimited


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih

Hari: Rabu Pukul: 20.00-21.00


Level Pelatihan

Basic / Tingkat Dasar


Mode Penyampaian

Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.


Metode Evaluasi

1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar

Sapto Priantomo
Sapto Priantomo adalah seorang pengusaha dan pendidik yang memiliki keahlian dalam bidang hospitality service dengan pengalaman selama 15 tahun di bidang Hospitality and Management di beberapa hotel berbintang, restoran, dan catering di Indonesia. Beliau adalah founder dari Onyx Management, Star Hotel Institute dan Star4Hire, di mana beliau mendidik dan melatih orang-orang untuk mengembangkan kemampuan dan kapasitas dalam bidang hospitality service. Karirnya dimulai dari memasak di restoran di Melbourne, Australia dan New York, serta bekerja sebagai profesional di perusahaan penyedia pelayanan. Selang beberapa tahun, beliau pengembangkan bisnis hotel dan mendirikan Onyx Management and Residence sebagai properti pertamanya di Jakarta, yang terfokus pada pelayanan catering dan restoran.

Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar

2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055
Website Lembaga : https://cakap.com

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(90 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000