Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Dasar Korespondensi: Menulis email, chat, hingga laporan

Pembelajaran Mandiri

Dasar Korespondensi: Menulis email, chat, hingga laporan

Oleh: Skill Academy

Pelatihan di Skill Academy

0

4.9(24)
30 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Menguasai Microsoft Office dan dasar korespondensi menjadi kompetensi yang krusial dalam menjadi seorang Sekretaris. Dalam kesehariannya, seorang Sekretaris dituntut untuk menghasilkan dokumen bisnis atau korespondensi, dan menggunakan sumber daya yang ada untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif. Karena itu, sudah seharusnya seorang Sekretaris dapat membuat korespondensi yang baik dan benar, serta memaksimalkan pemanfaatan perangkat lunak seperti Microsoft Office untuk memudahkan pekerjaan.

Kelas ini berisi dua topik besar, yakni Microsoft Office dan dasar korespondensi. Topik Microsoft Office akan mencakup pembahasan tentang tiga aplikasi yang paling umum digunakan dalam Microsoft Office, yakni Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint. Di sini, user akan mempelajari tools mendasar yang ada dalam ketiga aplikasi, serta cara menggunakannya untuk mengolah data, kata, dan elemen visual. Sedangkan dalam topik korespondensi, user akan diajak untuk mempelajari bentuk-bentuk korespondensi, bagaimana menulis e-mail, surat bisnis, membuat proposal, laporan, hingga bagaimana caranya menghindari kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan dalam berkorespondensi.


Tujuan Umum Pelatihan

Setelah menyelesaikan video dan PDF serta mengerjakan tes, peserta mampu menggunakan tools dasar yang ada pada Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint, serta mampu menjelaskan korespondensi bisnis yang baik dan cara membuatnya, dalam memenuhi tugasnya sebagai Sekretaris Umum.


Tujuan Khusus Pelatihan

  1. Peserta belajar mampu mengoperasikan komputer & alat peripheral
  2. Peserta belajar mampu menggunakan tools dan fungsi/formula mendasar dalam Microsoft Excel untuk mengolah data
  3. Peserta belajar mampu menggunakan tools dasar dalam Microsoft Word untuk mengolah kata dan menghasilkan dokumen tertulis
  4. Peserta belajar mampu menggunakan tools dasar dalam Microsoft PowerPoint untuk membuat dan mendesain slide presentasi
  5. Peserta belajar mampu menerapkan strategi dalam menyusun materi presentasi
  6. Peserta belajar mampu mengidentifikasi format serta jenis korespondensi yang mendasar
  7. Peserta belajar mampu menerapkan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pembuatan korespondensi yang mendasar


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Mengenal okupasi dan memahami kompetensi utama seorang Sekretaris
> Video Mengenal Okupasi Sekretaris (01:00 -  08:38)
> Kompetensi Sekretaris Umum (00:10 - 09:56)

2. Memahami fungsi piranti lunak Microsoft Word
> Materi Pembelajaran Kelas (menit 02:05 - 04:16)
> Pengenalan Microsoft Word (menit 00:10 - 03:30)
> Membuat Surat dengan Mail Merge (00:15 - 00:50)

 3. Memahami cara menyusun materi presentasi
> Pengenalan Pembuatan PPT (00:00 - 1:28)
> Sebelum Membuat PPT (00:00 - 7:00)

4. Memahami cara membuat dan mendesain slide presentasi
> Membuat Layout (00:00 - 9:51)
> Memilih Warna (00:00 - 8:33)
> Memilih Font & PenempatanTeks (00:00 - 6:09)
> Penggunaan Gambar & Video (00:00 - 6:14)
> Menyisipkan serta Mendesain Grafik (00:00 - 7:56)
> Menyisipkan serta Mendesain Tabel (00:00 - 6:46)
> Pengenalan Animasi & Transisi (00:00 - 9:28) 

5. Mengenali dasar Microsoft Excel
> Pengenalan Microsoft Excel (0:23 - 4:29)
> Pengenalan Microsoft Excel Lanjutan (0:00 - 5:57)
> File Template & Tab (0:45 - 5:55)
> Karakteristik Sel (0:15 - 2:00)
> Copying & Filing (0:20 - 5:22)
> Copying & Filing Lanjutan (0:00 - 3:59)
> Formatting (0:21 - 9:03)

6. Mengetahui cara mnggunakan fungsi-fungsi di Microsoft Excel
> Editing Data (0:23 - 6:45)
> Cell Reference (0:19 - 5:37)
> Mixed Reference (0:00 - 6:29)
> Text to Columns (0:22 - 4:17)
> Advanced Fills (0:20 - 5:20)
> Fill Series & Flash Fills (0:00 - 5:34)
> Menampilkan Worksheet (0:24 - 7:34)
> Menyesuaikan Worksheet (0:21 - 4:15)
> Bekerja dalam Worksheet (0:00 - 6:10)
> Menampilkan Banyak Sheet & File Sekaligus (0:30 - 7:41)
> Fungsi Teks: Mengubah Font Case dengan Formula (0:00 - 3:52)
> Fungsi Teks - Mengedit Teks dengan Formula (0:00 - 3:36)
> Fungsi Teks - Mengedit Teks dengan Formula Lanjutan (0:00 - 7:07) 

7. Mengenal korespondensi bisnis serta bentuk medianya
> Pengenalan Korespondensi Bisnis (1:20 - 5:50) 

8. Mengetahui tata cara dalam menulis surat dan email bisnis
> Menulis Email (1:12 - 3:08)
> Menulis Surat Bisnis (1:40 - 5:33)
> Format Kepala Surat (0:00 - 7:20)
> Format Keterangan & Penerima Surat (0:00 - 8:29)
> Isi Surat & Jenis-jenisnya (0:00 - 9:49)
> Format Penutup Surat (0:00 - 3:10) 

9. Mengetahui tata cara menulis laporan
> Menulis Laporan (2:16 - 3:11) 

PDF
> Menulis Laporan Hasil Rapat
> Membuat Laporan Dikte 

10. Mengetahui komponen dalam proposal usaha
> Menulis Proposal Usaha (3:50 - 5:10)

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Menguasai keterampilan spefisifik untuk menjadi seorang sekretaris
> Kompetensi Sekretaris Umum (menit 05:21 - 09:28) 

2. Menangani Penerimaan dan Pengiriman Dokumen/Surat
> Menulis Email (1:18 - 3:06)
> Menulis Surat Bisnis (2:21 - 5:30) 

PDF
> Menggunakan Perangkat Lunak Email 

3. Mengoperasikan komputer untuk kesekretariatan
> Materi Pembelajaran Kelas (menit 00:10 - 05:30) 

4. Menulis dan Membuat Laporan
> Menulis Laporan Hasil Rapat
> Membuat Laporan Dikte 

5. Membuat Materi Presentasi
> Sebelum Membuat PPT (00:00 - 7:00)
> Membuat Layout (00:00 - 9:51) 

6. Mengoperasikan Aplikasi Microsoft Word dan Membuat Dokumen
> Tab Home dan Insert dalam Microsoft Word (00:10 - 09:11)
> Tab Home dan Insert Lanjutan dalam Microsoft Word (00:10 - 08:40)
> Tab Lain dalam Microsoft Word (00:10 - 09:05)
> Menyalin Teks dalam Microsoft Word (00:10 - 09:50)
> Mengembalikan Teks dalam Microsoft Word (00:10 - 03:58)
> Mencari dan Mengganti Teks dalam Microsoft Word (00:10 - 05:29)
> Memformat Teks & Paragraf dalam Microsoft Word (00:10 - 06:24)
> Memformat Teks & Paragraf Lanjutan dalam Microsoft Word (00:10 - 07:02)
> Memformat Dokumen dalam Microsoft Word (00:10 - 05:12)
> Mengetahui Cara Memasukkan Tabel dalam Dokumen (00:10 - 04:36)
> Mengetahui Cara Memasukkan Tabel dalam Dokumen Lanjutan (00:10 - 07:50)
> Memasukkan Gambar dalam Dokumen (00:10 - 09:02)
> Memasukkan Simbol dalam Dokumen (00:10 - 04:38)
> Membuat dan Mengedit Daftar Isi dalam Dokumen (0:40 - 5:39)
> Membuat Surat dengan Mail Merge (1:16 - 6:40) 

7. Mengoperasikan Aplikasi Microsoft PowerPoint
> Tab Khusus dan Tools Dasar dalam Microsoft PowerPoint
> Membuat Layout (00:00 - 9:51)
> Memilih Warna (00:00 - 8:33)
> Meyisipkan serta Mendesain Grafik (1:40 - 7:56)
> Menyisipkan serta Mendesain Tabel (00:56 - 6:46)
> Pengenalan Animasi & Transisi (2:03 - 9:28) 

8. Mengoperasikan Aplikasi Microsoft Excel
> Pengenalan Microsoft Excel (0:23 - 4:29)
> Pengenalan Microsoft Excel Lanjutan (0:00 - 5:57)
> File Template & Tab (0:45 - 5:55)
> Karakteristik Sel (0:15 - 2:00)
> Copying & Filing (0:20 - 5:22)
> Copying & Filing Lanjutan (0:00 - 3:59)
> Formatting (0:21 - 9:03)
> Editing Data (0:23 - 6:45)
> Cell Reference (0:19 - 5:37)
> Mixed Reference (0:00 - 6:29)
> Text to Columns (0:22 - 4:17)
> Advanced Fills (0:20 - 5:20)
> Fill Series & Flash Fills (0:00 - 5:34)
> Menampilkan Worksheet (0:24 - 7:34)
> Menyesuaikan Worksheet (0:21 - 4:15)
> Bekerja dalam Worksheet (0:00 - 6:10)
> Menampilkan Banyak Sheet & File Sekaligus (0:30 - 7:41)
> Fungsi Teks: Mengubah Font Case dengan Formula (0:00 - 3:52)
> Fungsi Teks - Mengedit Teks dengan Formula (0:00 - 3:36)
> Fungsi Teks - Mengedit Teks dengan Formula Lanjutan (0:00 - 7:07)
> File Template & Tab (0:45 - 5:55)
> Copying & Filing (0:20 - 5:22)
> Copying & Filing Lanjutan (0:00 - 3:59)
> Formatting (0:21 - 9:03)
> Menampilkan Worksheet (0:24 - 7:34)
> Bekerja dalam Worksheet (0:00 - 6:10)
> Menampilkan Banyak Sheet & File Sekaligus (0:00 - 7:41) 

9. Membuat Surat/Dokumen Elektronik
> Format Kepala Surat (0:00 - 7:20)
> Format Keterangan & Penerima Surat (0:00 - 8:29)
> Isi Surat & Jenis-jenisnya (0:00 - 9:49)
> Format Penutup Surat (0:00 - 3:10)
> Menulis Email Lanjutan (0:21 - 5:12) 

PDF
> Menggunakan Perangkat Lunak Email


Kelompok Sasaran

  1. Sekretaris umum

  2. Staff administrasi

  3. Karyawan di sebuah perusahaan 

  4. Peserta belajar yang berminat menjadi sekretaris atau staf administrasi

  5. Peserta belajar yang baru akan terjun dalam dunia kerja

  6. Fresh graduate (SMA, SMK, D3, S1) yang akan memasuki dunia kerja

  7. Peserta belajar yang ingin mengembangkan kemampuan menulisnya dalam bahasa Indonesia secara profesional

  8. peserta harus memiliki atau meminjam laptop/komputer untuk dipakai praktek MS.office


Durasi Per Sesi

Bab 1 Mengenal Okupasi Sekretaris : 34:11 Menit

Bab 2 Pengenalan Microsoft Word : 03:30 Menit

Bab 3 Perangkat dalam Microsoft Word : 26:56 Menit

Bab 4 Mengedit dan Memformat Teks dalam Microsoft Word : 37:55 Menit

Bab 5 Memasukkan Tabel, Gambar, dan Simbul dalam Dokumen : 26:06 Menit

Bab 6 Membuat dan Mengedit Daftar Isi dalam Dokumen : 05:57 Menit

Bab 7 Membuat Surat dengan Mail Merge : 07:26 Menit

Bab 8 Microsoft Powerpoint dan pembuatan PPT : 19.59 Menit

Bab 9 Sebelum Membuat PPT : 07:04 Menit

Bab 10 Layout : 09:51 Menit

Bab 11 Warna dan Font : 14:42 Menit

Bab 12 Gambar, VIdeo, Grafik, dan Tabel : 20:56 Menit

Bab 13 Animasi & Transisi : 09:28 Menit

Bab 14 Pengenalan Dasar Microsoft Excel : 36:45 Menit

Bab 15  Bekerja dalam Worksheet : 34:02 Menit

Bab 16 Bekerja dalam Beberapa Worksheet & File : 25:40 Menit

Bab 17 Pengenalan Korespondensi Bisnis : 06:27 Menit

Bab 18 Menulis Email : 20:39 Menit

Bab 19 Menulis Surat Bisnis : 36:03 Menit

Bab 20 Menulis Laporan : 13:52 Menit

Bab 21 Menulis Proposal Usaha : 06:08 Menit

Rangkuman : 10:00 Menit


Total Durasi

413 Menit


Kapasitas Peserta

Unlimited


Level Pelatihan

Basic / Tingkat Dasar


Profil Pengajar

Annisa Ainina Novara

Annisa merupakan seorang Content Management yang sudah berkecimpung dalam dunia pendidikan selama 3 tahun. Dalam kesehariannya, Annisa terbiasa menggunakan software seperti Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk melakukan presentasi di depan berbagai orang sebagai caranya menyampaikan ide-ide kreatif.

Adilla Inda

Adilla Inda merupakan Senior VP Sales & Marketing di salah satu perusahaan teknologi di Indonesia. Sebelumnya, Adilla pernah menjadi VP Marketing di Sales Stock. Adilla telah berkecimpung di dunia marketing di berbagai negara seperti Singapura, Jerman, dan Indonesia selama lebih dari 9 tahun.

Riskawati Rauf

Riskawati Rauf merupakan seorang Account Manager dalam sebuah perusahaan teknologi di Indonesia. Dalam kesehariannya, Riska banyak bertemu dengan tim, klien, serta guru dan murid di berbagai sekolah.Pertemuannya dengan orang baru, menuntutnya untuk dapat menyampaikan materi secara menarik dan membuatnya terbiasa menggunakan Microsoft PowerPoint dalam presentasi-presentasi yang Ia lakukan.

Melania Niken Larasati

Melania Niken Larasati merupakan lulusan dari King’s College London dengan gelar Master of International Child Studies. Dalam pengalaman kerjanya, ia pernah bekerja sebagai salah satu staf perlindungan anak di bawah naungan UNICEF. Selain itu, ia juga pernah menjadi bagian dari organisasi non-profit yang bergerak di bidang perlindungan para penyintas. Saat ini, Niken menjadi manager di Yayasan Ruangguru.

Regina Rima Rianti

Regina Rima Rianti adalah seorang sekretaris eksekutif di sebuah perusahaan swasta, dengan jabatan resmi sebagai CPO Analyst. Ia telah berkecimpung di dunia kesekretarisan selama 3 tahun lamanya dan bekerja secara langsung di bawah C-Level perusahaan. Sebelumnya, Rima juga sempat menjadi Business Analyst di perusahaan yang sama, sebelum diangkat menjadi sekretaris eksekutif dan membantu langsung pekerjaan pimpinan C-Level.

Jadwal Konsultasi Mingguan dengan Pelatih
Setiap hari Jumat, Pukul16.00-17.00 WIB, Mulai dari 30 Juli 2021


Kontak Lembaga Pelatihan

Tel: 021-4000-8000
Email: info@skillacademy.com


Panduan Redeem Voucher

1. Kunjungi website www.skillacademy.com atau download Aplikasi Skill Academy di Play Store

2. Pilih “Masuk” apabila sebelumnya sudah mendaftar akun Skill Academy atau pilih “Daftar” jika sebelumnya Anda belum pernah mendaftar akun Skill Academy

3. Klik "Tukarkan" pada bagian penukaran voucher di homepage atau halaman prakerja

4. Masukkan kode voucher yang sudah Anda dapatkan dari  Pijar Mahir lalu klik "Gunakan Voucher"

5. Setelah penukaran berhasil silakan klik ''Lihat Kelas'' atau cek pada bagian “Kelas Saya” untuk mengikuti kelasnya

6. Selamat Anda dapat langsung mulai belajar dan mengikuti pelatihan di Skill Academy

Terms and Conditions

1.            Harap perhatikan masa berlaku voucher.

2.            Voucher yang tidak digunakan dalam periode penukaran akan dianggap hangus.

3.            Voucher berlaku untuk pemesanan melalui aplikasi atau website Skill Academy

4.            Voucher dapat digunakan untuk pengguna baru maupun pengguna lama.

5.            Voucher dapat digunakan 1 kali tanpa minimum pembelanjaan

6.            Kode voucher tidak dapat digabung dengan promosi lainnya

7.            Voucher hanya berlaku sesuai dengan paket/kelas yang dibeli

8.            Pembelian menggunakan kode voucher bersifat non-refundable, tidak dapat dibatalkan ataupun diubah.

9.            Pengguna bertanggung jawab atas perlindungan dan kerahasiaan link dan kode Voucher.

10.          Dengan membeli Voucher ini, pembeli dianggap sudah menyetujui seluruh poin syarat dan ketentuan diatas.

11.          Jika mengalami kesulitan dalam penukaran voucher, silakan hubungi Customer Service di nomor 021-28543000 atau via Whatsapp chat 0815-7890-0000 email: info@skillacademy.com

KODE VOUCHER BERLAKU HINGGA 31 DESEMBER 2021


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.9

/5

(24 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp700.000