Bernegosiasi dan Memahami Nasabah sebagai Debt Collector yang Beretika
Webinar
Bernegosiasi dan Memahami Nasabah sebagai Debt Collector yang Beretika
Oleh: Langsung Kerja
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pada Pelatihan ini, peserta akan mempelajari bagaimana profesi Debt Collector bertindak sebagai penagih hutang yang beretika. Pelatihan ini memiliki tujuan umum untuk memberdayakan peserta agar mampu mengenali, memahami, dan menerapkan keterampilan strategi penagihan serta praktis penagihan sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 6/POJK 07.2022.
Sementara itu, tujuan khusus dari pelatihan ini meliputi pemahaman tentang perbedaan jenis dan tugas dari seorang debt collector, penerapan etika yang sesuai dengan peraturan negara, pembangunan karakter dan keterampilan sebagai seorang debt collector yang profesional, kemampuan untuk menerapkan strategi penagihan di dunia kerja, serta pemahaman tentang cara menghadapi pelanggan selama proses penagihan. Dengan demikian, peserta diharapkan dapat menjadi profesional yang efektif dalam penagihan, serta menjalankan tugas mereka dengan mematuhi aturan yang berlaku dan memberikan perlindungan kepada konsumen dan masyarakat secara keseluruhan.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta belajar mampu mengenali, memahami, dan menerapkan keterampilan strategi penagihan serta praktis penagihan sebagai landasan minimal 80% dalam melakukan aktivitas penagihan sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 6/POJK 07.2022 (Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan) pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Memahami perbedaan jenis dan tugas dari debt collector
Menjalankan etika debt collector sesuai dengan peraturan negara
Membangun karakter dan keterampilan sebagai debt collector yang profesional
Mampu menerapkan strategi penagihan dalam dunia kerja
Memahami cara menghadapi pelanggan selama proses penagihan
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Konsep dasar penagihan utang
Konsep kelola piutang pembiayaan debitur
Konsep keterampilan mengelola risiko
Konsep memahami psikologis debitur
Konsep dasar taktik penagihan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Menunjukkan penguasaan kemampuan akan menagih utang
Menunjukkan penguasaan kemampuan dalam kelola pembiayaan piutang debitur
Merancang kelola untuk menghindari risiko
Mengombinasikan kesan positif dengan komunikasi empati dalam penagihan utang
Merancang taktik penagihan yang sesuai dengan kondisi debitur
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Penagih utang yang beretika
Strategis dalam mengelola piutang pembiayaan debitur
Cermat dalam mengelola risiko
Cermat dalam memperhatikan kondisi psikologis debitur
Perhatian terhadap berbagai taktik penagihan
Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 64 tahun
Syarat dan ketentuan lainnya
1. Memiliki gawai (HP atau laptop)
2. Memiliki akses internet yang stabil
3. Memiliki aplikasi Zoom
4. Memiliki minat dan ketertarikan dalam bidang penagihan
Durasi Per Sesi
Hari ke 1
09.00 - 09.15 WIB. Aktivitas Pembuka. Perkenalan trainer dan perkenalan singkat peserta di chat dan ice breaking : 15 menit
09.15 - 12.15 WIB. Pertemuan 1: Mengapa Harus Menjadi Seorang Debt Collection?180 menit
Hari ke 2
09.00 - 12.00 WIB. Pertemuan 2: Collection Management untuk Penagihan Berjalan Lancar : 180 menit
Hari ke 3
09.00 - 12.00 WIB. Pertemuan 3. Mengerti Psikologi Pelanggan & Cara Komunikasi Empati : 180 menit
Hari ke 4
09.00 - 12.00 WIB. Pertemuan 4: Membangun Citra sebagai Seorang Petugas Telecollection : 180 menit
Hari ke 5
09.00 - 12.00 WIB. Pertemuan 5: Taktik Negosiasi dalam Menghadapi Pelanggan yang Bermasalah : 180 menit
12.00 - 12.15 WIB. Aktivitas Penutup: Menanyakan hal-hal yang diperoleh selama rangkaian sesi dan kesan pesan terhadap trainer dan pembelajaran : 15 menit
Total Durasi
930 menit
Kapasitas Peserta
50 peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
- Peserta akan diarahkan untuk membuat video yang berisi rekaman seakan mereka adalah field collector yang akan menagih utang untuk segera dibayar pelanggan.
- Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
15-05-2023 s.d. 19-05-2023
22-05-2023 s.d. 26-05-2023
05-06-2023 s.d. 09-06-2023
12-06-2023 s.d. 16-06-2023
Profil Pengajar
Set Ratu A Lumalente
Set Ratu A (Sarlan) Lumalente memiliki pengalaman beragam, mulai dari memberikan pelatihan, pembinaan, hingga mengajar di sekolah. Sarlan juga ahli dalam bidang debt collection dan kredit mikro. Ia aktif memberikan pelatihan untuk para debt collector dan menjabat sebagai general manager sebuah perusahaan swasta di Jakarta
Kontak Lembaga Pelatihan
info@edukarir.co.id / (+62) 82122138563
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
5.0
/5
(21 Rating)
0
0
0
0
0