Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Menyiarkan Radio secara On Air dan Off Air untuk Penyiar Radio

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Belajar Menyiarkan Radio secara On Air dan Off Air untuk Penyiar Radio

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.8(147)
191 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Penyiar adalah salah satu ujung tombak dalam penyiaran radio karena penyiar bertugas menyampaikan serta memberikan informasi yang akan disajikan untuk para pendengar. Selain itu, penyiar radio merupakan salah satu pekerjaan yang dibutuhkan dan banyak peminatnya di bidang broadcasting. Inilah yang melatarbelakangi adanya pelatihan untuk penyiar radio. Dalam pelatihan ini peserta akan mempelajari beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang penyiar radio diantaranya adalah mengumpulkan dan mengorganisasi materi/konten untuk siaran, melakukan wawancara untuk program radio, mengeksplorasi topik secara on-air, mempresentasikan program siaran yang beragam, dan membangun teknik-teknik mempresentasikan informasi di radio. Dengan kompetensi-kompetensi tersebut peserta akan semakin kompeten ketika ingin menjadi penyiar radio maupun meningkatkan performa bagi yang sudah bekerja sebagai penyiar radio.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam menyiarkan radio secara on air sebagai penyiar radio dengan standar nasional penyiaran radio (SKKNI bidang penyiaran radio) dan prosedur yang berlaku.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. peserta mampu menyebutkan macam macam segementasi pendengar siaran radio

2. peserta mampu menjelaskan perbedaan program siaran berdasarkan waktu siar

3. peserta mampu menyesuaikan materi/konten untuk siaran berdasarkan keakuratan dan peraturan yang berlaku

4. Peserta mampu menunjukan sikap tanggung jawab dalam menyampaikan informasi siaran radio

5. peserta mampu menyebutkan proses persiapan sebelum wawancara radio

6. peserta mampu menyebutkan gaya wawancara yang sesuai

7. peserta mampu melakukan wawancara dan evaluasi sesuai dengan prosedur yang berlaku

8. peserta mampu menyebutkan prosedur urutan dalam mengawali dan mengakhiri program acara radio

9. peserta mampu menyusun improvisasi topik saat siaran radio secara on air

10. peserta mampu menunjukan sikap ramah dalam membawakan acara radio

11. peserta mampu menggunakan teknik peralihan yang mulus antar materi

12. peserta mampu melatih organ suara untuk program siaran yang beragam

13. peserta mampu melaksanakan presentasi untuk program siaran yang beragam

14. peserta mampu menyebutkan cara membaca naskah yang benar.

15. peserta mampu membedakan setiap tone untuk informasi yang disampaikan


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Pengetahuan:

1. Definisi penyiar radio

2. Pengetahuan tujuan dari seorang penyiar

3. Pengetahuan segmentasi pendengar radio

4. Pengetahuan membedakan program siaran

5. Pengetahuan memaksimalkan waktu dalam siaran

Materi : Pengenalan dan tujuan siaran radio

1. karakteristik materi siaran yang baik, benar, dan tepat untuk disiarkan.

2. Pengertian yang memadai mengenai perundang-undangan

Materi : Mengumpulkan dan mengorganisasi materi/konten untuk siaran

1. menentukan topik wawancara

2. wawancara yang terstruktur dan tidak terstruktur

3. proses wawancara

Materi : Melakukan wawancara radio

1. macam-macam gaya siaran

2. prosedur opening dan closing dalam siaran

3. cara cara untuk engage dengan pendengar radio

materi : mengeksplorasi topik secara on air

1. teknik ad-libbing

2. teknik bridging

materi : mempresentasikan program siaran yang beragam 

1. gaya presentasi

2. cara membaca naskah

3. pelafalan kata

4. perbedaan tone untuk setiap situasi

materi : membangun teknik-teknik mempresentasikan informasi di radio


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Berbahasa Indonesia dan/atau Bahasa Daerah tertentu sesuai kebutuhan stasiun radio

2. Kemampuan untuk bekerja sama sebagai anggota tim

3. Keterampilan komunikasi memadai untuk melakukan siaran radio

4. Kemampuan untuk membedakan segmentasi pendengar radio

Materi : Pengenalan dan tujuan siaran radio

1. menentukan materi yang tepat untuk siaran

2. mempersiapkan materi untuk siaran

Materi : Mengumpulkan dan mengorganisasi materi/konten untuk siaran

1. menentukan topik wawancara

2. mempersiapkan wawancara

3. menyusun pertanyaan wawancara yang baik dan benar

4. melakukan wawancara

Materi : Melakukan wawancara radio

1. mengambil gaya siaran yang tepat sesuai dengan situasi

2. menutup dan membuka program on air

3. mengembangkan topik yang sudah diberikan oleh direktur atau penulis naskah

4. Engage dengan pendengar radio

materi : mengeksplorasi topik secara on air

1. membacakan ad-libbing dengan teknik yang sudah dipelajari

2. melakukan bridging materi

3. melatih organ suara

4. membangun impresi yang bagus di awal siaran

materi : mempresentasikan program siaran yang beragam

1. membaca naskah dengan baik dan benar

2. melafalkan kata dengan baik dan benar

3. menggunakan smiling voice

3. mengatur tone suara yang sesuai dengan situasi.

materi : membangun teknik-teknik mempresentasikan informasi di radio


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Sikap :

1. bertanggung jawab terhadap informasi yang disiarkan

Materi : mengumpulkan dan mengorganisasi konten/materi untuk siaran.

Sikap :

1. ramah dan sopan dalam menyampaikan materi untuk siaran radio

2. kreatif dalam mengembangkan topik yang diberikan oleh penulis naskah

Materi : Mengeksplorasi topik secara on air

Materi : melakukan wawancara

Materi : menyampaikan materi yang beragam

Materi : Mempresentasikan Informasi di radio


Kelompok Sasaran

Pelatihan ini dapat diikuti oleh :

1. Pendidikan Minimal SMA

2. Memiliki laptop/hp dan koneksi internet yang stabil


Durasi Per Sesi

1. Pengenalan dan Tujuan Siaran Radio : 23 Menit

2. Mengumpulkan dan Mengorganisir Materi/Konten untuk Siaran : 53 Menit

3. Melakukan Wawancara Radio : 67 Menit

4. Mengeksplorasi Topik Secara On-Air : 76 Menit

5. Mempresentasikan Program Siaran yang Beragam : 89 Menit

6. Membangun Teknik-Teknik Mempresentasikan Informasi di Radio : 50 Menit


Total Durasi

360 Menit


Kapasitas Peserta

500 Peserta


Profil Pengajar

Sifa Choirunnisa

Sifa Choirunnisa memulai karir di Industri Kreatif sebagai Copywriter sejak tahun 2016, Marketing sejak 2017 dan seorang Penyiar Radio sejak 2018 sampai dengan saat ini. Salah satu kompetensi utama yang Ia miliki adalah bidang Public Speaking.


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Kamis 20.00-21.00


Level Pelatihan

Basic / Tingkat Dasar


Mode Penyampaian

Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.


Metode Evaluasi

1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
WhatsApp +62 812-8716-0055


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(147 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved