Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Merintis Bisnis Homestay untuk Calon Pengelola Pondok Wisata

Pembelajaran Mandiri

Belajar Merintis Bisnis Homestay untuk Calon Pengelola Pondok Wisata

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti?
Pondok wisata atau yang lebih kita kenal dengan homestay merupakan bentuk penginapan atau akomodasi bagi para wisatawan untuk berinteraksi dan membangun komunikasi dengan pemilik tempat tinggal (host) dan tentunya memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mengenal lebih dekat destinasi wisata yang dikunjunginya baik dari segi budaya maupun tradisi. Tentunya hal ini membuka peluang yang cukup besar bagi mereka pelaku usaha di bidang akomodasi khususnya mereka yang tinggal di dekat daerah pariwisata untuk merintis usaha pondok wisata. Dengan terjalinnya interaksi antara sang pemilik tempat tinggal dengan tamu, tentunya membuka pintu yang cukup lebar dalam meningkatkan pariwisata di daerah setempat. Maka dari itu, pada pelatihan ini, peserta akan diajarkan mengenai tahapan dalam merintis bisnis pondok wisata, dari mulai perencanaan, perawatan, hingga proses pemasaran.
Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah merintis bisnis pondok wisata (homestay) bagi calon pengelola pondok wisata. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini dapat bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi peserta yang ingin memulai untuk berwirausaha dalam mengelola pondok wisata (homestay) atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berwirausaha di bidang tersebut.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang menjadi pengelola pondok wisata (homestay), persiapan dan perencanaan usaha pondok wisata (homestay), pelaksanaan usaha pondok wisata (homestay), menghitung modal usaha dan biaya operasional usaha pondok wisata (homestay), dan cara memasarkan dan mengembangkan usaha pondok wisata (homestay), dengan metode ajar yang bervariatif berupa ceramah, handout, demonstrasi, studi kasus, dan wawancara. 
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam berwirausaha terutama dalam usaha pondok wisata (homestay) dan bagi mereka yang ingin memulai usaha pondok wisata (homestay).

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam merintis bisnis pondok wisata (homestay) untuk calon pengelola pondok wisata (Panduan Buku Entrepreneurship) sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu mengidentifikasi urgensi pengelola pondok wisata, peran pengusaha pondok wisata bagi pembangunan pariwisata nasional, karakter, skill, dan mindset yang harus dimiliki seorang pengusaha, dan peluang usaha pondok wisata dengan detail
2. Peserta mampu menjelaskan ide dan konsep dalam usaha pondok wisata
3. Peserta mampu menerapkan strategi usaha pondok wisata dengan menunjukkan sikap inovatif
4. Peserta mampu menjelaskan macam-macam usaha di bidang akomodasi, faktor penting dalam usaha pondok wisata, dan jenis-jenis tanda pengenal pondok wisata
5. Peserta mampu menguraikan kriteria kelayakan usaha pondok wisata dengan tepat
6. Peserta mampu menentukan target konsumen dan ciri-ciri lokasi strategis dengan menunjukkan sikap cermat
7. Peserta mampu menyiapkan dokumen perizinan usaha pondok wisata denganmenunjukkan sikap taat azas langkah-langkah menyimpan dan mencetak dokumen
8. Peserta mampu menyiapkan SDM untuk usaha pondok wisata dengan menunjukkan sikap teliti
9. Peserta mampu menguraikan elemen sapta pesona
10. Peserta mampu mengimplementasikan sapta pesona dengan menunjukkan sikap ramah, komunikatif, dan rapi
11. Peserta mampu mengimplementasikan tahapan pelayanan tamu dengan menunjukkan sikap ramah
12. Peserta mampu menerapkan sikap dan perilaku terhadap tamu dengan tepat dan menunjukkan sikap sopan dan ramah
13. Peserta mampu mendemonstrasikan tahapan dalam menjalin interaksi dan membangun komunikasi dengan tamu dengan menunjukkan sikap komunikatif dan ramah
14. Peserta mampu menunjukkan sikap solutif dan ramah dalam menghadapi keluhan tamu
15. Peserta mampu mengimplementasikan langkah-langkah memberikan pelayanan tata graha dan layanan makanan dan minuman kepada tamu dengan menunjukkan sikap jujur, rapi, dan bersih
16. Peserta mampu menerapkan perawatan pondok wisata dengan menunjukkan sikap rapi dan bersih
17. Peserta mampu menunjukkan sikap solutif dalam mengatasi masalah perawatan pondok wisata
18. Peserta mampu menyatakan daftar kelengkapan fasilitas pondok wisata dengan menunjukkan sikap teliti dan detail
19. Peserta mampu menunjukkan sikap solutif dankooperatif dalam mengatasi lost and found barang tamu
20. Peserta mampu menguraikan komponen dalam perhitungan modal dan biaya operasional usaha pondok wisata dengan teliti
21. Peserta mampu menerapkan tahapan dalam menghitung modal dan biaya operasional usaha pondok wisata dengan teliti
22. Peserta mampu menyatakan konsep modal awal dan titik impas serta strategi dalam mendapatkan modal usaha pondok wisata dengan menunjukkan sikap ulet dan giat
23. Peserta mampu mengimplementasikan tahapan pemasaran usaha pondok wisata dengan menunjukkan sikap giat
24. Peserta mampu menjelaskan legalitas usaha pondok wisata dengan detail
25. Peserta mampu menerapkan strategi mengembangkan usaha sesuai kebutuhan pasar dengan menunjukkan sikap ulet dan giat 
26. Peserta mampu menunjukkan sikap evaluatif dan teliti dalam mengevaluasi langkah-langkah peningkatan kinerja usaha

