Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Housekeeping: Teknik Pembersihan dan Perawatan Praktis di Hotel

Webinar

logo-prakerja

Housekeeping: Teknik Pembersihan dan Perawatan Praktis di Hotel

Oleh: Skill Academy

logo-prakerja

Pelatihan di Skill Academy

0

4.8(1K)
1662 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSD

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Housekeeper berperan vital terhadap kebersihan dan kenyamanan fasilitas hotel. Tapi, tak jarang ada yang belum mampu menjalankan perannya karena kurangnya budget dan fokus manajemen terhadap pemeliharaan fasilitasnya, atau kurangnya keahlian dan kepedulian housekeeper terhadap SOP tempat kerja. Maka, kelas ini mengajarkan kamu teknik kebersihan dan aspek tanggung jawab housekeeper sehingga kamu bisa menjadi housekeeper hotel yang andal.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta (A) mampu menunjukkan penguasaan keterampilan melakukan layanan kamar yang tertera pada SKKNI Nomor 145 Tahun 2018 (B) minimal 60% (D) saat melakukan unjuk keterampilan (C).


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta mampu membersihkan tempat dan peralatan kerja.

2. Peserta mampu menerapkan teknik pembersihan dan pemeliharaan kamar.

3. Peserta mampu menerapkan K3L di perhotelan.

4. Peserta mampu mengembangkan hubungan yang baik dengan tamu.

5. Peserta mampu menyatakan pentingnya teknik perawatan dan pembersihan.

6. Peserta mampu menunjukan sikap empati dan komunikatif terhadap tamu dan kolega di tempat kerja.

7. Peserta mampu merespon identifikasi sifat dan sikap seorang housekeeper.

8. Peserta mampu menirukan cara komunikasi yang tepat di tempat kerja.

9. Peserta mampu mensimulasikan komunikasi dengan departemen lain.

10 Peserta mampu mengkonstruksikan dialog dengan tamu dan kolega saat menangani keluhan pelanggan.


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

- Teknik perawatan dan pembersihan kamar

- Penyediaan Layanan Housekeeping

- Alat dan bahan pembersih yang dibutuhkan

- K3L Perhotelan

 

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

- Menuliskan kembali cara menangani keluhan pelanggan terhadap layanan housekeeping.

- Mengikuti tahapan dalam menerapkan kebersihan kamar.

- Mengulangi urutan cara membersihkan kamar mandi.

- Mengulangi kembali cara berkomunikasi dengan departemen lain.

- Menjelaskan kembali secara verbal mengenai cara melakukan aktivitas pembersihan.

- Menirukan ulang cara pertolongan pertama pada kecelakaan.

- Menirukan kembali komunikasi di tempat kerja.

 

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

- Kooperatif dengan kolega dan tamu

- Ramah dalam menjalin hubungan baik dengan tamu.

- Menyatakan pentingnya teknik perawatan dan pembersihan

- Komunikatif dan empati kepada tamu dan kolega

- Aktif dan partisipatif selama sesi interaktif

  

Kelompok Sasaran

1. Minimal lulusan SD sederajat
2. Berusia 18-64 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal
3. Memiliki ketertarikan untuk menjadi tenaga kebersihan di hotel
4. Memiliki ketertarikan di bidang tata graha atau perhotelan
5. Memiliki komputer atau gawai dengan koneksi internet untuk mengakses materi dan sesi pembelajaran


Durasi Per Sesi

Rabu / 19.00 - 19.20 WIB Pembuka 20 menit

Rabu / 19.30 - 22:20 WIB Sesi 1: Persiapan Kerja Layanan Tata Graha 180 menit

Kamis / 19.00 - 22.00 WIB Sesi 2: Aktivitas Kebersihan 180 menit

Jumat / 19.00 - 22:00 WIB Sesi 3: Pembagian Layanan Housekeeping 180 menit

Sabtu / 19.00 - 22:00 WIB Sesi 4: Manajemen K3L di Perhotelan 180 menit

Minggu / 19.00 - 22:00 WIB Sesi 5: Berkomunikasi dalam Karier 180 menit

Minggu / 22.00 - 22.20 WIB Penutup 20 menit


Total Durasi

900 menit


Kapasitas Peserta

100


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test

Unjuk Keterampilan

Peserta diminta untuk mendemonstrasikan dua kegiatan room service berdasarkan studi kasus yang diberikan, dalam bentuk video. Kegiatan room service yang perlu didemonstrasikan meliputi:

1. Cara menangani keluhan tamu;

2. Cara membersihkan dan merapikan kamar tidur maupun kamar mandi.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan

1. 15-02-2023 -- 19-02-2022 

2. 22-02-2023 -- 26-02-2023 

3. 01-03-2023 -- 05-03-2023 

4. 08-03-2023 -- 12-03-2023 

5. 15-03-2023 -- 19-03-2023 

6. 22-03-2023 -- 26-03-2023 

7. 29-03-2023 -- 02-04-2023 

8. 05-04-2023 -- 09-04-2023 

9. 12-04-2023 -- 19-04-2023 

10. 19-04-2023 -- 26-04-2023


Profil Pengajar

Alan Lutfi 

Instruktur - Ruangguru (Januari 2023 - sekarang)

Deskripsi

-Melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online dengan metode Live

-Webinar/tatap muka

-Mampu menciptakan kondisi belajar yang kondusif, aktif dan interaktif

-Merencanakan, melaksanakan, mengawas, dan mengevaluasi keseluruhan program pelatihan

-Menelaah dan menelusuri sumber-sumber informasi yang diperlukan sebagai pendukung proses pembelajaran


Panduan Redeem Voucher

1. Peserta masuk ke homepage Skill Academy dan temukan laman "Tukarkan voucher"
2. Pilih jenis metode pembelian "Prakerja" dan pilih DP asal pembelian voucher tersebut, lalu klik lanjutkan
3. Masukkan voucher pada laman penukaran voucher, klik lanjutkan. Jika voucher dikenali oleh sistem, maka user dapat melanjutkan ke tahap verifikasi kode redeem
4. Masukkan kode redeem Prakerja pada laman verifikasi kode redeem, lalu klik lanjutkan
5. Jika kode redeem dikenali maka kelas dapat diakses melalui laman "Kelas Saya"


Kontak Lembaga Pelatihan

WA: 628156708900 / Email: info@skillacademy.com / Tautan: https://skillacademy.com/info/bantuan/prakerja?section=

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(1149 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved