Webinar
Desain Grafis Untuk Konten Kreator Digital
Oleh: Global Lentera Kasih
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini merupakan pelatihan daring menggunakan mode webinar dengan dasar SKKNI Nomor 126 tahun 2023 Bidang Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual dan Okupasi(IndoTaSK) 2020 sebagai dasar pembuatan materi. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai konsep, prinsip, dan aplikasi praktis dalam industri desain grafis sesuai dengan standar yang ditetapkan. Peserta pelatihan akan dibimbing untuk mengembangkan keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat lunak, termasuk software yang terkait dengan desain grafis seperti Corel Draw.
Peserta akan diajarkan keterampilan desain:
Memahami prinsip dasar visual storytelling dalam konteks digital.
Menghasilkan ide kreatif yang persuasif secara visual dan kritis, serta solusi kreatif untuk tantangan dalam konten digital.
Menerapkan prinsip-prinsip desain yang menarik dan informatif.
Merancang konten digital dengan strategi desain dan pemikiran kreatif.
Membuat karya desain sesuai dengan kebutuhan konten digital dari desain brief.
Peserta mampu membuat desain konten media yang efektif sebagai sarana komunikasi visual yang strategis dengan menunjukkan keberhasilan minimal 80% pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu membuat desain konten media yang efektif sebagai sarana komunikasi visual yang strategis dengan menunjukkan keberhasilan minimal 80% pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta memahami tahapan, fungsi, prinsip dasar, dan aplikasi visual storytelling berbagai macam terapannya di era digital
Peserta mampu mengubah permasalahan menjadi ide kreatif dan bagaimana komunikasinya persuasif secara visual dan kritis sehingga tepat pada sasaran yang ingin dituju. Diajarkan solusi-solusi kreatif dalam dunia konten digital
Peserta diajak mengaplikasikan prinsip-prinsip desain yang menarik dan informatif
Peserta diajak untuk merancang konten digital dengan strategi desain dan kreatif thinking
Peserta mempraktekkan karya desain sesuai kebutuhan konten digital dari desain brief
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Pengetahuan dasar tentang elemen seni rupa dan desain, terutama komposisi titik, garis, bidang, warna, dan bentuk.
Prinsip-prinsip desain, komposisi visual, tipografi, fotografi, warna dan ilustrasi.
Pengetahuan tentang Hak Cipta Kekayaan Intelektual.
Prinsip Desain Komunikasi Visual
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Memahami Design Brief yang diberikan, sebagai landasan dalam mengarahkan konsep desain.
Memahami jenis dan penggunaan tipografi, teknik fotografi, ilustrasi, untuk menguatkan tema desain agar efektif, tepat sasaran, dan kuat secara visual.
Menerjemahkan ide, konsep, dan gagasan utama menjadi karya desain.
Mendesain dengan studi kasus dari masalah-masalah yang ingin diselesaikan/dikomunikasikan secara visual dan wujud konten digital.
Mengaplikasikan prinsip desain melalui simbol-simbol visual.
Membuat komposisi visual kasar (rough) layout dan komposisi visual komprehensif dalam layout secara digital.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Tekun dalam mencoba dan mengeksplorasi komposisi visual secara digital.
Konsisten dalam menerapkan prinsip komposisi visual ke dalam pembuatan karya konten digital.
Peka terhadap ruang lingkup dan nilai-nilai sosial dan masyarakat yang menjadi target pasarnya.
Komunikatif dengan tim maupun kliennya.
Syarat dan pendidikan lainnya
Memiliki alat sendiri (Laptop Standar Multimedia/GameMenginstal Aplikasi Vektor ‘Lunacy’ (https://icons8.com/lunacy)
Menyiapkan Pencil 2B dan kertas HVS minimal 10 lembar
Memiliki koneksi internet (Kabel/Wi Fi)
Durasi Per Sesi
Aplikasi Visual Storytelling di era digital 180 menit
Ide, Observasi & Visual Creative Design Thinking 180 menit
Prinsip Desain & Komposisi Visual 180 menit
Merancang Desain Konten Digital 180 menit
Membuat Karya Desain 180 menit
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta diuji pada penerapan prinsip desain grafis, penggunaan alat desain, dan pemahaman identitas visual. Mereka membuat desain menarik, cocok untuk media sosial, dan konten kreatif yang relevan. Evaluasi juga mencakup visual storytelling, tren desain, dan presentasi portofolio. Penilaian berfokus pada keterampilan praktis dan kreatif peserta dalam konteks konten kreator digital.Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Hizkia Subiyantoro
Seorang desainer dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, yang telah bekerja di beberapa perusahaan terkemuka, termasuk percetakan PT PURA BARUTAMA dan penerbit ANDI Offset. Tahun 2015 ia mendirikan rumah produksi Hizart Studio, di mana ia terlibat mendesain dalam berbagai proyek bagi instansi seperti Kemenparekraf, LIPI, Greenpeace, dst.
Kontak Lembaga Pelatihan
0851 7344 54678 (WA)
prakerja.glolenka@gmail.com (email)
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000