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Deskripsi urgensi pengelola pondok wisata
2. Deskripsi peran pengusaha pondok wisata bagi pembangunan pariwisata nasional
3. Memahami karakter, skill, dan mindset yang harus dimiliki seorang pengusaha

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menjelaskan dan mengidentifikasi urgensi pengelola pondok wisata, peran pengusaha pondok wisata bagi pembangunan pariwisata nasional, karakter, skill, dan mindset yang harus dimiliki seorang pengusaha, dan peluang usaha pondok wisata
2. Menerapkan strategi dalam merumuskan ide bisnis pondok wisata, skema memulai usaha pondok wisata, dan hal yang harus diperhatikan dalam memulai usaha pondok wisata
3. Mengatasi masalah dalam menghadapi tantangan usaha pondok wisata

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Memerhatikan dengan detail urgensi pengelola pondok wisata, peran pengusaha pondok wisata bagi pembangunan pariwisata nasional, karakter, skill, dan mindset yang harus dimiliki seorang pengusaha, dan peluang usaha pondok wisata
2. Inovatif dalam merumuskan ide bisnis pondok wisata
3. Solutif dan analitis menghadapi tantangan dalam usaha pondok wisata

Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh : 
1. Peserta dengan semua jenjang pendidikan, atau SLTA dan sederajat
2. Peserta yang memiliki ketertarikan untuk memulai usaha pondok wisata
3. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet

Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Menjadi Pengelola Pondok Wisata (Homestay) : 78 menit 43 detik
TOPIK 2: Persiapan dan Perencanaan Usaha Pondok Wisata (Homestay) : 57 menit 51 detik
TOPIK 3: Pelaksanaan Usaha Pondok Wisata (Homestay) : 130 menit 11 detik
TOPIK 4: Menghitung Modal Usaha dan Biaya Operasional Usaha Pondok Wisata (Homestay) : 43 menit 55 detik
TOPIK 5: Memasarkan dan Mengembangkan Usaha Pondok Wisata (Homestay) : 57 menit 25 detik

Total Durasi
368 minutes

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Jadwal utama : Kamis pukul 08.00 - 09.00

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Profil Pengajar
Sapto Priantomo
Sapto Priantomo adalah pengusaha dan pendidik yang memiliki keahlian dalam bidang hospitality service dengan pengalaman selama 15 tahun. Beliau adalah founder dari Onyx Management, Star Hotel Institute dan Star4Hire. Karirnya dimulai dari memasak di restoran di Melbourne, Australia dan New York, serta bekerja sebagai profesional di perusahaan penyedia pelayanan. Beliau melanjutkan karirnya dengan mengembangkan bisnis hotel dan mendirikan Onyx Management and Residence sebagai properti pertamanya di Jakarta

Panduan Redeem Voucher
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, klik tombol menu "Upskill"
4. Klik tulisan "Redeem"
5. Masukan kode voucher dan klik "redeem"

Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





course thumbnail

Rp295.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved