Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Menyiapkan Kebutuhan Tamu Hotel untuk Butler

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Belajar Menyiapkan Kebutuhan Tamu Hotel untuk Butler

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.8(62)
71 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diambil?
Profesi Butler di suatu hotel adalah salah satu hal yang penting karena mencakup beberapa tanggung jawab yang cukup krusial. Untuk menjadi seorang Butler dibutuhkan beberapa kemampuan dan kompetensi yang menunjang demi keberlangsungan kegiatan di hotel. Pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Butler di sebuah hotel. Dengan metode pengajaran yang interaktif, demonstrasi dari pemateri, serta refleksi pembelajaran, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga dapat membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.

Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah menjadi seorang Butler yang mampu untuk melayani pelanggan dengan baik di sebuah hotel. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karir sebagai seorang Butler atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarir sebagai seorang Butler maupun di divisi F&B.

Apa saja yang diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang Tugas dan Tanggung Jawab Butler, Layanan Akomodasi Reception, Jasa Porter, Layanan Room Butler, Layanan Makanan dan Minuman, Layanan Turn Down, Layanan Minuman Anggur, Layanan Room Service. Dengan mempelajari topik-topik tersebut peserta dapat meningkatkan atau menambah kompetensi dan keterampilan sebagai seorang Butler.Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan divisi F&B, Room Attendant dan Front Office.

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan divisi F&B, Room Attendant dan Front Office.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam menyiapkan kebutuhan tamu di industri perhotelan sebagai Butler dengan standar nasional (SKKNI) dan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan tugas dan tanggung jawab Butler.
2. Peserta mampu menjelaskan prosedur serta layanan akomodasi yang tersedia di hotel.
3. Peserta mampu menyusun dan mendistribusikan daftar kedatangan serta memperbarui catatan Front Office dengan teliti.
4. Peserta mampu bersikap sopan dan santun dalam memberikan layanan akomodasi Reception kepada tamu hotel.
5. Peserta mampu menjelaskan prosedur dalam menyambut tamu.
6. Peserta mampu menyambut tamu, membantu tamu membawa barang, mengawal tamu menuju kamar serta menyediakan layanan bell desk sesuai prosedur yang berlaku.
7. Peserta mampu menjelaskan peralatan dan perlengkapan kerja yang dibutuhkan dan prosedur layanan serta standar Professional Room Butler.
8. Peserta mampu menyajikan makanan dan minuman, menjaga barang-barang serta aktivitas tamu dengan terampil.
9. Peserta mampu bersikap ramah dalam berkomunikasi dengan tamu serta ketika menawarkan bantuan kepada tamu.
10. Peserta mampu menjelaskan prosedur berkomunikasi dengan staf dapur.
11. Peserta mampu melayani kebutuhan makanan dan minuman tamu sesuai prosedur yang berlaku.
12. Peserta mampu bersikap teliti dalam menyiapkan tagihan.
13. Peserta mampu menjelaskan perlengkapan yang dibutuhkan untuk layanan Turn Down.
14. Peserta mampu melaksanakan layanan Turn Down sesuai dengan tahapan dan prosedur yang berlaku.
15. Peserta mampu bertanggung jawab terhadap penyelesaian dan mutu hasil pekerjaan layanan Turn Down.
16. Peserta mampu menjelaskan informasi, prosedur dalam mengevaluasi dan merancang format daftar mengenai minuman-minuman anggur.
17. Peserta mampu mengevaluasi, merancang format daftar serta menindaklanjuti permasalahan proses penyimpanan minuman anggur sesuai prosedur yang berlaku.
18. Peserta mampu menjelaskan prosedur dalam memberikan layanan Room Service.
19. Peserta mampu menjelaskan perlengkapan pelayanan yang sesuai dengan standar perusahaan.
20. Peserta mampu memberikan pelayanan Room Service secara profesional dan bertanggung jawab.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
1. Tugas dan tanggung jawab Butler
2. Layanan akomodasi reception yang tersedia di hotel.
3. Prosedur dalam menangani tahapan-tahapan pekerjaan di Front Office.

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menyusun dan Mendistribusikan Daftar Kedatangan
2. Mengkonfirmasi Rincian Reservasi Tamu
3. Memperbaharui Catatan Front Office

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Sopan dan santun dalam memberikan layanan akomodasi Reception kepada tamu hotel.
2. Terampil dalam menyajikan makanan dan minuman, menjaga barang-barang serta aktivitas tamu.
3. Ramah dalam berkomunikasi dengan tamu serta ketika menawarkan bantuan kepada tamu.

Kelompok Sasaran
1. Pendidikan Minimal SMA
2. Memiliki handphone/laptop dan jaringan internet
3. Bekerja atau memiliki latar belakang bidang pelayanan di industri perhotelan

Durasi Per Sesi
TOPIK 1 : Tugas dan Tanggung Jawab Butler 9 menit
TOPIK 2 : Layanan Akomodasi Reception 49 menit
TOPIK 3 : Jasa Porter 31 menit
TOPIK 4 : Layanan Room Butler 61 menit
TOPIK 5 : Layanan Makanan dan Minuman 61 menit
TOPIK 6 : Layanan Turn Down 52 menit
TOPIK 7 : Layanan Minuman Anggur 45 menit
TOPIK 8 : Room Service 52 menit

Total Durasi
364 menit 9 detik

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Mode Penyampaian

Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.


Metode Evaluasi

1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Selasa 17.00 - 18.00

Profil Pengajar
Bandu Mardriarso
Bapak Bandu Mardriarso adalah seorang Hotel Business Consultant yang telah berkecimpung di bidang Perhotelan sejak tahun 2014. Beliau telah memiliki pengalaman bekerja lebih dari 7 tahun di berbagai hotel ternama di Indonesia

Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055
Website Lembaga : https://cakap.com

Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(62 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved