Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Merencanakan dan Mengatur Perjalanan untuk Travel Consultant

Pembelajaran Mandiri

Belajar Merencanakan dan Mengatur Perjalanan untuk Travel Consultant

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diambil?
Industri pariwisata yang kian hari mengalami peningkatan disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya dikarenakan masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya kebutuhan pariwisata. Dilansir dari Berita Resmi Statistik No. 34/05/Th. XXIV, 3 Mei 2021, meskipun jika dilihat setahun kebelakang jumlah kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia sangat berkurang drastis dikarenakan pandemi Covid-19, angin segar pun perlahan datang kepada dunia kepariwisataan Indonesia, karena tercatat mulai dari Februari 2021 ke Maret 2021 jumlah Wisatawan Mancanegara telah mengalami kenaikan sebesar 14.54%. Saat ini pariwisata bukan hanya sebatas jalan-jalan saja, lebih dari itu pariwisata merupakan suatu kebutuhan batiniyah yang harus dipenuhi untuk menciptakan rasa bahagia dan kedamaian dalam diri. Menjawab kebutuhan itu kemudian banyak bermunculan biro perjalan atau yang lebih dikenal dengan travel agent yang menawarkan berbagai wisata yang menarik, dengan berbagai spesialisasinya tersendiri, disinilah peran Travel Consultant dibutuhkan. Peluang kerja sebagai Travel Consultant akan selalu terbuka, karena Travel Consultant kian dibutuhkan sebab traveling kini mulai menjadi kebutuhan utama masyarakat perkotaan. Meskipun demikian, untuk menjadi seorang Travel Consultant yang profesional dibutuhkan beberapa kemampuan atau kompetensi di antaranya adalah mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industri pariwisata dan industri travel, melakukan kerja sama dengan kolega dan pelanggan, merencanakan dan melaksanakan kegiatan penjualan, menyiapkan strategi pemasaran / mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan, serta mempersiapkan dan menyampaikan presentasi untuk program travel. Dari adanya peluang tersebut, pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Travel Consultant yang mampu mengikuti perkembangan zaman. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, demonstrasi dari pemateri, serta studi kasus, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini. Pelatihan ini penting untuk diikuti karena mengajarkan secara komprehensif dan terstruktur mengenai ilmu-ilmu dasar untuk menjadi seorang Travel Consultant mulai dari peran dan tanggung jawab, keterampilan, pengetahuan sampai kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang Travel Consultant. Peserta dapat memulai karirnya sebagai Travel Consultant di entry-level dan bahkan terdapat kesempatan untuk mengikuti sertifikasi maupun ujian Travel Consultant. Terlebih materi yang diajarkan juga akan membantu peserta untuk berkembang di bidang Public Speaking.

Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah menjadi Travel Consultantyang mampu untuk merencanakan dan mengatur perjalanan. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karier sebagai Travel Consultant atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier sebagai Travel Consultant.

Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang Sadar Wisata dan Sapta Pesona, Perlindungan Anak yang Relevan di Industri Pariwisata (Pariwisata Seks Anak/PSA), Melakukan konsultasi Perjalanan, Teknik Penjualan, Dasar Membuat Itinerary, Menghitung (Quotation) Komponen Harga pada Paket Wisata, Prinsip Dasar Perhitungan Komponen Harga Paket Travel/Tur, sampai dengan mempelajari bagaimana cara Mempersiapkan dan Menyampaikan Presentasi untuk Program Travel. Dengan mempelajari topik-topik tersebut peserta dapat meningkatkan atau menambah kompetensi dan keterampilan sebagai Travel Consultant. 

