Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Belajar Pengolahan Kopi dan Usaha Kopi Untuk Menjadi Barista Profesional

Pembelajaran Mandiri

Belajar Pengolahan Kopi dan Usaha Kopi Untuk Menjadi Barista Profesional

Oleh: Pijar Mahir

Pelatihan di Pijar Mahir

0

4.9(427)
968 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Menjadi barista dan memiliki usaha kedai kopi masih menjadi trend hingga kini. Kebutuhan untuk tempat kerja dan diskusi seiring kembali meningkatnya ekonomi menjadi potensi tersendiri bagi kedai kopi. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman segala aspek soal bagaimana berkarir menjadi barista profesional. Pelatihan ini membahas prinsip dasar yang harus dipegang oleh barista,dan skill apa saja yang harus dimiliki oleh barista profesional baik minuman coffee maupun non-coffee 

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta memiliki keterampilan dan sikap tanggung jawab dalam mengolah minuman kopi dan berkarir menjadi barista profesional dalam industri kedai kopi 

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Mampu mengetahui prinsip dasar menjadi seorang barista profesional
2. Mengetahui jenis-jenis minuman alkohol dan non alkohol
3. Mengetahui sejarah dan perkembangan industri kopi
4. Mampu membedakan karakteristik dan jenis kopi
5. Mampu mengaplikasikan teknik brewing

Aspek Kompetensi:  Pengetahuan (Knowledge)
1. Mengetahui prinsip dasar menjadi barista
2. Mengetahui tanggung jawab dan tugas utama barista profesional
3. Mengetahui perbedaan minuman non-alkohol

Aspek Kompetensi:  Keterampilan (Skill)
1. Memahami cara menyambut pelanggan yang baik
2. Memahami cara merasakan kopi sebelum di-brewing
3. Mengetahui cara brewing manual maupun dengan mesin

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Memiliki sikap ramah kepada customer dan menjaga sikap kepada pelanggan
2. Memiliki sikap teliti dan menjaga kualitas tiap produk yang dihasilkan

Kelompok Sasaran
1. Sesuai/Cocok untuk peserta dengan minimal pendidikan SMA dan sederajat
2. Mempunyai passion dan mau belajar di dunia kopi
3. Memiliki Akses Internet
4. Suka minum Kopi
5. Memiliki Pengetahuan dasar Food and beverages 
6. Memiliki wawasan dan komunikasi yang baik 

Durasi Per Sesi
Bab 1 : Tugas dan tanggung jawab barista (29:53 menit)
Bab 2: Pengetahuan dasar minuman non alkohol (46:12 menit)
Bab 3: Sejarah singkat kopi & gelombang industri kopi (28:20 menit)
Bab 4 : Membedakan jenis kopi & karakteristiknya (37:35 menit)
Bab 5: Membedakan karakteristik pasca panen kopi (33:19 menit)
Bab 6: Membedakan jenis level  & sangrai kopi (22:04 menit)
Bab 7 : Belajar merasakan kopi untuk mengimplementasikan teknik brewing (40:54 menit)
Bab 8 : Methode brewing manual (46:19 menit)
Bab 9 : Methode brewing dengan mesin (49:15 menit)
Bab 10 : Macam macam espresso (35:04 menit)

Total Durasi
370 menit 54 detik

Kapasitas Peserta
Unlimited

Level Pelatihan 
Basic / Tingkat Dasar


Mode Penyampaian

Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.


Metode Evaluasi

1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Hari Sabtu, Jam 10.00 -11.00

Profil Pengajar
Alang Bhinantaka
Beliau merupakan praktisi barista yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dan juga telah membantu set up kafe di berbagai kota di Indonesia.

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.9

/5

(427 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved