Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Otomatisasi Data Menggunakan Fitur Macros pada Microsoft Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan (Webinar)

Webinar

Belajar Otomatisasi Data Menggunakan Fitur Macros pada Microsoft Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan (Webinar)

Oleh: Binus Center

Pelatihan di Binus Center

0

4.6(434)
561 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan Belajar Otomatisasi Data Menggunakan Fitur Macros pada Microsoft Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan, mempelajari dari awal tentang bagaimana membuat dan melakukan otomatisasi data numerik sesuai kebutuhan dengan menggunakan tools dan fitur Microsoft Excel yang dapat mendukung kegiatan administrasi keuangan seperti: merekam proses input data yang berulang secara otomatis, melakukan filtering dan sorting data berdasarkan variabel yang diinginkan, menggabungkan beberapa data sehingga menjadi satu data yang terintegrasi, menentukan hasil perhitungan dengan menggunakan fitur goal & seek, sampai dengan membuat database sederhana. Macros pada Microsoft Excel adalah program otomatisasi data yang berisi perintah-perintah berurutan yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas berulang atau repetitif. Dengan mempelajari dan menerapkan fungsi Macro pada pekerjaan yang bersifat rutinitas, dapat menjadi lebih efisien dan lebih cepat.


Tujuan Umum Pelatihan

Pelatihan Belajar Otomatisasi Data Menggunakan Fitur Macros pada Microsoft Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan bagi pengguna aplikasi pengolah angka, sehingga dapat melakukan kegiatan administrasi keuangan seperti menginput data, menyortir atau filtering data yang awalnya dilakukan secara manual, diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini dapat menyelesaikan tugas perhitungan menjadi lebih mudah dan cepat dengan memaksimalkan tools dan fitur Macros pada aplikasi Microsoft Excel yang telah dipelajari.


Tujuan Khusus Pelatihan

Tujuan khusus dari pelatihan Belajar Otomatisasi Data Menggunakan Fitur Macros pada Microsoft Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan ini adalah :

1. Dapat memahami dan meningkatkan keterampilan perhitungan dengan menggunakan fitur Macros pada Microsoft Excel

2. Dapat melakukan otomatisasi untuk penginputan dan perhitungan data yang biasa dilakukan secara berulang

3. Dapat melakukan pengaturan tampilan data-data yang dibutuhkan

4. Dapat menggabungkan dua atau lebih file data yang berbeda menjadi satu data yang terintegrasi

5. Dapat membuat database sederhana

6. Dapat membantu menentukan hasil perhitungan (misal rate, margin, selisih) dengan menggunakan tool Goal & Seek

7. Dapat membantu pekerjaan berulang dan memakan waktu lama menjadi lebih efisien


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Memahami fitur Macro pada Microsoft Excel. Materi: Pengenalan fitur Macro pada aplikasi Microsoft Excel

2. Mengoperasikan fungsi Macro. Materi: Membahas mengenai fungsi Recording Macro dan langkah-langkah penggunaannya, Membahas bagaimana cara create function yang ada pada Macro

3. Mengelola data, file dan folder. Materi: Membahas mengenai fungsi dan penggunaan menu Sort and Filter untuk mengolah data, Membahas mengenai fungsi dan penggunaan menu Export and Import data


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Mampu menjalankan dan mengoperasikan fitur Macro. Materi: Pengenalan fitur Macro pada aplikasi Microsoft Excel, Membahas mengenai fungsi Recording Macro dan langkah-langkah penggunaannya

2. Mampu mengolah angka-angka yang komplek. Materi: Membahas bagaimana cara create function yang ada pada Macro

3. Mampu membuat sistem otomatisasi sederhana. Materi: Studi kasus /praktek keterampilan

4. Mampu mengelola data, file dan folder. Materi: Membahas mengenai fungsi dan penggunaan


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Berintegritas. Materi: Studi kasus / praktek keterampilan

2. Teliti. Materi: Studi kasus / praktek keterampilan

3. Mengikuti kode etik. Materi: Pengenalan fitur Macro pada aplikasi Microsoft Excel

4. Documentation skill. Materi: Studi kasus / praktek keterampilan


Kelompok Sasaran

1. Masyarakat umum

2. Memiliki perangkat yang sudah terinstal Microsoft Excel

3. Memiliki pengetahuan rumus & fungsi Microsoft Excel

4. Terbiasa menggunakan komputer dan Microsoft Excel

5. Minimal jenjang pendidikan lulusan SD atau sederajat


Durasi Per Sesi

1. Pengenalan fitur Macro pada aplikasi Microsoft Excel 20 menit

2. Membahas mengenai fungsi dan penggunaan menu Sort and Filter untuk mengolah data  30 menit

3. Membahas mengenai fungsi dan penggunaan menu Export and Import data 30 menit

4. Membahas mengenai fungsi dan penggunaan Goal seek and Solver  40 menit

5. Studi kasus /praktek keterampilan  60 menit

6. Membahas mengenai fungsi Recording Macro dan langkah-langkah penggunaannya 60 menit

7. Membahas bagaimana cara create function yang ada pada Macro 60 menit

8. Studi kasus / praktek keterampilan 60 menit


Total Durasi

360 Menit


Kapasitas Peserta

Minimal 10 Peserta, dan Maksimal 150 Peserta


Level Pelatihan

Intermediate / Tingkat Menengah


Metode Pembelajaran

Webinar: Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif peragaan dan penugasan

 

Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

 

Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Jadwal Mingguan Konsultasi denga Tenaga Pelatih

Minggu, pukul 14.30 - 15.30 WIB


Profil Pengajar

Didi Subekti (Pemateri Utama)

Menempuh pendidikan tinggi di Univeritas Gundarama Depok jurusan Teknik Informatika. Pengalaman pertama bekerja professional didapatkan pada saat masih berkuliah di semester akhir tahun 2010 di sebuah lembaga pendidikan non formal bernama Gamma Privat untuk materi ajar Microsoft Office dan Pengenalan Komputer dasar. Di tahun 2011 kembali bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang pendidikan non formal yaitu PT.Activindo sistem Informatika (Activetrain). Bekerja sebagai trainer Desktop Application dan IT Support untuk memberikan pelatihan Microsoft Office Excel, Word, PowerPoint, One Note, Visio, Visual Basic for Application, dan IT Support sesuai dengan silabus yang sudah disediakan. Sebagai Trainer professional saya diberi kesempatan untuk mengambil sertifikasi Microsoft Certified Professional dan Specialist sebagai dasar kompetensi menjadi Instruktur produk Microsoft. Selama bekerja di perusahaan ini saya mengajar banyak proyek training dengan klien dari berbagai perusahaan dan kota indonesia. Pengalaman mengajar dan jaringan instruktur yang cukup luas pada tahun 2016 memutuskan untuk menjadi Freelance Trainer dan konsultan, saat ini mengajar di beberapa training center dan Perusahaan Konsultansi yaitu Binus Center, Binus Creates, Binus Corporate Learning and Development, PT. Andalan Nusantara Teknologi, PT. Multimatics Indonesia, PT. Sarana Solusindo Informatika, PT. Mitra Integrasi Informatika, EduTrain, PT. Aero Edu Indonesia, dan beberapa training center lainya.


Jadwal Pelatihan

Pilihan Hari:

Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat

Pilihan Waktu:

● Pukul: 08.00 WIB s/d 11.00 WIB

● Pukul: 11.20 WIB s/d 14.20 WIB

● Pukul: 15.00 WIB s/d 18.00 WIB

● Pukul: 18.00 WIB s/d 21.00 WIB

Pilihan jadwal webinar dapat dipilih pada saat melakukan proses daftar ulang melalui link berikut: https://binuscenter.com/prakerja/


Panduan Redeem Voucher

1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojokkanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)

2. Setelah Anda berhasil melakukan transaksi, Anda akan mendapatkan kode voucher dari  Digital Platform

3. Lakukan redeem voucher/daftar ulang Pelatihan Kartu Prakerja BINUS CENTER melalui link berikut: https://binuscenter.com/prakerja/

4. Klik Tombol Daftar Ulang pada link

5. Pilih Marketplace/Digital Platform tempat Anda melakukan pembelian voucher Pelatihan Kartu Prakerja & masukkan kode voucher yang sudah didapat. Penggunaan karakter huruf/angka kode voucher harus sesuai sama persis seperti yang Anda dapatkan dari Digital Platform

6. Klik “Submit”

7. Apabila Sukses, Anda dapat memilih Jadwal yang diinginkan

8. Masukkan email yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi Pembelian Kartu Prakerja

9. Klik “Cek Status Kepesertaan Anda”

10. Isi Form Pendaftaran Ulang dengan lengkap dan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) & yang tertera di akun Kartu Prakerja Anda

11. Centang check box di akhir kolom isian lalu klik KIRIM

12. Anda akan mendapatkan email notifikasi detail keikutsertaan Pelatihan di BINUS CENTER dan email notifikasi username dan password untuk akses platform BINUS CENTER

13. Apabila terdapat kesulitan dalam proses redeem voucher, silakan klik Contact Us untuk mendapatkan panduan dari tim BINUS Center

Kontak Lembaga Pelatihan

Email : infokartuprakerja@binuscenter.com

WhatsApp : 0821-2402-5552


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.6

/5

(434 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp400.000