Webinar
•Housekeeping: Teknik Pembersihan dan Perawatan Praktis di Hotel
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Housekeeper berperan vital terhadap kebersihan dan kenyamanan fasilitas hotel. Tapi, tak jarang ada yang belum mampu menjalankan perannya karena kurangnya budget dan fokus manajemen terhadap pemeliharaan fasilitasnya, atau kurangnya keahlian dan kepedulian housekeeper terhadap SOP tempat kerja. Maka, kelas ini mengajarkan kamu teknik kebersihan dan aspek tanggung jawab housekeeper sehingga kamu bisa menjadi housekeeper hotel yang andal.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta (A) mampu menunjukkan penguasaan keterampilan melakukan layanan kamar yang tertera pada SKKNI Nomor 145 Tahun 2018 (B) minimal 60% (D) saat melakukan unjuk keterampilan (C).Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu membersihkan tempat dan peralatan kerja.
2. Peserta mampu menerapkan teknik pembersihan dan pemeliharaan kamar.
3. Peserta mampu menerapkan K3L di perhotelan.
4. Peserta mampu mengembangkan hubungan yang baik dengan tamu.
5. Peserta mampu menyatakan pentingnya teknik perawatan dan pembersihan.
6. Peserta mampu menunjukan sikap empati dan komunikatif terhadap tamu dan kolega di tempat kerja.
7. Peserta mampu merespon identifikasi sifat dan sikap seorang housekeeper.
8. Peserta mampu menirukan cara komunikasi yang tepat di tempat kerja.
9. Peserta mampu mensimulasikan komunikasi dengan departemen lain.
10 Peserta mampu mengkonstruksikan dialog dengan tamu dan kolega saat menangani keluhan pelanggan.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Teknik perawatan dan pembersihan kamar
- Penyediaan Layanan Housekeeping
- Alat dan bahan pembersih yang dibutuhkan
- K3L Perhotelan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Menuliskan kembali cara menangani keluhan pelanggan terhadap layanan housekeeping.
- Mengikuti tahapan dalam menerapkan kebersihan kamar.
- Mengulangi urutan cara membersihkan kamar mandi.
- Mengulangi kembali cara berkomunikasi dengan departemen lain.
- Menjelaskan kembali secara verbal mengenai cara melakukan aktivitas pembersihan.
- Menirukan ulang cara pertolongan pertama pada kecelakaan.
- Menirukan kembali komunikasi di tempat kerja.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Kooperatif dengan kolega dan tamu
- Ramah dalam menjalin hubungan baik dengan tamu.
- Menyatakan pentingnya teknik perawatan dan pembersihan
- Komunikatif dan empati kepada tamu dan kolega
- Aktif dan partisipatif selama sesi interaktif
Kelompok Sasaran
1. Minimal lulusan SD sederajat2. Berusia 18-64 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal
3. Memiliki ketertarikan untuk menjadi tenaga kebersihan di hotel
4. Memiliki ketertarikan di bidang tata graha atau perhotelan
5. Memiliki komputer atau gawai dengan koneksi internet untuk mengakses materi dan sesi pembelajaran
Durasi Per Sesi
Rabu / 19.00 - 19.20 WIB Pembuka 20 menit
Rabu / 19.30 - 22:20 WIB Sesi 1: Persiapan Kerja Layanan Tata Graha 180 menit
Kamis / 19.00 - 22.00 WIB Sesi 2: Aktivitas Kebersihan 180 menit
Jumat / 19.00 - 22:00 WIB Sesi 3: Pembagian Layanan Housekeeping 180 menit
Sabtu / 19.00 - 22:00 WIB Sesi 4: Manajemen K3L di Perhotelan 180 menit
Minggu / 19.00 - 22:00 WIB Sesi 5: Berkomunikasi dalam Karier 180 menit
Minggu / 22.00 - 22.20 WIB Penutup 20 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
100
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk mendemonstrasikan dua kegiatan room service berdasarkan studi kasus yang diberikan, dalam bentuk video. Kegiatan room service yang perlu didemonstrasikan meliputi:
1. Cara menangani keluhan tamu;
2. Cara membersihkan dan merapikan kamar tidur maupun kamar mandi.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
1. 15-02-2023 -- 19-02-2022
2. 22-02-2023 -- 26-02-2023
3. 01-03-2023 -- 05-03-2023
4. 08-03-2023 -- 12-03-2023
5. 15-03-2023 -- 19-03-2023
6. 22-03-2023 -- 26-03-2023
7. 29-03-2023 -- 02-04-2023
8. 05-04-2023 -- 09-04-2023
9. 12-04-2023 -- 19-04-2023
10. 19-04-2023 -- 26-04-2023
Profil Pengajar
Alan Lutfi
Instruktur - Ruangguru (Januari 2023 - sekarang)
Deskripsi
-Melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online dengan metode Live
-Webinar/tatap muka
-Mampu menciptakan kondisi belajar yang kondusif, aktif dan interaktif
-Merencanakan, melaksanakan, mengawas, dan mengevaluasi keseluruhan program pelatihan
-Menelaah dan menelusuri sumber-sumber informasi yang diperlukan sebagai pendukung proses pembelajaran
Panduan Redeem Voucher
1. Peserta masuk ke homepage Skill Academy dan temukan laman "Tukarkan voucher"
2. Pilih jenis metode pembelian "Prakerja" dan pilih DP asal pembelian voucher tersebut, lalu klik lanjutkan
3. Masukkan voucher pada laman penukaran voucher, klik lanjutkan. Jika voucher dikenali oleh sistem, maka user dapat melanjutkan ke tahap verifikasi kode redeem
4. Masukkan kode redeem Prakerja pada laman verifikasi kode redeem, lalu klik lanjutkan
5. Jika kode redeem dikenali maka kelas dapat diakses melalui laman "Kelas Saya"
Kontak Lembaga Pelatihan
WA: 628156708900 / Email: info@skillacademy.com / Tautan: https://skillacademy.com/info/bantuan/prakerja?section=
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.8
/5
(1149 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000