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan Travel Consultant, Konsultan Pariwisata, Travel Agent, Tour Guide.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam merencanakan dan mengatur perjalanan sebagai Travel Consultant dengan standar nasional (SKKNI Sub Sektor Biro Perjalanan Wisata) dan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan perkembangan travel pada ranah Biro Perjalanan Wisata (BPW) dan Agen Perjalanan Wisata (APW) 
2. Peserta mampu menjelaskan tujuh unsur penting dalam sapta pesona
3. Peserta mampu menjelaskan pengembangan pariwisata dan kebudayaan daerah berdasarkan peraturan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif 
4. Peserta mampu mencontohkan program pariwisata berkelanjutan untuk mendukung industri travel
5. Peserta mampu menjelaskan program pariwisata dan tantangan yang dihadapi 
6. Peserta mampu melakukan kerja sama dengan kolega untuk profesi Travel Consultant
7. Peserta mampu mengidentifikasi kebutuhan konsumen 
8. Peserta mampu menerapkan pelayanan prima sebagai seorang Travel Consultant 
9. Peserta mampu menjelaskan program travel dengan rinci dan jelas
10. Peserta mampu melakukan konsultasi perjalanan dengan memperhatikan pelanggan, materi konsultasi, dan etika profesi yang baik dan benar
11. Peserta mampu menunjukkan sikap ramah dan sopan dalam melakukan konsultasi perjalanan
12. Peserta mampu mengidentifikasi informasi perjalanan yang perlu diketahui oleh pelanggan 
13. Peserta mampu melakukan riset informasi dalam ruang lingkup Travel Consultant 
14. Peserta mampu menerapkan teknik penjualan jasa perjalanan sesuai dengan prosedur yang ada 
15. Peserta mampu membuat itinerary perjalanan sesuai dengan prosedur yang ada 
16. Peserta mampu menghitung biaya akomodasi yang dibutuhkan dalam perjalanan 
17. Peserta mampu menyebutkan confidential tariff yang digunakan oleh Travel Consultant 
18. Peserta mampu melakukan analisis pasar menggunakan analisis SWOT
19. Peserta mampu menunjukkan sikap teliti dalam melakukan analisis SWOT 
20. Peserta mampu menyebutkan berbagai tujuan pemasaran 
21. Peserta mampu melakukan negosiasi harga jasa konsultasi perjalanan
22. Peserta mampu menyebutkan prinsip dasar perhitungan harga paket perjalanan
23. Peserta mampu merencanakan pemasaran jasa perjalanan sesuai dengan prosedur yang ada 
24. Peserta mampu menjelaskan isi proposal penawaran jasa perjalanan
25. Peserta mampu menentukan topik presentasi program jasa perjalanan 
26. Peserta mampu membuat presentasi program jasa perjalanan 
27. Peserta mampu menyebutkan alat dan sarana untuk mendukung presentasi 
28. Peserta mampu melakukan presentasi program jasa perjalanan sesuai dengan kaidah dan prosedur yang ada.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Dua jenis industri perjalanan wisata 
2. Dua jenis agen perjalanan wisata 
3. Program sapta pesona

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mencari peluang jasa perjalanan dalam industri pariwisata
2. Menerapkan pelayanan prima 
3. Mengidentifikasi kebutuhan konsumen

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Detail dalam menjelaskan program jasa perjalanan kepada pelanggan
2. Ramah dan sopan dalam melakukan konsultasi jasa perjalanan
3. Bertanggung jawab dalam melakukan riset untuk mendapatkan informasi destinasi perjalanan

Kelompok Sasaran
Peserta yang dapat mengikuti pelatihan ini adalah masyarakat umum dengan kriteria: 
1. Peserta dengan minimal pendidikan S1
2. Memiliki ketertarikan untuk menjadi Travel Consultant 
3. Memiliki dan Menyiapkan kalkulator atau alat hitung lainnya
4. Memiliki akses internet dan HP/Laptop

Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Mengembangkan dan Memperbarui Pengetahuan Industri Pariwisata dan Industri Travel (81 Menit 12 detik)
TOPIK 2: Melakukan Kerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (71 Menit 29 detik)
TOPIK 3: Merencanakan dan Melaksanakan Kegiatan Penjualan (64 Menit 2 detik)
TOPIK 4: Mempromosikan Produk dan Jasa kepada Pelanggan (105 Menit 42 detik)
TOPIK 5: Mempersiapkan dan Menyampaikan Presentasi untuk Program Travel (59 Menit 59 detik)

Total Durasi
382 Menit 24 detik

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Hari: Kamis 
Pukul: 19.00-20.00

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Metode Pembelajaran 

Self-paced Learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif, dan penugasan


Metode Evaluasi

1. Pre Test

2. Post Test

3. Formative Test

4. Tugas Praktik


Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar
Ameliya Rosita
Ameliya Rosita merupakan Alumni Pascasarjana dari Universitas Gadjah Mada, dan Erasmus Grants dari WU Wien University, Vienna, Austria. Selain memiliki sertifikasi kompetensi BNSP untuk City Tour Guide, Overland Tourist Guide, Tour Leader, Museum Guide, dan Travel Consultant, beliau merupakan Founder dari Trex Tour serta telah mendapatkan berbagai penghargaan di bidang pariwisata dan travel diantaranya adalah Third winner of Hitchhiking Competition in North West Germany - DTSG, Winner Travel from Home Competition - UNESCO, Transportation Liaison Officer (Volunteer) for Asian Games 2018 - Kementerian Perhubungan, dan Guide Team for WKJ Student Jkt Transportation Tour (MURI RECORD) - WKJ.

Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved